Bumi adalah hal yang pertama kali terbayangkan ketika mendengar kata Avengers. Karena pada dasarnya Avengers adalah super-tim Bumi yang terdiri dari berbagai superhero pelindung Bumi. Bahkan Marvel dan penggemar menjuluki tim super ini dengan sebutan “The Earth’s Mightiest Heroes” yang berarti Pahlawan Terkuat di Bumi. Namun, bukan berarti timnya hanya diisi oleh para superhero Bumi, karena pada kenyataannya ada beberapa superhero dari luar Bumi yang menjadi anggota resminya. Siapa saja mereka? Berikut 10 anggota Avengers yang berasal dari planet lain!

Abyss dari Abyss

Abyss adalah karakter wanita yang berasal dari tempat misterius yang disebut Abyss. Muncul pertama kali di komik Avengers¬†vol. 5 #17 (2013), Abyss adaah adik Ex Nihilo yang diceritakan mempunyai misi untuk menghancurkan planet-planet “cacat”, di mana salah satunya adalah Bumi. Tujuan tersebut pada akhirnya mempertemukan Abyss dan Ex Nihilo dengan Avengers di Planet Mars.

Namun, tidak lama setelah mereka bertemu, Captain Universe datang dan merasakan bahwa kekuatan pengendalian pikiran milik Abyss dapat bermanfaat untuk alam semesta. Kemudian dengan kemampuan saktinya, Captain Universe menyuruh Abyss dan Ex Nihilo untuk mengubah tujuannya dan menyarankan pada Avengers untuk merekrut Abyss dan Ex Nihillo. Sejak saat itu Abyss terdaftar sebagai anggota tim super terbaik “Bumi”.

Ex-Nihillo

Sama seperti Abyss, Ex Nihilo adalah kakak Abyss yang awalnya mempunyai tujuan untuk menghancurkan planet Bumi. Namun, setelah Captain Universe menyuruh mereka berdua mengubah tujuannya, mereka pun akhirnya bergabung dengan Avengers. Sementara Abyss ikut ke Bumi bersama anggota Avengers lainnya, Ex Nihillo memilih untuk menetap di Mars dan mengembangkan planet tersebut untuk bisa ditinggali.

Kekuatan utama Ex Nihillo adalah mengendalikan tumbuhan, mengendalikan api, dan mengubah genetik mahkluk dengan benda yang disebut Origin Bomb. Meskipun Ex Nihillo adalah kakak dari Abyss, tetapi dia berasal dari planet yang berbeda, yaitu Ex Nihilii. Hal tersebut membuatnya menjadi salah satu anggota Avengers yang berasal dari luar Bumi.

Mantis

Sebagian penggemar Marvel Cinematic Universe mungkin mengenal Mantis sebagai salah satu anggota Guardians of the Galaxy sebelum bergabung dengan Avengers. Namun, di Marvel Comics justru sebaliknya, Mantis lebih dahulu bergabung dengan Avengers setelah melakukan debutnya di komik Avengers #112 (1973).

Sementara Mantis lahir di Vietnam dan bekerja dalam bisnis prostitusi di salah satu bar Vietnam, sebenarnya dia adalah hasil mutasi Kree yang secara tidak langsung membuatnya menjadi salah satu Kree yang berasal dari Planet Hala. Mantis diajak bergabung dengan Avengers, setelah superhero Swordman menyadarkannya dan membawa Mantis keluar dari dunia prostitusi. Sejak saat itu, dengan kemampuan telepatinya, Mantis menjadi anggota yang berguna bagi Avengers.

Mar-Vell

Berbeda dengan Mantis, Mar-Vell adalah seorang Kree tulen yang berasal dari Planet Hala. Dia adalah Captain Marvel yang asli sebelum Carol Denvers. Pertama kali diceritakan pada tahun 1967 di komik Marvel Super-Heroes #12, awalnya Mar-Vell adalah panglima perang Kree yang sangat kuat, tetapi pada akhirnya dia berbalik melawan Kree untuk melindungi Bumi bersama Avengers. Dengan kekuatan kosmik yang dimilikinya, Mar-Vell menjadi salah satu pilar kekuatan di Avengers.

Noh-Varr

Noh-Varr adalah karakter Marvel yang diceritakan berasal dari Planet Kree. Noh-Varr melakukan debutnya di komik Marvel Boy Vol. 2 #1 (2000), diceritakan bahwa Noh-Varr adalah tentara super Kree yang berbalik melawan Kree dan melindungi Bumi, sama seperti Mar-Vell. Dengan kekuatan fisik super dan kemampuan terbangnya, Noh-Varr menjalani karier superheronya dengan cukup cemerlang. Dia sudah pernah bergabung dengan Dark Avengers, Young Avengers, West Coast Avengers, dan Avengers utama saat kejadian Avengers Vs. X-Men.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.