Iron Man adalah superhero genius yang sering memanfaatkan kemampuannya dan kekayaannya untuk menjaga keamanan Bumi, dari ancaman internal sampai eksternal. Sejak debutnya di Marvel Comics sejak tahun 1963, Tony Stark alias Iron Man sudah memiliki puluhan armor yang dia ciptakan sendiri. Masing-masing armor yang dia ciptakan mempunyai fungsi dan kekuatan khusus, baik untuk menutupi kelemahannya sendiri maupun untuk mengeksploitasi kelemahan musuh-musuhnya.

Menariknya, Iron Man seakan tidak pernah mempunyai batasan ide dan desain untuk armornya, bahkan bisa menyesuaikan dengan musuh-musuh sekelas entitas kosmik. Berbicara tentang entitas kosmik, salah satu yang terkenal karena kemampuannya yang maha dahsyat adalah Celestial. Mereka dianggap sebagai Dewa Ruang Angkasa misterius yang konon tidak mempunyai batasan kekuatan. Namun, hal tersebut justru dianggap tantangan oleh Iron Man, di mana dia membuat armor Godkiller MK II, yang terinspirasi dari armor Godkiller asli, untuk mengalahkan Celestial!

Godkiller Asli

Armor Godkiller yang asli pertama kali diceritakan pada tahun 2013 di komik Iron Man Vol. 5 #12. Armor sakti ini diciptakan oleh entitas kosmik agung yang menciptakan Celestial, yaitu Aspirant. Dia menggunakan armor setingga 8.000 meter ini untuk mengalahkan Celestial pada saat Perang Celestial berlangsung miliaran tahun yang lalu. Meskipun Aspirant sempat berhasil memakainya untuk membunuh beberapa Celestial, tetapi pada akhirnya armor ini dihancurkan juga oleh para Celestial yang tersisa.

Sisa-sisa armor ini kemudian menghilang selama miliran tahun, sampai akhirnya seseorang berkode 451 dari ras robot Rigellian Recorder menemukannya dan menghabiskan ratusan tahun untuk menelitinya. 451 kemudian merencanakan armor Godkiller untuk menjaga perdamaian alam semesta, di mana dia membuatnya dapat ditenagai oleh energi nuklir Bumi. Untuk pilotnya sendiri, 451 merekayasa genetik manusia dan menanamnya di tubuh ayah Tony Stark, yaitu Howard Stark, dengan harapan suatu saat nanti salah satu anaknya dapat mengendalikan Godkiller.

Setelah Tony Stark lahir dan tumbuh menjadi superhero Iron Man, 451 kemudian memberi tahu Iron Man bahwa dia ditakdirkan untuk menjadi pilot armor Godkiller. Namun, pada akhirnya terungkap bahwa Iron Man bukan sosok yang selama ini direncanakan oleh 451, pilot yang sebenarnya adalah saudara Tony yang telah lama hilang, yaitu Arno Stark. Merasa gagal, kemudian 451 mematikan dirinya sendiri dan mengirim armor Godkiller ke dimensi lain. Sejak saat itu armor Godkiller yang asli menghilang dari Marvel Universe.

Godkiller MK II

Beberapa tahun kemudian di komik Avengers Vol. 8 #5 (2018), setelah armor Godkiller yang asli menghilang, Tony kemudian menciptakan armor Godkiller versinya sendiri yang dia beri nama Godkiller MK II. Armor Godkiller MK II adalah armor setinggi 600 meter yang menghabiskan biaya kurang lebih 60 triliun rupiah untuk membuatnya. Walaupun ukurannya lebih kecil dibandingkan Godkiller yang asli, tetapi armor ini masih terbilang raksasa jika dibandingkan armor Iron Man yang lainnya. Sebagai perbandingan, mungkin Hulkbuster hanya seukuran matanya.

Armor ini sengaja Tony biarkan mengorbit di Planet Mars untuk memantau Bumi dari kejauhan, sebelum akhirnya para zombie Celestial yang disebut Dark Celestial menginvasi Bumi. Tony kemudian memanggil Godkiller MK II ke Bumi dan melawan para Dark Celestial yang dipimpin Callus the Void. Mengetahui bahwa jumlah Dark Celestial tidak sebanding dengan kemampuan Godkiller MK II, Tony kemudian membawa Callus ke ruang angkasa dan membiarkan Godkiller MK II meledakan diri, membuat Dark Celestial lainnya mundur.

Kekuatan Godkiller MK II 

Sementara mungkin ledakan Godkiller MK II mampu membuat bulan terbelah, kekuatan normalnya juga tidak kalah hebat. Ditenagai dengan delapan reaktor nuklir, Godkiller MK II dikendalikan menggunakan armor Extremis Iron Man yang terhubung dengan Motherboard di tubuhnya. Sama seperti armor Iron Man yang lain, Godkiller MK II juga dilengkapi dengan tembakan repulsor yang mampu menghancurkan gunung.

Dari segi kekuatan, Godkiller MK II mampu mengangkat Callus the Void yang beratnya kurang lebih 260 ton dengan mudah. Kemampuan terbangnya juga sangat luar biasa, hal tersebut terbukti saat armor raksasa ini terbang dari Mars ke Bumi hanya dalam waktu beberapa menit, di mana Elon Musk saja hanya mampu menjanjikan 40 sampai dengan 80 hari perjalanan dari Bumi ke Mars.

Dengan semua yang dimilikinya, bisa dibilang armor Godkiller MK II adalah ciptaan terbesar, terbaik, dan terkuat dari Tony Stark. Walaupun umurnya cukup singkat, tetapi setidaknya ciptaan Tony ini telah berhasil memperingatkan Celestial untuk tidak macam-macam dengan Bumi. Kedepannya Celestial mungkin akan menjadi ancaman juga di Marvel Cinematic Universe, setelah baru-baru ini Arishem the Judge muncul di film Eternals. Apakah akan ada penerus Iron Man yang bisa menciptakan armor raksasa ini tanpa Tony? Kita nantikan saja kejadian luar biasa itu ya, Geeks!

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.