The Matrix Resurrections merupakan film keempat waralaba The Matrix yang akan melanjutkan kisah Neo dan Trinity di dunia virtual yang berbahaya. Berbeda dengan tiga film sebelumnya, untuk pertama kalinya film The Matrix hanya akan disutradarai oleh Lana Wachowski, setelah Lilly Wachowski memilih untuk tidak terlibat karena merasa seharusnya The Matrix berakhir dengan trilogi. Untuk naskahnya sendiri ditulis langsung oleh Lana bersama David Mitchell dan Aleksandar Hemon yang sebelumnya menulis film Cloud Atlas (2012) dan serial Sense8 (2017-2018).

Waralaba The Matrix awalnya direncanakan hanya akan hadir dengan tiga film pertamanya saja, yaitu The Matrix (1999), The Matrix Reloaded (2003), dan The Matrix Revolutions (2003). Namun, setelah 22 tahun berlalu sutradara Lana berencana memberi kejutan pada penggemar dengan kisah keempatnya ini. Belum ada informasi resmi yang menjelaskan bagaimana Neo (Keanu Reeves) dan Trinity (Carrie-Anne Moss) bisa kembali hidup setelah sebelumnya mereka berdua diperlihatkan mati di film ketiga. Dan sekarang, menjelang perilisan film The Matrix 4, Warner Bros. baru saja membagikan poster barunya yang epik.

Poster ini baru saja dibagikan oleh Warner Bros. melalui akun Instagram resminya. Di posternya jelas seperti apa penampilan para pemeran utama di filmnya nanti. Neo tampak mengenakan kostum long coat andalannya. Di sebelah kirinya terlihat Trinity dan juga karakter baru bernama Bugs. Sedangkan di kanannya Morpheus muda terlihat mengenakan setelan berwarna ungu toska sambil memegang senjata. Di posternya, tulisan “Return to the Source” mengindikasikan bahwa Neo dan kawan-kawan akan kembali ke dunia Matrix yang didesain oleh Machines.

Selain Reeves dan Moss, filmnya juga akan dibintangi oleh Yahya Abdul-Mateen II sebagai Morpheus (yang sebelumnya diperankan oleh Laurence Fishburne di tiga film sebelumnya), Jessica Henwick sebagai Bugs, Jada Pinkett Smith sebagai Niobe, Lambert Wilson sebagai The Merovingian, dan Daniel Bernhardt sebagai Agent Johnson, Jonathan Groff, Neil Patrick Harris, Priyanka Chopra, Christina Ricci, Telma Hopkins, Eréndira Ibarra, Max Riemelt, Toby Onwumere, Brian J. Smith, Andrew Caldwell, dan Ellen Hollman.

Di film keempat ini, Neo akan memulai kisahnya sebagai seseorang yang mengalami lupa ingatan. Hal tersebut terlihat di trailernya ketika Neo seperti baru melakukan pertemuan pertama dengan Trinity, padahal mereka berdua adalah sepasang kekasih. Sepertinya akan menarik melihat cerita bagaiamana para karakter ini dihidupkan kembali. Dengan poster baru ini, WB juga sepertinya ingin mengingatkan penggemar bahwa filmnya akan tayang sebentar lagi. Film The Matrix Resurrections dijadwalkan rilis pada 22 Desember 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.