Seri Attack on Titan menjadi salah satu seri yang banyak diperbincangkan dalam beberapa tahun belakangan. Hal ini dikarenakan cerita yang dihadirkan oleh Hajime Isayama sedikit berbeda dari kebanyakan cerita bergenre Shonen pada umumnya. Meskipun cerita yang dihadirkan di serinya penuh dengan kompleksitas dan juga tone yang ‘gelap’ tetapi, hal inilah yang menjadi daya tarik dan keunikan serinya.

Dengan fokus cerita tentang bagaimana manusia berusaha bertahan dari serangan para Titan, wajar jika kemudian ada banyak divisi-divisi militer yang dibentuk. Hal ini khususnya berlaku kepada orang-orang Eldia yang ada di pulau paradis. Mereka mengenal tiga cabang militer: the Garrison, Military Police, dan Survey Corps. Siapa mereka dan apa tugas mereka? Dilansir dari CBR.com, simak sejarah dari masing-masin resimen berikut ini:

The Garrison

The Garrison merupakan salah satu cabang militer yang dipimpin oleh Dot Pixis. Ini adalah cabang militer Eldia terbesar dengan jumlah pasukan yang sangat banyak. Jumlah anggota the Garrison yang banyak ini disebabkan para penduduk Eldia lebih memilih untuk bergabung dengan cabang militer ini dibandingkan dengan dua lainnya. Military Police hanya menerima 10 lulusan terbaik, sedangkan tidak semua orang mau bertarung melawan Titan di kelompok Survey Corps.

The Garrison sendiri bertanggung jawab atas keamanan dan ketertiban para penduduk yang ada di pulau Paradis. Bahkan, bukan hanya orang-orangnya saja yang mereka jaga, melainkan juga tembok-tembok yang melindungi mereka. Ketika salah satu tembok diserang, maka tugas mereka mempertahankan tembok tersebut. Sebagian besar pasukan the Garrison memang jarang meningkatkan kemampuan mereka, karena waktu mereka dihabiskan untuk bermain kartu dan mabuk. Meskipun begitu, mereka adalah garda terdepan dari pulau Paradis dan bahkan the Garrison adalah cabang militer yang paling banyak kehilangan pasukan.

Military Police

Di bawah pengawasan Nile Dawk, Military Police merupakan cabang militer yang terbaik. Hal ini dilihat dari seberapa banyak orang yang berhasil masuk ke cabang militer ini. Meskipun sering kali kita melihat ada anggota dari Military Police melakukan patroli di seluruh tembok, tetapi mereka lebih sering beroperasi di Wall Sina, tembok terdalam dan menjadi wilayah bagi orang-orang tertentu.

Berbeda dengan cabang militer lainnya, meskipun semua anggota militer Eldian dilatih untuk menggunakan 3D Maneuver Gear, serta kedua cabang militer lainnya lebih dominan menggunakan pedang, Military Police justru lebih memilih menggunakan senjata api. Jauh dari ancaman para Titan, Military Police bertujuan untuk menjaga keamanan dan ketertiban di pulau Paradis.

Karena jauh dari ancaman para Titan dan sering berada di balik layar, dalam ceritanya diperlihatkan bahwa mereka adalah cabang militer paling korup diantara kertiganya.  Mereka sering kali menyalahgunakan jabatan dan wewenang yang ada dan sering kali mereka pun menyalahgunakan pajak yang dibayarkan penduduk. Mereka pun tidak ragu untuk menyewa jasa mantan pembunuh berantai untuk menghabisi lawan politiknya.

Survey Corps

Survey Corps adalah cabang militer terakhir di Eldia yang dipimpin oleh Erwin Smith, salah satu karakter populer di serinya. Survey Corps juga adalah cabang militer paling populer di seri Attack on Titan karena banyak karakter utama yang menjadi bagian dari cabang militer ini. Contohnya adalah Eren Yeager, Mikasa dan Levi Ackerman, serta masih banyak lainnya.

Survey Corps memiliki tugas utama yaitu mengalahkan dan menghilangkan ancaman para Titan. Meskipun begitu, Survey Corps juga memiliki tugas lain yang berkaitan dengan berbagai hal di luar pulau Paradis yang menyangkut dengan kemanusiaan. Meskipun para Survey Corps ini bertarung demi penduduk Eldian di pulau Paradis, mereka justru sering kali dibenci oleh para penduduk.

Hal tersebut dikarenakan Survey Corps dianggap banyak menghamburkan uang penduduk dengan berbagai peralatan yang mereka gunakan. Belum lagi kekacauan yang dihasilkan dari pertarungan melawan Titan, dan sangat sedikit sekali anggota dari cabang militer ini. Bisa dibilang, Survey Corps dianggap sebagai tempat bagi mereka yang memang menginginkan kematian. Terlepas dari kekurangannya, Survey Corps memiliki anggota yang paling terlatih. Tanpa kehadiran mereka, penduduk Eldia di pulau Paradis tidak akan selamat dari serangan penduduk Marley.

Dengan kekurangan dan kelebihan dari ketiga cabang militer ini, mereka semua memiliki satu tujuan yang sama yaitu melindungi para pendudul Eldia di pulau Paradis. Tanpa kemunculan mereka, para penduduk Eldia mungkin akan menjadi santapan gratis bagi para Titan serta menjadi sasaran empuk bagi serangan-serangan penduduk Marley.