Pemerintah Dunia saat ini sudah mulai bergerak setelah sebelumnya mereka lebih banyak diam dan mengawasi situasi. Dimulai dengan adanya dugaan keterlibatan mereka dalam insiden di Alabasta pasca Reverie, sampai pertempuran besar di Onigashima. Para fans dari One Piece banyak yang berspekulasi bahwa Pemerintah Dunia akan menjadi musuh terakhir Luffy dan kelompok Topi Jerami.

Tetapi, dengan kekuatan mereka yang sangat besar Pemerintah Dunia tentunya tidak mudah untuk dikalahkan. Meskipun Luffy sudah berkembang jauh lebih hebat – begitu juga dengan para kru Topi Jerami lainnya – tetapi lawan terakhir mereka akan berbeda. Mereka tentunya memerlukan lebih banyak lagi tenaga dan pasukan serta kekuatan untuk bisa menghadapi Pemerintah Dunia.

Keseimbangan Dunia

Sering kali disebutkan bahwa tujuan dari dibentuknya Pemerintah Dunia adalah untuk menjaga keseimbangan dunia, dan menjaga perdamaian. Tetapi, ironisnya, mereka tidak benar-benar menghadirkan keseimbangan dunia demi perdamaian. Pemerintah Dunia selalu berusaha untuk tetap menjaga apa yang sudah ada saat ini, contohnya adalah sistem Yonko. Pemerintah Dunia diyakini rela melakukan apa pun untuk mempertahankan kekuasaan.

Karena hal itulah Luffy dianggap sebagai ancama besar bagi Pemerintah Dunia dan juga angkatan laut yang memiliki pemahaman serupa dengan PD. Seperti yang diperlihatkan dalam ceritanya, Luffy sangat tidak senang bagaimana sistem yang dibuat oleh PD justru membuat banyak orang menderita. Inilah yang kemudian membuat para fans pun meyakini Luffy akan menghancurkan sistem tersebut.

Sebenarnya, Luffy sendiri sudah memulai hal tersebut dengan berbagai hal yang “mengguncang dunia” yang dia lakukan. Contohnya adalah mengalahkan Shichibukai, menerobos dan kabur dari penjara milik Pemerintah Dunia dan fasilitas mereka, bahkan Luffy juga ikut bertarung dalam pertempuran skala penuh di markas angkatan laut.

Bagaimana Luffy Mengumpulkan Kekuatan?

Dracule Mihawk pernah mengatakan bahwa kekuatan terbesar dari Luffy bukanlah kemampuan fisiknya, melainkan bagaimana dia mampu memengaruhi orang-orang di sekitarnya agar mau ikut bertarung dan berjuang bersama – meskipun sebelumnya mereka belum pernah bertemu. Dalam cerita One Piece sendiri terdapat lima kelompok yang memberikan pengaruh besar terhadap ceritanya.

Mereka adalah kaum naga langit, angkatan laut, Shichibukai, Yonko, dan bajak laut. Masing-masing memiliki “peran” dalam cerita. Misalnya kaum naga langit adalah mereka yang berkuasa. Kemudian para bajak laut adalah orang mengincar kebebasan, dan angkatan laut adalah kelompok yang berusaha menjaga perdamaian dengan menangkap para bajak laut. Selain kelompok di atas, ada juga ras yang diperkenalkan dalam ceritanya.

Ada sekitar delapan ras yang ada dalam cerita; manusia, duyung, raksasa, kurcaci, manusia ikan, Minks, dan sebagainya. Kita juga diperkenalkan dengan berbagai kerajaan atau wilayah seperti Wano atau Alabasta. Dengan mengumpulkan semua ras yang, bajak laut, organisasi, negara/wilayah yang menolak atau menentang keberadaan Pemerintah Dunia, mereka semua akan bisa menjadi tambahan kekuatan bagi Luffy.

Bisa dibilang para kelompok-kelompok tersebut “hutang budi” terhadap Luffy, yang mana sebagian dari mereka ada yang dibantu oleh Luffy. Contohnya di arc Wano Country saat ini di mana Luffy berusaha membebaskan Wano dari Kaido. Tetapi, Luffy juga memiliki satu tambahan kekuatan lainnya yaitu klan D.

Klan D vs Pemerintah Dunia dan Im Sama

Seperti yang kita ketahui, Pemerintah Dunia adalah gabungan dari 20 kerajaan yang ada yang kemudian menjadi satu untuk menyerang Kerajaan Kuno. Meskipun belum ada konfirmasi apa pun, kemungkinan Kerajaan Kuno adalah rumah bagi klan D. dan seperti yang sudah dihadirkan dalam ceritanya, Klan D merupakan¬† musuh bagi para “dewa” yang dalam hal ini adalah kaum naga langit.

Kemungkinan saat pertempuran melawan Pemerintah Dunia terjadi, kita akan melihat bagaimana seluruh “keturunan” dari klan D akan bergabung bersama Luffy. Sejauh ini memang belum banyak karakter yang diketahui menjadi bagian dari klan D. Baru sekitar 10 orang yang sudah muncul dalam ceritanya. Tetapi, Doflamingo sendiri pernah berkata bahwa klan D saat ini sedang bersembunyi di berbagai wilayah.

Mereka semua menunggu waktu yang tepat untuk kembali bangkit. Bukan tidak mungkin ketika waktunya tiba, mereka akan kembali muncul dan bangkit serta mengembalikan Tekad D yang selama ini padam.

Angkatan Laut vs Pemerintah Dunia

Angkatan laut memang merupakan bagian dari sistem yang dibangun Pemerintah Dunia dan juga instrumen yang dibuat untuk kepentingan mereka. Tetapi, tidak semua orang di angkatan laut setuju dengan semua yang dilakukan atau keputusan yang dikeluarkan oleh Pemerintah Dunia. Sosok seperti Garp, Smoker, bahkan Fujitora adalah sosok yang justru membenci Pemerintah Dunua.

Mereka sadar bahwa sistem di dalamnya sudah sangat rusak. Mereka masih memiliki hati dan masih memiliki kompas moral yang kuat, dibandingkan Sakazuki yang sangat ketat untuk memegang prinsip keadilan absolut. Momen ketika Luffy menemukan One Piece dan berhasil mengungkapkan rahasia dunia, akan menjadi titik balik bagi para angkatan laut tersebut.

Pemerintah Dunia akan menjadi tembok akhir dalam petualangan Luffy menjadi bajak laut. Dia akan menjadi orang yang mewujudkan impian dari Joy Boy serta Roger, yang sebelumnya tidak mampu untuk menghadapi Pemerintah Dunia. Luffy akan menjadi sosok yang dinantikan oleh banyak orang. Dan Luffy yang akan membawa era baru bagi dunia.