Tony Stark alias Iron Man adalah superhero Marvel yang terkenal karena kegeniusannya. Dengan kemampuan tersebut, Tony Stark selalu menciptakan armor untuk menutupi semua kelemahannya, sehingga dia selalu berhasil mengalahkan para musuh-musuhnya. Bahkan dengan otaknya yang genius, dia juga selalu dimintai tolong oleh rekan sesama Avengers untuk membuat setiap misi penyelamatan Bumi lebih mudah. Namun, ternyata ada banyak superhero muda yang sepertinya mengancam posisi Tony Stark sebagai orang paling genius di Bumi. Siapa saja mereka? Simak 5 superhero genius di bawah ini.

Brainstorm

Brainstorm adalah superheroin yang mengklaim bahwa dirinya lebih genius dari ayahnya, Reed Richards alias Mister Fantastic. Pada saat lahir, akibat radiasi kosmik yang diterima oleh kedua orang tuanya, kelahiran Valeria Richards alias Brainstorm menyebabkan ibunya, Susan Storm, mengalami semacam “baby blues”, trauma mendalam pada ibu yang dapat berbahaya bagi bayi. Syukurnya Doctor Doom datang untuk menyelamatkannya menggunakan kemampuan sains dan sihir yang dimilikinya.

Setelah berhasil selamat, Valeria kemudian tumbuh sebagai manusia normal, tetapi dia diberkahi kecerdasan yang luar biasa seperti ayahnya. Saat masih bayi, Valeria berhasil menyelesaikan sebuah rubik rumit, dan kemudian setelah umurnya menginjak 2 tahun dia bisa memenangkan pertandingan catur melawan orang dewasa. Karena dia mengaku lebih genius dari ayahnya, yang kecerdasannya setara dengan Tony Stark, secara tidak langsung Brainstorm juga bisa dikatakan lebih genius dari Tony.

Brawn

Mempunyai nama asli Amadeus Cho, Brawn adalah salah satu penerus Bruce Banner alias Hulk. Brawn sendiri mengaku bahwa dia mampu menghitung lebih cepat dari kalkulator. Dari segi kecerdasan, Bruce dan Eternal Ajak sangat mengakui kemampuan Amadeus. Pengakuan tersebut terjadi setelah Amadeus mampu membuat sebuah alat untuk memindahkan Hulk dari tubuh Bruce Banner ke tubuhnya sendiri. Dia bahkan menciptakan gelang canggih, yang memungkinkannya berubah menjadi seperti Hulk sesuka hati.

Moon Girl

Berbeda dengan Brainstorm yang mengklaim kegeniusannya sendiri, Lunella Lafeyette  alias Moon Girl justru diakui langsung oleh Reed Richards sebagai manusia paling genius di Bumi. Kecerdasannya terbukti ketika Moon Girl memecahkan teka-teki buatan Bruce Banner yang didesain mustahil untuk dipecahkan, bahkan oleh orang dewasa. Selain itu, sebagai anak kecil berusia 9 tahun, dia menemukan jalannya sendiri sebagai superheroin. Moon Girl menciptakan baju perangnya sendiri untuk berpetualang bersama t-rex merah kesayangannya, yaitu Devil Dinosaurus.

Prodigy

Prodigy adalah salah satu anggota X-Men yang mempunyai nama asli David Alleyne. Prodigy adalah mutan muda yang mempunyai kemampuan unik untuk menyerap pengetahuan orang lain, termasuk kepala sekolah dan gurunya, yaitu Professor X dan Beast. Dan dengan kemampuannya ini, Prodigy digadang-gadang mempunyai seluruh pengetahuan yang ada di muka Bumi.

Hal tersebut kemungkinan membuat Prodigy mengetahui lebih banyak hal dari Tony Stark yang fokus di bidang engineer. Sayangnya, nasib Prodigy tidak terlalu beruntung, karena dia hanya muncul singkat, sebelum akhirnya diceritakan mati saat kejadian M-Day yang membunuh banyak sekali mutan.

Ironheart

Sama seperti Moon Girl dan Brainstorm, Riri Williams alias Ironheart sudah terlihat memiliki kecerdasan super sejak masih kecil. Hal tersebut terungkap pertama kali ketika orang tuanya membawa Riri pada seorang psikolog, di mana psikolog tersebut langsung mencap Riri sebagai anak dengan kemampuan super-genius. Kecerdasan Riri membuat dirinya menjadi seorang introvert yang selalu penasaran dengan banyak hal, termasuk penasaran dengan armor Tony Stark.

Saat umurnya menginjak 15 tahun, Riri yang mendapatkan beasiswa untuk kuliah di Massachusetts Institute of Technology (MIT), mencoba membalik penciptaan armor Iron Man dan menemukan cara untuk menciptakan armornya sendiri. Sejak saat itu Tony Stark yang mengakui kegeniusannya langsung bersedia mendukung penuh semua penelitiannya. Dan hal tersebut akhirnya membawa Riri menjadi Ironheart, salah satu penerus Iron Man.

Itulah lima superhero muda yang kegeniusannya mampu mengalahkan Tony Stark atau Iron Man, setidaknya mampu menyamainya saat usia mereka masih muda. Dengan perjalanan mereka yang masih panjang, bukan tidak mungkin suatu saat nanti mereka akan mendapatkan gelar sebagai orang paling genius di alam semesta Marvel. Tentunya dengan kehadiran mereka juga, Bumi tidak akan kekurangan penerus Avengers pada masa depan.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.