Nova

Di Marvel Comics, identitas Nova dipegang oleh dua karakter Marvel, yaitu Samuel Alexander dan Richard Rider. Menariknya, keduanya sudah pernah bergabung dengan tim super terhebat Bumi. Walapun mereka berdua berasal dari Bumi, tetapi kekuatan yang mereka miliki dari Planet Xandar.

Dengan helm Nova yang mereka pakai, secara tidak langsung mereka terdaftar sebagai bagian dari Xandar. Berkah dari Planet Xandar sendiri memungkinkan Richard dan Samuel untuk terbang, memiliki kekuatan super, dan bisa mengakses Xandarian Worldmind, sebuah database pemerintahan Xandar untuk menjaga budaya asli Planet Xandar.

Silver Surfer

Silver Surfer adalah karakter Marvel yang terkenal sebagai pembawa pesan dari sang pemakan planet Galactus. Dia akan mendatangi planet-panet yang akan dimakan oleh Galactus, sebelum Galactus sendiri datang dan melahap semua kehidupan di dalamnya. Sementara di Marvel Comics dia tidak pernah secara langsung bergabung dengan Avengers, di Marvel Animated Universe Silver Surfer pernah bergabung dengan Avengers saat dirinya berbalik melawan Galactus dan berusaha untuk menjauhkannya dari Bumi bersama Avengers.

Starfox

Siapa yang menyangka saudara dari sang Mad Titan Thanos bergabung dengan Avengers. Namun, pada kenyataannya Starfox pernah bertarung bersama dengan Avengers melawan villain-villain kelas berat seperti Morgan Le Fay, Terminus, dan kakaknya sendiri yaitu Thanos. Selain terdaftar sebagai Avengers, Eros alias Starfox sendiri adalah seorang Eternal dari Planet Titan.

Pertama kali diceritakan di komik Iron Man #55 (1972), Eros mempunyai kemampuan kosmik untuk terbang dan membuat pikiran orang lain untuk nyaman berada di dekatnya, di mana kemampuan tersebut dia gunakan untuk menggoda para wanita di alam semesta, termasuk She-Hulk, sebelum She-Hulk menendangnya.

Thor

Dari semua karakter di sini, mungkin Thor adalah yang paling familier sebagai anggota Avengers. Sejak Avengers pertama kali didirikan, baik di Marvel Universe maupun di Marvel Cinematic Universe, Thor adalah anggota pertamanya. Dia menjadi salah satu “otot” Avengers bersama Hulk. Kemampuannya untuk terbang dan mengendalikan petir sangat berguna bagi tim Avengers saat melindungi Bumi. Belum lagi dia mempunya palu terkuat di alam semesta, yaitu Mjolnir. Sebagai seorang Asgardian, Thor adalah anggota pertama Avengers yang tidak berasal dari Bumi.

Valkyrie

Sama seperti Thor, Valkyrie pertama yang mempunyai nama asli Brunnhilde berasal dari Planet Asgard. Pertama kali diceritakan di komik Defenders #4 (1973), kekuatan Valkyrie meliputi kekuatan super Asgardian, bisa merasakan kematian, dan teleportasi. Setelah tewas dalam kejadian Ragnarok, Valkyrie kemudian dihidupkan kembali dengan para Asgardian yang lainnya. Sejak saat itu, Valkyrie menggunakan kesempatan keduanya untuk bergabung dengan Secret Avengers.

Dengan kesepuluh superhero non-Bumi ini, cukup jelas bahwa tim super pelindung Bumi terbaik tidak hanya diiisi oleh para supehero Bumi, melainkan oleh para superhero yang juga tersebar di alam semesta. Itulah mengapa Avengers selalu menjadi tim yang tidak terkalahkan, karena timnya diberkahi juga dengan kekuatan alam semesta yang dibawa oleh kesepuluh karakter ini.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.