Fakta bahwa salah satu Yonko di cerita One Piece, Kaido, ternyata memiliki seorang anak menjadi salah satu kejutan terbesar di arc Wano sejauh ini. Para fans One Piece sendiri dibuat terkesima dengan sosok Yamato, tetapi serinya sendiri perlu untuk mengeksplor lebih lanjut mengenai karakternya. Pasalnya, masih belum banyak informasi yang bisa diketahui dari sosok Yamato ini.

Pada chapter 1020 kemarin diketahui bahwa Yamato memakan buah iblis Inu Inu no Mi, Model: Oguchi no Makami. Hal ini diungkapkan langsung oleh Kaido. Dan seperti yang Geeks ketahui, bahwa Oda Sensei memang senang untuk memasukan berbagai referensi menarik di dunia nyata untuk kemudian diaplikasikan dalam cerita One Piece, termasuk karakter Yamato.

Serigala Putih dan Dewa Gunung

Momonosuke pada awalnya adalah sosok anak kecil yang ketakutan untuk menghadapi apa yang terjadi saat ini di Onigashima. Wajar memang, karena sebenarnya usianya masih delapan tahun. Tetapi, Yamato sendiri pada akhirnya berhasil menghadirkan kepercayaan baru di dalam diri Momo. Apa yang terjadi antara Momo dan Yamato ini mungkin ada kaitannya dengan cerita atau kisah tentang asal-usul mengapa serigala dipuja oleh penduduk Jepang pada abad kedua.

Dalam ceritanya disebutkan bahwa seekor serigala putih muncul di hadapan Pangeran Yamato Takeru dan kemudian memandunya melewati sebuah hutan yang penuh dengan para monster dan juga makhluk mengerikan. Untuk menghormati jasa sang serigala serta serigala lainnya yang ada di gunung, Pangeran Yamato pun kemudian membuat sebuah kuil di atas gunung Mitsumine.

Para serigala-serigala itu pun diyakini menjadi makhluk yang melindungi rumah-rumah warga dari kebakaran. Hal yang sama juga kemudian diperlihatkan di chapter 1020, di mana Kaido menjelaskan bahwa sosok Makami disebut sebagai “guardian deity of Wano” atau makhluk penjaga Wano. Petunjuk yang paling baru adalah bagaimana Yamato bergegas menuju ruang bawah tanah untuk mencegah Kazenbo meledakan Wano, mirip seperti cerita mitologi para serigala.

Sosok Legendaris Yamato Takeru

Cerita lainnya tentang Yamato Takeru lainnya yang mungkin diadaptasi oleh Oda Sensei dalam seri One Piece berfokus pada sebuah ekspedisi berbahaya yang dilakukan oleh sang pangeran. Yamato memiliki misi untuk menghabisi pemimpin terakhir dari kelompok the Kumaso. Untuk bisa menyelesaikan misi tersebut, Yamato kemudian menyamar menjadi salah satu pembantunya untuk bisa menyusup ke acara jamuan makan malam pemimpin tersebut dan kemudian menghabisi nyawanya.

Hal inilah yang kemungkinan menjadi inspirasi Oda untuk kemudian menghadirkan cerita di mana Yamato berdandan seperti Kozuki Oden, karena kekagumannya terhadap sosok Oden. Semua hal detail tentang Oden dia kenakan. Meskipun dalam cerita One Piece sosok Yamato tidak sedang menyamar, tetapi bagaimana dia seolah-olah “berubah” menjadi Oden menjadi petunjuk besarnya.

Petunjuk Tentang Karakter Yamato Pada Masa yang Akan Datang

Meskipun ada banyak para fans yang memprediksi bahwa Yamato akan bergabung dengan kelompok Topi Jerami di akhir arc Wano nanti, hal berbeda mungkin akan terjadi jika kita berpacu pada legenda Yamato Takeru. Dalam ceritanya, sosok Yamato mendapatkan kutukan dari seorang dewa bernama “Ibuki Daimyoujin” setelah dia membuat marah dewa tersebut.

Yamato kemudian harus sakit keras dan kemudian tewas. Sosok “Ibuki Daimyojin” sendiri digambarkan sebagai seekor babi hutan putih yang ukurannya sama seperti seekor banteng/kerbau. Dan berbicara tentang babi hutan, Oda sendiri sudah menghadirkan sosok Dewa Gunung yang merupakan babi hutan raksasa yang muncul untuk mengacak-acak wilayah ibu kota bunga dalam kilas balik Kozuki Oden.

Tetapi, dalam konteks di cerita One Piece saat ini, Kaido adalah perwujudan dari kekuatan yang sangat besar di Wano. Artinya, sosok Yamato kemungkinan bukan akan tewas atau kalah oleh Dewa Gunung, melainkan oleh salah satu dari Yonko yang ada – antara Kaido atau Big Mom. Jika Oda kemudian memang mengadaptasi seluruh ceritanya, bukan tidak mungkin dia akan menghadirkan “kutukan” terhadap Yamato.

Kaido bisa meminta bantuan Big Mom untuk menggunakan teknik ‘Soul Pocus’ miliknya untuk mencuri jatah hidup dari Yamato. Tetapi, selain itu, mungkin Oda juga sudah mempersiapkan cerita alternatif lainnya untuk karakter Yamato. Contohnya mungkin dia akan hidup dan menjadi pendamping dari Momonosuke untuk menjaga Wano.

Dengan cerita di arc Wano yang terus berlanjut dan akan mendekati akhirnya, kita mungkin akan mengetahui sampai sejauh mana Oda Sensei mengadaptasi cerita mitologi sosok Yamato Takeru di seri One Piece. Namun, dengan berbagai petunjuk yang sudah dihadirkan di atas, mungkin Oda benar-benar akan mengadaptasi penuh ceritanya dengan beberapa perubahan – misalnya kematian Yamato dialihkan kepada orang lain. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter berikutnya ya Geeks!