Akhir-akhir ini santer terdengar kabar bahwa Tom Holland akan pensiun sebagai Spider-Man. Aktor asal Inggris ini memulai perannya sebagai Spider-Man Marvel Cinematic Universe di film Captain America: Civil War (2016). Sejak saat itu Holland kembali muncul sebagai Spider-Man di Spider-Man: Homecoming (2017), Avengers: Infinity Wars (2018), Avengers: Endgame (2019), dan Spider-Man: Far From Home (2019). Dan berikutnya dia akan tampil di film solo ketiga Spider-Man, yaitu Spider-Man: No Way Home.

Hadir sebagai Spider-Man yang lebih periang dan jenaka, Tom Holland berhasil membawa warna baru pada MCU dengan karakter superhero mudanya. Di film ketiganya nanti Peter Parker akan diceritakan meminta bantuan pada Doctor Strange (Benedict Cumberbatch) untuk membuat semua orang lupa akan identitas rahasianya, mengingat Mysterio telah membocorkannya ke publik. Alih-alih membuat dunia melupakan identitas rahasia Spider-Man, sihir Doctor Strange justru membuat MCU kedatangan “pengunjung” dari trilogi Spider-Man (2002-2007) dan waralaba The Amazing Spider-Man (2012-2014).

Sementara sebelumnya beredar rumor yang mengatakan bahwa Spider-Man: No Way Home adalah film terakhir Spider-Man di MCU, baru-baru ini, Tom Holland seakan mengonfirmasi kebenaran rumor tersebut. Kepada GQ, Holland mengatakan bahwa memperkenalkan Miles Morales adalah yang terbaik untuk semua orang. “Mungkin ini saatnya saya move on. Mungkin yang terbaik untuk Spider-Man adalah mereka membuat film Miles Morales,” kata Holland. “Jika saya bermain sebagai Spider-Man setelah saya berusia 30 tahun, saya merasa telah melakukan suatu kesalahan.”

Miles Morales adalah Spider-Man kulit hitam yang melakukan debutnya di komik Ultimate Fallout #4 (2011). Dia juga hadir sebagai protagonis di film animasi populer Spider-Man: Into the Spider-Verse (2018) dan akan kembali di sekuelnya yang dijadwalkan rilis pada tahun 2022. Sejak debutnya, Miles menjadi salah satu karakter favorit karena kehadirannya telah memberikan sudut pandang baru pada penggemar terkait kisah Spider-Man di Marvel Universe.

Tom Holland sendiri memulai perannya sebagai Spider-Man saat dirinya berumur 19 tahun. Dan sekarang, enam tahun telah berlalu, itu artinya sekarang dia sudah berumur 25 tahun. Jika benar dia akhirnya akan pensiun sebagai Spider-Man, setidaknya penggemar akan mengenalnya sebagai Peter Parker dengan film terbanyak di era modern. Kita saksikan saja nanti penampilan Tom Holland di film Spider-Man: No Way Home, yang digadang-gadang menjadi film MCU terakhirnya, saat dirilis pada tanggal 17 Desember 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.