Buah iblis adalah buah misterius yang bisa ditemukan di dunia One Piece. Ketika seseorang memakan atau mengonsumsi buah iblis tersebut, maka mereka akan memiliki kekuatan yang spesial, tergantung dari jenis dan varian buah iblis tersebut. Buah iblis juga merupakan sumber kekuatan dari banyak nama-nama kuat dalam cerita One Piece saat ini.

Meskipun masing-masing buah iblis memiliki kelebihan dan keunikannya sendiri, ada beberapa buah iblis yang dianggap spesial dari buah iblis lainnya. Ini dikarenakan kemampuan yang dimiliki, efek yang ditimbulkan, dan juga berbagai hal lainnya yang berbeda dengan buah iblis pada umumnya. Contohnya adalah buah iblis Mochi Mochi milik Charlotte Katakuri, di mana dia bisa berubah wujud menjadi mochi.

Pada dasarnya, buah iblis milik Katakuri tersebut adalah berjenis Paramecia. Namun, Katakuri sendiri mampu berubah wujud menjadi mochi yang mana kemampuan itu hanya bisa dimiliki oleh pengguna buah iblis berjenis Logia. Kemudian kita melihat buah iblis milik Karasu, di mana tubuhnya mampu berubah wujud menjadi sekelompok burung gagak.

Meskipun jenisnya masih belum diketahui, tetapi dia memiliki kemampuan seperti halnya Ace, yang merupakan pengguna buah iblis Logia. Pada intinya, terlepas dari tiga jenis utama buah iblis yang ada di ceritanya – yaitu Paramecia, Logia, dan Zoan – juga berbagai sub kelas dari ketiga jenis tersebut, ada kemungkinan bahwa seri One Piece sudah mulai memperkenalkan buah iblis jenis keempat.

Teori mengenai kemunculan buah iblis jenis keempat ini dikarenakan adanya beberapa buah iblis yang berada “di luar” spesifikasi ketiga jenis buah iblis yang ada. Entah mereka adalah gabungan antara Paramecia dan Logia atau Logia dan Zoan. Hal ini menarik karena Oda Sensei sendiri pun sepertinya masih belum mau mengungkapkan tentang adanya kemungkinan buah iblis jenis keempat.

Atau mungkin Oda pun masih bingung apakah memang buah iblis yang merupakan gabungan dari dua atau lebih buah iblis, masuk dalam jenis buah iblis keempat. Seperti yang kita ketahui, bahwa buah iblis sedari awal merupakan ide dari Eiichiro Oda selaku kreator dari seri manga One Piece. Semua orang, termasuk para editornya, harus berkonsultasi dengan Oda Sensei terkait buah iblis.

Hal ini dikarenakan buah iblis tersebut mungkin akan memiliki peran penting dalam cerita kedepannya. Selama lebih dari 20 tahun seri One Piece berjalan, Oda Sensei sudah memperkenalkan 3 jenis utama buah iblis dan 4 jenis sub kelas buah iblis. Tetapi, dengan adanya beberapa buah iblis yang dianggap spesial membuat para fans sendiri berasumsi bahwa bisa jadi sebenarnya Oda mulai memperkenalkan jenis keempat dari buah iblis.

Bahkan, bisa jadi bukan hanya jenis keempat, melainkan akan muncul juga jenis kelima atau keenam. Dengan munculnya jenis buah iblis baru ini, sebagian fans lainnya beranggapan bahwa Oda Sensei mungkin perlu “merevisi” jenis-jenis buah iblis yang ada di cerita One Piece. Tujuannya adalah agar semuanya jelas. Selain munculnya buah iblis yang merupakan gabungan dari beberapa jenis lainnya, kita juga diperkenalkan dengan buah iblis buatan.

Contohnya adalah buah iblis SMILEs dan juga buah iblis buatan Vegapunk yang dimakan oleh Momonosuke. Apakah buah iblis buatan tersebut masuk dalam sub kelas buah iblis? Atau justru masuk dalam kategori baru? Sampai saat ini, memang masih banyak misteri yang menyelimuti tentang buah iblis. Mudah-mudahan saja Oda Sensei bisa memberikan penjelasan lebih mengenai buah iblis ini.