Blade Runner adalah waralaba sci-fi yang dipopulerkan oleh sutradara Ridley Scott melalui film Blade Runner pertama yang dirilis pada tahun 1982. Dibintangi oleh aktor veteran Harrison Ford, pada saat itu film Blade Runner mendapatkan respons yang beragam dari para penggemar sci-fi dan kritikus film. Namun, pada masa sekarang, justru film tersebut dianggap sebagai salah satu film fiksi ilmiah terbaik sepanjang masa. Sejauh ini, waralaba telah memiliki satu sekuel berjudul Blade Runner 2049 (2017), satu serial animasi berjudul Black Lotus (2021), dan banyak adaptasi lain dalam bentuk komik serta novel.

Walaupun film sekuelnya disutradarai oleh Denis Villeneuve, tetapi Ridley Scott tetap dikenal sebagai orang pertama yang menggambarkan semesta Blade Runner di layar lebar. Pada saat itu, Scott sendiri mengerjakan Blade Runner bersamaan dengan film sci-fi thriller berjudul Alien yang dirilis pada tahun 1979. Film Alien sendiri mempunyai prestasi yang lebih baik dibandingkan Blade Runner, sejauh ini waralabanya tercatat telah mempunyai tiga sekuel, dua prekuel, dan dua crossover dengan Predator. Pada tahun 2021 ini, Ridley Scott juga merilis dua karya menarik yang berjudul The Last Duel dan House of Gucci.

Baru-baru ini, sebuah kabar baik datang langsung dari Ridley Scott sendiri yang mengatakan pada program radio BBC Today bahwa dia sedang menggarap serial Blade Runner dan Alien. “Kami telah menulis [episode] pilot untuk [serial] Blade Runner dan bible-nya [naskah],” kata Scott. “Kami sudah mengajukan Blade Runner sebagai tayangan serial, mungkin untuk 10 jam pertama. Sedangkan untuk [serial] Alien, saat ini sedang ditulis untuk pilotnya.”

Dengan Scott yang mengatakan bahwa dia telah mengajukan 10 jam pertama serial Blade Runner, kemungkinan serial tersebut akan mempunyai total 10 episode. Sejauh ini masih belum ada informasi resmi lainnya yang menjelaskan apakah serial Blade Runner ini akan berlatar film Scott sendiri atau justru film Blade Runner 2049. Sedangkan untuk Alien sudah sempat dijelaskan pada tahun 2020 lalu bahwa serialnya akan menceritakan kisah Alien di Bumi dan digadang-gadang akan berisi adegan horor seperti film Alien lainnya.

Dengan berita baik ini, tentunya penggemar akan menyambut serial Blade Runner dan Alien dengan senang hati, apalagi serialnya ditulis langsung oleh Ridley Scott sendiri. Sepertinya akan menarik melihat waralaba tahun 80-an kembali dihidupkan oleh Scott dengan teknologi dan proses produksi yang lebih modern. Untuk saat ini serial Blade Runner masih belum mempunyai tanggal rilis resmi, Geeks, jadi kita nantikan saja kabar selanjutnya ya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.