Dalam cerita One Piece, ada banyak sekali benda-benda yang sangat misterius, sangat kuat, dan juga unik yang muncul dalam ceritanya. Biasanya benda-benda tersebut memberikan kekuatan tambahan atau menjadi salah satu sumber kekuatan yang dahsyat kepada para pemiliknya atau orang yang menggunakannya. Salah satu benda yang paling umum atau sering muncul dalam cerita adalah pedang.

Pedang merupakan salah satu senjata yang banyak dipilih oleh sebagian besar karakter, selain senjata lainnya seperti pistol, panah atau senjata lainnya. Meskipun pedang menjadi  alat atau senjata yang banyak digunakan oleh para karakter, tetapi tidak semua pedang memiliki daya tahan atau ketangguhan yang sama.

Seperti yang diperkenalkan dalam ceritanya, setiap pedang memiliki tingkat kekuatan masing-masing. Ada tiga kategori besar yang diperkenalkan dalam ceritanya: Meito (pedang populer), Kokuto (pedang hitam), dan Yoto (pedang kutukan). Seperti halnya buah iblis, pedang juga memiliki banyak sekali cerita dan misteri. Salah satu yang cukup banyak menjadi perbincangan adalah tiga pedang Kitetsu, yang masuk dalam kategori pedang kutukan.

Masih belum diketahui apa yang membuat sebuah pedang dikutuk. Tetapi, menurut informasinya pedang Kitetsu mampu membuat pemiliknya terbunuh. Karena itulah, jarang ada orang yang mau menggunakan pedang Kitetsu. Bahkan, mereka yang memiliki pedang Kitetsu akan memutuskan untuk menjualnya. Tetapi, tidak semua orang percaya akan hal tersebut. Roronoa Zoro adalah salah satunya.

Zoro tidak peduli dengan kutukan atau apa pun itu. Selama menurutnya pedangnya bagus, dia akan berusaha mendapatkannya. Inilah yang terjadi kepada salah satu pedang yang menjadi andalan Zoro sampai sekarang, Sandai Kitetsu. Bahkan, Zoro menggunakannya saat melawan Kaido dan juga King saat ini. Dan pedang Sandai Kitetsu sangat dahsyat.

Sedangkan pemiliki dari Nidau Kitetsu adalah Luffy. Luffy memang bukan sosok yang biasa dan bisa menggunakan pedang. Namun, di arc Wano Country ini Luffy memutuskan untuk menggunakan pedang agar bisa sesuai dengan para samurai lainnya. Pertanyaanya kemudian, lalu siapa pemiliki Shodai Kitetsu? Pedang Shodai Kitetsu dianggap sebagai salah satu pedang legendaris.

Meskipun masih sekedar spekulasi, banyak para fans meyakini bahwa pemiliki dari Shodai Kitetsu adalah salah satu dari Lima Tetua Bintang (Gorosei). Sosok Gorosei tersebut terlihat menggunakan pakaian putih dan dia selalu memegang pedangnya. Ada kesamaan dari pedang yang dimiliki Gorosei tersebut dengan dua pedang lainnya, yang menjadi bukti bahwa pedang Gorosei tersebut adalah Shodai Kitetsu.

Contohnya adalah bagian ujung pegangan atau cross-guard. Pedang yang dimiliki Gorosei tersebut memiliki bagian ujung pegangan yang sama dengan Nidai dan Sandai Kitetsu. Kita memang masih belum tahu apakah para Gorosei adalah karakter yang kuat atau mampu bertarung dan memiliki kekuatan. Tetapi, banyak fans meyakini bahwa mereka adalah karakter yang kuat.

Belum lagi, dia menggunakan pakaian tradisional seperti halnya para samurai, sehingga memunculkan spekulasi lainnya bahwa sosok Gorosei tersebut berasal dari Wano. Dengan asumsi tersebut, ditambah lagi Gorosei adalah “pemimpin dunia”, rasanya wajar jika sosok misterius tersebut memiliki pedang Shodai Kitetsu, salah satu pedang legendaris di seri One Piece.

Shodai Kitetsu juga dikonfirmasi merupakan salah satu dari 12 pedang Saijo o Wazamono atau pedang dengan level kesempurnaan yang tinggi. Sayangnya, sampai saat ini Oda Sensei masih belum mau memberikan informasi apa pun mengenai para Gorosei, termasuk kemampuan mereka. Mudah-mudahan saja kedepannya kita bisa mengetahui siapa sosok tersebut dan sekuat apa kemampuan pedang Shodai Kitetsu.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.