Apa yang pertama kali kalian bayangkan ketika mendengar nama Galactus, Geeks? Semua penggemar Marvel pasti langsung membayangkan entitas kosmik raksasa berwarna ungu yang mempunyai hobi aneh, yaitu melahap planet.Devourer of Worlds adalah julukan yang sangat layak untuk disematkan pada Galactus. Karena sejak melakukan debutnya di Marvel Comics pada tahun 1965, sudah tidak terhitung lagi jumlah planet yang sudah dia cerna. Namun, ternyata di balik kekuatannya yang dahsyat, Galactus juga pernah berhasil digulingkan oleh beberapa superhero ini. Berikut 5 Superhero yang pernah kalahkan Galactus!

Fantastic Four

Fantastic Four adalah tim keluarga super pertama Marvel yang terdiri dari Mister Fantastic, Invisible Woman, Human Torch, dan The Thing. Meskipun tim super ini terdiri dari empat superhero berkekuatan super, tetapi pada dasarnya mereka adalah satu kesatuan. Dengan kerja sama yang mereka miliki, bahkan Galactus pernah berhasil mereka kalahkan. Dalam salah satu kisah Marvel Comics tahun 60-an, Fantastic Four pernah berhadapan langsung dengan Galactus saat dia hampir melahap Bumi.

Dengan bantuan Uatu the Watcher, Fantastic Four berhasil mendapatkan senjata Ultimate Nullifier yang konon bisa menghancurkan apapun termasuk galaksi. Fantastic Four kemudian menodongkan senjata tersebut dan meyakinkan Galactus untuk pergi dari Bumi, di mana hal tersebut disetujui oleh Galactus sendiri karena dia sangat takut pada Ultimate Nullifier.

Franklin Richards

Sebagai anak dari Reed Richards (Mister Fantastic) dan Sue Storm (Invisible Woman), Franklin Richards dianugerahi kekuatan dahyat yang memungkinkan dia untuk memanipulasi realitas sesuka hati. Berbeda dengan ayahnya yang harus mengalahkan Galactus bersama tim Fantastic Four, Franklin Richards justru mengalahkannya dengan kekuatannya sendiri. Bahkan ketika dia menghadapi entitas kosmik lain bernama Abraxas, terungkap bahwa selama ini Franklin menjadikan Galactus sebagai pelayannya, seperti Galactus yang menjadikan Silver Surfer sebagai pelayannya.

Quasar

Mempunyai nama aslin Wendell Vaughn, Quasar adalah superhero lain yang berhasil mengalahkan Galactus. Dengan kekuatan yang dia dapat dari Quantum Bands, Quasar menjadi superhero solo yang terkenal sebagai penjaga alam semesta. Dalam beberapa titik di Marvel Comics, bahkan Quasar pernah menjadi bagian dari Avengers, tim super untuk para superhero populer.

Dalam salah satu kisah Marvel Comics, diceritakan bahwa Galactus menculik Johnny Storm alias Human Torch dari Fantastic Four. Merasa membutuhkan bantuan superhero kuat, Fantastic Four kemudian mengajak Quasar untuk menyelamatkan Johnny. Sementara anggota Fantastic Four lebih fokus pada penyelamatan keluarganya, Quasar menghadapi Galactus sendirian dan berhasil memberi pelajaran pada Galactus adagar tidak mengganggu Fantastic Four lagi.

Squirrel Girl

Sepertinya ada yang aneh dengan superheroin Squirrel Girl. Dalam sejarahnya di Marvel Comics, Squirrel Girl pernah diceritakan mengalahkan sang Mad Titan, Thanos, seorang diri. Seakan masih belum puas, di komik Unbeatable Squirrel Girl, dia diceritakan berhasil mengalahkan Galactus dengan caranya sendiri.

Sementara kebanyakan superhero akan menggunakan semua kekuatannya untuk melawan Galactus, Squirrel Girl justru hanya melakukan percakapan ringan dengan Galactus ketika sang Devourer of Worlds akan memakan Bumi. Squirrel Girl meyakinkan Galactus di bulan bahwa dia bisa menuntunnya ke sebuah planet yang dipenuhi dengan kacang. Galactus pun setuju untuk melepaskan Bumi, dan bahkan memberikan kartu namanya pada Squirrel Girl, jaga-jaga dia mempunyai informasi tentang planet “enak” lainnya.

Thor

Siapa yang tidak mengenal Thor, superhero yang satu ini mempunyai gelar yang cukup banyak, dari mulai Dewa Petir sampai pendiri Avengers. Dari segi kekuatan, bisa dibilang Thor adalah salah satu superhero terkuat di Avengers. Dalam salah satu kisah Marvel Comics, Thor pernah menghadapi Galactus saat sang pemakan planet sedang mendekati Bumi. Thor yang pernah melihat Galactus bertarung melawan Ego the Living Planet, kemudian mengetahui sedikit kelemahan Galactus. Setelah berhasil menumbangkannya, Thor pun menyuruh Galactus untuk meninggalkan Bumi.

Itulah lima superhero (delapan jika Fantastic Four dihitung empat) yang berhasil mengalahkan Galactus. Dengan pengalaman lima superhero ini dalam mengalahkan Galactus, cukup jelas bahwa pada dasarnya Galactus juga bisa dikalahkan, meskipun dia adalah entitas kosmik. Sementara para superhero lain masih mencari cara untuk mengalahkan Galactus di Marvel Universe, kita beri acungan jempol pada lima superhero ini ya, Geeks, karena mereka telah berhasil kalahkan sang Devourer of Worlds Galactus.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.