Pokemon Brilliant Diamond dan Pokemon Shining Pearl adalah game terbaru Pokemon yang baru saja dirilis pada tanggal 19 November kemarin. Kedua game ini merupakan remake dari Pokemon Diamond dan Pokemon Pearl yang pertama kali dirilis pada tahun 2006 untuk konsol game Nintendo DS. Diluar dugaan, ternyata perilisan Pokemon remake ini telah menuai banyak respons positif dari para pemain dan kritikus, terutama karena peningkatan grafik dan gameplay yang tidak memengaruhi “rasa” nostalgia terhadap gamenya.

Game Pokemon Brilliant dan Shining pertama kali diumumkan sebagai bagian dari acara Pokémon 25th Anniversary (2021), bersama game baru Pokémon Legends: Arceus. Sama seperti versi aslinya, di game Pokemon Brilliant dan Shining para pemain akan memainkan seorang Pokemon Trainer di pulau fiktif Sinnoh, yang terinspirasi dari pulau Hokaido di Jepang. Di versi terbaru ini, Pokemon Brilliant dan Shining memperkenalkan cara baru berburu Shiny Pokemon, yang bahkan lebih efektif ketika kita bermain secara online.

Shiny Pokemon sendiri adalah Pokemon super langka yang hanya bisa didapatkan ketika pemain sudah menamatkan game-nya satu kali dan Pokedex-nya sudah lengkap. Cara baru untuk meningkatkan probabiitas Shiny Pokemon adalah dengan mengumpulkan sparky residue atau benda berkilau yang ditinggalkan Diglett dan Dugtrio di Grand Underground. Benda berkilau ini akan lebih cepat terkumpul ketika bermain bersama teman secara online. Setelah 40 benda berkilau terkumpul, akan muncul pesan “Something Good Might Happen,” dan probailitas Shiny Pokemon meningkat dari 1:4096 menjadi 1:2048.

Pada dasarnya Shiny Pokemon adalah Pokemon biasa yang mempunyai bintang-bintang berkerlip di sekitar tubuhnya. Cara normal untuk mendapatkan Shiny Pokemon ini adalah dengan Poke Radar, sebuah aplikasi Poketch pemberian Professor Oak setelah menamatkan gamenya satu kali. Cara mendapatkan Poke Radar sendiri terbilang susah-susah gampang, karena pemain harus bertemu dengan semua pokemon di pulau Sinnoh setidaknya satu kali, sehingga Pokedex akan lengkap. Namun, tanpa benda bonus dari Diglett dan Dugtrio, probabilitas Shiny Pokemon tetap 1:4096.

Selain meningkatkan probabilitas kemunculan Shiny Pokemon, bonus dari Diglett juga memungkinkan pemain untuk lebih mudah menemukan berbagai Gorgeous Statue saat melakukan mini-games penggalian. Patung-patung ini memberikan efek tertentu di mana pemain bisa mengeluarkan jenis Pokemon tertentu di Pokemon Hideaways. Bagaimana, Geeks, setelah mengetahui cara baru untuk mendapatkan Shiny Pokemon ini pasti kalian ingin langsung mencobanya bukan? Semoga beruntung ya.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.