Dalam franchise Dragon Ball ada banyak sekali petarung-pertarung hebat yang muncul di ceritanya. Goku dan Vegeta adalah beberapa diantaranya, belum lagi para Z-Fighters yang juga tidak kalah kuat dengan kedua Saiyan tersebut. Akira Toriyama selalu berhasil menghadirkan tantangan baru bagi Goku dan juga karakter lainnya, yang membuat keseruan di franchise ini tidak pernah berhenti.

Seperti yang Geeks ketahui, dengan munculnya tantangan atau musuh yang baru artinya perlu ada kekuatan yang lebih kuat juga untuk bisa mengimbangi atau mengalahkan musuh tersebut. Selain kamehameha dan transformasi Super Saiyan, ada juga teknik menarik yang diperkenalkan dalam ceritanya yaitu teknik Fusion.

Diperkenalkan di arc Majin Buu, Fusion adalah sebuah teknik yang menggabungkan atau mengkombinasikan dua orang petarung untuk menjadi sebuah karakter. Dan biasanya Fusion dianggap sebagai teknik yang luar biasa, karena transformasi ini hampir mirip dengan Super Saiyan di mana karakter hasil Fusion tersebut akan sangat kuat. Bahkan, beberapa karakter Fusion dianggap sebagai yang terkuat.

Salah satu contohnya adalah kombinasi atau Fusion antara Vegeta dan Trunks, yang kemudian disebut atau dikenal sebagai Vegeks. Sebenarnya ada dua versi Fusion dari Vegeta dan Trunks ini. Versi pertama adalah versi EX-Fusions yang merupakan bagian dari permainan Dragon Ball Fusions. Kemudian yang kedua adalah Xeno Vegeks, yang menjadi bagian dari seri Dragon Ball Heroes.

Vegeks Versi EX-Fusions

Vegeks versi EX-Fusions merupakan gabungan antara Vegeta dan Future Trunks. Berbeda dengan cara Fusion yang diperkenalkan di franchisenya, dalam permainan video ini Vegeks muncul berkat teknologi yang diciptakan oleh Capsule Corps milik Bulma, bernama Metamo-Ring. Setelah mereka memiliki Metamo-Rings, barulah keduanya bisa melakukan Fusion Dance.

Dalam permainan Dragon Ball Fusions, karakter Vegeks benar-benar sangat kuat mengingat Vegeks merupakan gabungan dari Vegeta dan juga Future Trunks. Dalam gamenya, karakter Vegeks diklasifikasikan sebagai Fusion dengan ranking G (G-Rank) yang membuta sosok Vegeks setara dengan karakter dengan G-Rank lainnya seperti Coohan, Gomas, dan Karoly Black.

Meskipun Vegeks versi ini lebih lemah dibandingkan dengan versi Xeno Vegeks, Vegeks versi Dragon Ball Fusions ini memiliki keuntungan di mana mereka bisa lebih lama bertransformasi dalam pertarungan karena teknologi EX-Fusion milik Capsule Corps diketahui tidak memiliki batas waktu. Diketahui, Vegeks versi EX-Fusion memiliki kemampuan untuk terbang, menembakan Ki, menggunakan berbagai variasi dari Galick Gun, dan sebagainya.

Yang menarik juga adalah dalam permainan versi Jepangnya yang non-sensor, Vegeks diperlihatkan menggunakan pedang milik Future Trunks dalam berbagai teknik yang menggunakan pedang seperti Sword Attack atau Shining Sword Attack. Tetapi, dalam versi yang dijual secara internasional, semua serangan tersebut diganti dengan pedang kayu biasa.

Xeno Vegeks

Xeno Vegeks merupakan kombinasi antara Xeno Vegeta dan Xeno Trunks yang diperkenalkan dalam seri Dragon Ball Heroes. Vegeta dan Future Trunks melakukan Fusion dengan cara menggunakan Pottara Earrings. Dalam cerita di serinya, Xeno Vegeks dimunculkan sebagai upaya terakhir untuk mengalahkan Dmeon God Towa.

Dari segi kekuatan, Xeno Vegeks memang jauh lebih kuat dan mengerikan. Meskipun Xeno Vegeks diketahui hanya memiliki sedikit teknik, seperti kemampuan terbang, Ki Blast, Burning Impact, dan berbagai variasi dari Galick Gun, tetapi Xeno Vegeks pernah mengalahkan Demon God Gravy dengan sangat mudah dalam pertarungan pertamanya.

Dalam permainan Dragon Ball Heroes World Mission, Super Saiyan Xeno Vegeks diperlihatkan jauh lebih kuat dibandingkan Xeno Super Janemba, di mana Super Saiyan Xeno Vegeks mampu mengalahkan Xeno Super Janemba dalam waktu singkat. Seperti yang disebutkan di atas, yang menjadi kelemahan dari Xeno Vegeks adalah batas waktu yang singkat.

Xeno Vegeks tidak bisa bertransformasi dalam waktu yang lama, karena membutuhkan Ki yang besar dan juga energi yang banyak. Terlepas dari semua kelemahan yang ada pada Xeno Vegeks, Fusion ini memiliki kekuatan yang jauh lebih dahsyat dibandingkan versi EX-Fusion.

Vegeta dan Trunks adalah dua karakter yang kuat dalam franchise Dragon Ball. Ketika kemudian keduanya bersatu, tidak heran jika kemudian karakter yang muncul memiliki kekuatan yang sangat dahsyat. Memang ada kontroversi dari hal ini, di mana sebagian fans merasa Fusion yang dilakukan oleh ayah dan anak tersebut merupakan sesuatu yang kurang pantas. Namun, terlepas hal tersebut, Fusion Vegeks adalah salah satu Fusion dan karakter paling epik di franchise Dragon Ball.