Terdapat sebuah momen menarik di chapter 1031 seri manga One Piece kemarin. Dalam pertarungan antara Big Mom melawan Trafalgar Law dan Eustass Kid, kita melihat bagaimana Big Mom kembali bangkit dari serangan awakening Law dan Kid. Big Mom bahkan berubah menjadi lebih besar lagi setelah dia mengonsumsi jiwanya sendiri. Apakah hal tersebut merupakan bagian dari awakening Big Mom?

Oda Sensei sepertinya sedang memperlihatkan peningkatan kemampuan dari beberapa karakter dalam pertempuran di Onigashima. Hal ini bisa dilihat dalam beberapa chapter terakhir, Oda Sensei selalu menghadirkan karakter yang menggunakan teknik terbaru dan dahsyat milik mereka. Selain Luffy, beberapa karakter lainnya yang diperlihatkan mendapatkan kekuatan tambahan adalah Law, Sanji, dan Kid.

Berbeda dengan Sanji, Kid dan Law mendapatkan peningkatan kekuatan dari awakening buah iblis mereka. Dalam chapter 1030 Law dan Kid mengatakan bahwa keduanya sudah berhasil membangkitkan kekuatan buah iblis mereka. Tetapi, mereka baru akan menggunakannya jika keadaan sudah terdesak seperti saat Kid hampir tewas oleh serangan Big Mom.

Namun, hal menarik kemudian muncul di mana ketika Big Mom kembali bangkit setelah mendapatkan serangan dari Law dan Kid. Big Mom mengatakan bahwa sudah lama dia tidak merasakan sakit yang luar biasa. Dia pun kemudian menggunakan teknik Soul Pocus, di mana Big Mom mengambil jiwa-jiwa orang di sekitarnya dan kemudian memasukannya ke benda-benda mati untuk menjadi Homies.

Big Mom juga kemudian memakan jiwanya sendiri, di mana menurutnya jiwa tersebut bernilai satu tahun jatah hidupnya. Setelah memakan jiwanya sendiri, Big Mom pun berubah menjadi sosok yang mengerikan dengan mata menyala dan ukuran tubuhnya yang jauh lebih besar. Hal ini kemudian memunculkan pertanyaan, apakah hal tersebut merupakan awakening dari buah iblis Big Mom?

Seperti yang diketahui bahwa Big Mom memiliki kemampuan buah iblis Soru Soru no Mi di mana dia mampu mengendalikan jiwa atau memanipulasi jiwa. Big Mom mendapatkannya setelah dia memakan Mother Caramel, pemilik awal buah iblis tersebut. Namun, masih belum diketahui apakah ketika buah iblis ini masih di tangan Mother Caramel dia sudah berhasil membangkitkan buah iblisnya.

Ada dua alasan apa yang dilakukan oleh Big Mom di chapter 1031 kemarin kemungkinan besar adalah awakening dari Soru Soru no Mi. Alasan pertama adalah “tema” yang dihadirkan oleh Oda Sensei. Seperti disebutkan di atas, dalam beberapa chapter belakangan Oda Sensei sedang rajin menghadirkan peningkatan kekuatan terhadap beberapa karakter.

Meskipun kemungkinan itu bukan pertama kalinya Big Mom menggunakan teknik tersebut, tetapi itu merupakan pertama kalinya kita melihat tekniknya. Dengan Oda Sensei memperlihatkan awakening dari Jiki Jiki no Mi milik Kid dan Ope Ope no Mi milik Law, Oda Sensei juga sekaligus memperlihatkan awakening yang dimiliki oleh Soru Soru no Mi mengingat Big Mom adalah lawan mereka berdua.

Alasan kedua adalah Big Mom sudah lama menguasai buah iblis Soru Soru no Mi. Membangkitkan potensi terbesar dari buah iblis bukanlah perkara yang mudah, karena tidak semuanya pengguna buah iblis mampu melakukan hal tersebut. Dibutuhkan latihan dan pengalaman bertarung yang mumpuni untuk sekedar bisa menguasai buah iblisnya.

Setelah mampu menguasai buah iblisnya, barulah penggunanya bisa membangkitkan potensi terbesar dari buah iblis tersebut. Hal inilah yang terjadi kepada Katakuri, Doflamingo, dan bahkan Kaido serta Big Mom yang sudah puluhan tahun memiliki kemampuan buah iblis mereka masing-masing. Mereka juga tentunya sudah memiliki pengalaman bertarung yang sangat banyak yang membuat mereka sudah menguasai buah iblisnya.

Kita sudah melihat bagaimana Kaido, yang notabene memiliki buah iblis berjenis air yaitu Uo Uo no Mi, Model: Seiryuu, mampu berubah menjadi seekor naga besar. Hal tersebut bisa jadi juga adalah awakening dari buah iblisnya. Menarik untuk melihat apa lagi kemampuan yang bisa dilakukan oleh Big Mom dengan awakening Soru Soru no Mi. Kita nantikan saja kelanjutan ceritanya pada chapter selanjutnya ya Geeks!

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.