Dracule Mihawk dikenal sebagai ahli pedang terbaik dalam cerita One Piece. Dalam ceritanya diperlihatkan bagaimana Mihawk memiliki kedahsyatan yang luar biasa, misalnya mengalahkan Zoro dengan hanya menggunakan pedang kecil atau membelah ombak besar seperti yang diperlihatkan dalam pertempuran di Marineford. Mihawk juga diketahui tidak memiliki kekuatan buah iblis, sehingga dia mengandalkan Hakinya.

Mihawk juga diketahui pernah menjadi rival bagi Shanks, sebelum Shanks menjadi salah satu Yonko. Dia pun dianggap memiliki kekuatan yang setara dengan para Yonko tersebut. Namun, benarkah demikian? Apakah Mihawk memang sosok yang kuat? Terdapat sebuah teori menarik yang menyebutkan bahwa mungkin Mihawk tidaklah sekuat yang dikira, terlepas dari semua hal yang sudah dihadirkannya. Ada beberapa poin yang mendukung hal ini.

Kaido Tidak Menganggap Mihawk

Kaido merupakan bajak laut yang bisa dibilang jauh lebih tua dari Mihawk. Artinya pengalamannya di laut dan juga kekuatannya tidak perlu diragukan lagi. Kaido juga diketahui sangat senang untuk bertarung menghadapi musuh-musuh kuat, dan bahkan dia memiliki mimpi untuk bisa tewas secara heroik di tangan seseorang yang memang jauh lebih kuat darinya. Namun, sepertinya Mihawk bukan bagian dari orang-orang tersebut.

Dalam salah satu chapter diperlihatkan bagaimana Kaido mengejek Luffy yang menganggap dirinya hebat dan akan mewujudkan mimpinya menjadi raja bajak laut. Kaido sendiri mengakui ada lima orang yang menurutnya sangat kuat. Mereka adalah Gol D. Roger, Rocks D. Xebec, Kozuki Oden, Shanks, dan Whitebeard. Tidak ada sosok Mihawk – bahkan Big Mom – dalam gambar tersebut.

Wano Tidak Mengenali Mihawk

Wano adalah sebuah wilayah yang menjadi rumah bagi para samurai, ahli pedang, pembuat pedang, ninja, dan sebagainya. Artinya mereka tentu tahu siapa saja yang memang memiliki potensi atau memang sudah terbukti memiliki kemampuan berpedang. Tetapi, pada kenyataanya, sejak arc Wano dimulai sampai saat ini, tidak ada sekali pun nama ‘Dracule Mihawk’ yang notabene adalah ahli pedang terkuat di dunia disebutkan di sana.

Mungkin sebagian Geeks akan berargumen bahwa Wano adalah wilayah yang terisolir, yang membuat informasi tentang Mihawk tidak bisa diketahui. Tetapi, hal itu dianggap tidak masuk akal. Logikanya, dengan menjadi ahli pedang terbaik di dunia, Mihawk sudah berhasil keliling Grand Line dan mengalahkan semuanya. Tetapi, dengan para penduduk Wano yang tidak tahu tentang Mihawk, artinya ada kemungkinan Mihawk belum pernah mengunjungi Wano.

Para Komandan Yonko Tidak Menganggap Serius Mihawk

Dalam perang di Marineford, kita melihat bagaimana Marco justru menyuruh orang lain untuk menghadapi Mihawk dan bukan dia sendiri yang menghadapinya. Marco memerintahkan Vista untuk menghadapi Mihawk. Vista sendiri merupakan komandan divisi 3 di kelompok Whitebeard. Apakah artinya Marco adalah sosok yang lemah? Tidak juga.

Marco diperlihatkan bertarung melawan Big Mom di pertempuran Onigashima, meskipun kemudian dia harus kalah setelah Perospero melakukan serangan dadakan. Di sisi lain, Marco tidak pernah meminta Vista untuk menghadapi Shanks, Kaido, atau bahkan Big Mom yang artinya mungkin level kekuatan Mihawk tidak seperti yang kita duga.

Tidak Dikenali Karakter Penting

Satu-satunya momen di mana nama Mihawk disebutkan adalah ketika serangannya menuju Whitebeard di Marineford berhasil ditahan oleh Jozu. Selain dari itu, sejauh ini tidak ada lagi karakter lain yang menyebutkan atau mereferensikan nama Mihawk. Bahkan, dalam upaya angkatan laut untuk menangkap para mantan Shichibukai setelah sistemnya dibubarkan, tidak ada satu pun admiral yang ikut bersama mereka.

Jika kemudian memang Mihawk dianggap kuat – seperti halnya para Shichibukai lainnya – seharusnya ada satu admiral yang ikut untuk menangkap mereka. Sebaliknya, angkatan laut hanya mengirimkan Rear Admiral mereka seperti Koby untuk menangkap Shichibukai. Di sisi lain, admiral seperti Kizaru justru lebih tertarik untuk pergi ke Wano menghadapi Big Mom dan Kaido.

Di balik nama besar Dracule Mihawk, mungkin karakternya tidak sekuat yang banyak orang kira. Bisa jadi level kekuatan Mihawk bukan setara Yonko, melainkan Komandan Yonko. Tetapi, perlu dicatat bahwa ini masih sekedar teori dan spekulasi. Bisa jadi ada alasan dari Oda Sensei mengapa kemudian Mihawk tidak menjadi karakter yang signifikan dalam ceritanya dan belum menunjukan kekuatannya. Bagaimana menurut kalian Geeks?