Seperti halnya di dunia nyata dalam cerita One Piece pun kita diperkenalkan dengan berbagai kelompok yang menjadi bagian dari Pemerintah Dunia. Kelompok ini biasanya bekerja atas arahan langsung dari pihak atas, dan juga memiliki tugas dan peran masing-masing. Kelompok rahasia ini juga terbagi menjadi beberapa bagian atau divisi.

Mereka adalah Cipher Pol Aegis Zero atau yang biasa disingkat sebagai CP-0. Seperti yang pernah disampaikan oleh Oda Sensei, kelompok Cipher Pol merupakan kelompok rahasia yang bekerja di bawah pengawasan kaum naga langit. Mereka terbagi menjadi 9 bagian, mulai dari CP-1 sampai CP-9 dengan tugas dan wewenang masing-masing.

Khusus untuk CP-0, kelompok ini bersifat rahasia karena mereka adalah yang paling elit. CP-0 juga merupakan unit yang paling kuat diantara semuanya, bahkan unit ini memiliki kemampuan yang melebihi dari unit yang biasanya bertugas untuk melaksanakan misi pembunuhan yaitu CP-9. Organisasi Cipher Pol sendiri sempat muncul dalam arc Enies Lobby.

Dalam arc tersebut diperlihatkan bagaimana CP-9 berusaha untuk menculik Nico Robin, meskipun kemudian kru Topi Jerami berhasil menggagalkan upaya tersebut. Sebagai agen elit Pemerintah Dunia, Nico Robin sendiri mengatakan bahwa tidak ada yang bisa lolos dari kejaran CP-0. Dan kita masih belum tahu seberapa besar kekuatan mereka khususnya dalam bertarung.

Selain Cipher Pol, kita juga mengenal SWORD, organisasi rahasia yang dibentuk oleh markas pusat angkatan laut dan dipimpin oleh seorang mantan angkatan laut, yang sekarang menjadi salah satu dari Worst Generation, yaitu X Drake. Kelompok SWORD bergerak secara diam-diam, bahkan pihak angkatan laut sendiri sepertinya tidak tahu tentang keberadaan kelompok ini.

SWORD sendiri memiliki tugas utama untuk mengawasi aktivitas dan pergerakan para Yonko. Dalam chapter sebelumnya di arc Wano, diperlihatkan bahwa bukan hanya X Drake yang menjadi bagian dari kelompok ini. Koby juga ternyata adalah anggota dari SWORD, diperlihatkan bagaimana mereka berdua saling bertukar informasi penting dan berbagai perkembangan yang terjadi Wano.

Bukti dari organisasi SWORD yang tidak diketahui oleh pihak angkatan laut sendiri adalah ketika di Sabaody, Kizaru menganggap X Drake adalah bagian dari Worst Generation. Dia seolah tidak tahu jika Drake adalah sosok penting. Kizaru hanya tahu bahwa Drake adalah pengkhianat dengan beralih menjadi angkatan laut, dan dia pun menyerang Drake tanpa ampun.

Berbicara tentang Cipher Pol dan SWORD, kedua organisasi ini ada di Onigashima. Ada agen CP-0 yang muncul dalam pesta makan malam Kaido dan Drake pun sempat menjadi bagian dari Flying Six di kelompok bajak laut Beast, sebelum kemudian dia membelot karena ketahuan dia adalah pengkhianat. Pertanyaan besarnya kemudian apakah kedua organisasi ini akan terlibat pertempuran besar di Wano?

Melihat dua organisasi ini memiliki tujuan dan kepentingan yang berbeda dan saling bertentangan satu sama lain, bukan hal mustahil jika keduanya saling bertempur. Di chapter 1032 kemarin kita pun melihat hal tersebut. Anggota CP-0 yang ada di Wano tahu siapa sosok Drake yang sebenarnya, dan sepertinya mereka berusaha untuk menghabisi Drake.

Tetapi, beruntung Apoo berhasil untuk menyerang balik mereka. Dan akhirnya Drake serta Apoo dipaksa untuk bekerja sama menghadapi para agen CP-0. Pihak CP-0 sepertinya tidak ingin ada orang yang mengetahui tentang aktifitas mereka, sehingga mereka pun menghajar Apoo yang memotret keberadaan mereka di ruang bawah tanah. Belum lagi ada Drake yang bisa menjadi “saksi” tentang keterlibatan CP-0 dalam peristiwa di Onigashima.

Dengan Apoo yang berniat menjual foto agen CP-0 kepada surat kabar Morgan dan ada Drake yang menjadi bagian dari SWORD, sepertinya orang-orang di seluruh dunia akan mengetahui siapa sebenarnya pihak Pemerintah Dunia dalam waktu yang tidak lama lagi. Pertarungan “politik” dari dua kubu yang berbeda dalam satu tempat menjadi elemen menarik lainnya dari arc Wano. Apa yang kemudian terjadi? Apakah Drake dan Apoo akan berhasil menghadapi agen CP-0? Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya ya Geeks!