Apa yang terjadi di akhir chapter 63 kemarin membuat para fans Boruto: Naruto Next Generation terkejut. Pasalnya, Boruto diperlihatkan kembali mengaktifkan segel Karma Momoshiki miliknya setelah sebelumnya Boruto mengatakan bahwa dia tidak ingin lagi tubuhnya diambil alih. Namun, yang menarik sepertinya Boruto mengaktifkan segel Karma dalam keadaan sadar. Apa yang sebenarnya terjadi kepada Boruto?

Chapter 63 kemarin menghadirkan pertarungan antara Boruto dan Code, setelah sebelumnya diperlihatkan bagaimana Boruto berusaha untuk melacak keberadaan Kawaki. Boruto yang menolak rencana Kawaki untuk menyerahkan dirinya kepada Code, pada akhirnya menyerang terlebih dahulu ke arah Code. Tetapi, seperti yang sudah diduga oleh Kawaki, Boruto bukanlah lawan seimbang bagi Code.

Kawaki sebelumnya pernah mengatakan bahwa Code merupakan sosok yang sangat kuat, bahkan kekuatannya pun jauh di atas Kawaki. Dan hal ini kemudian terbukti di mana setiap kali Boruto hendak menyerangnya, Code selalu berhasil menghindar. Selain itu, Code pun bahkan beberapa kali diperlihatkan berhasil menyerang Boruto yang membuat Boruto terluka.

Sampai kemudian segel karma Boruto pun aktif. Pada awalnya, segel karma Boruto ini tidak aktif secara penuh. Meskipun begitu, tetap saja Code bukanlah lawan bagi Boruto. Bahkan, Code beranggapan bahwa Boruto masih belum paham tentang kekuatan terbesar dari segel Karma, yang merupakan pengalaman bertarung dari seorang Otsutsuki. Barulah di akhir chapternya kita melihat Boruto mengaktifkan secara penuh segel Karma miliknya.

Yang menarik dan cukup membuat para fans terkejut adalah saat Boruto mengaktifkan segel karma ini, terlihat bagaimana salah satu mata Boruto berubah menjadi putih. Kemudian tidak ada tanduk yang muncul seperti sebelumnya saat Momoshiki mengambil alih tubuh Boruto. Inilah yang kemudian membuat para fans berpikir bahwa ketika segel Karma itu aktif, Boruto dalam keadaan sadar.

Hal ini tentunya memunculkan tanda tanya, bagaimana bisa Boruto mengaktifkan segel karma tetapi Momoshiki tidak mengambil alih tubuhnya? Apakah Boruto sudah bisa mengendalikan Karma? Atau ada alasan lain? Masih belum diketahui secara pasti apa yang sebenarnya terjadi, tetapi banyak fans menduga bahwa ini menjadi tanda bahwa mungkin Momoshiki sudah mulai “menyatu” dengan Boruto.

Sebagian fans Boruto berspekulasi bahwa apa yang terjadi Boruto saat ini akan sama dengan yang terjadi dengan Naruto, di mana sosok monster dalam diri Naruto – yaitu Kurama – pada akhirnya menjadi sosok pendamping Naruto. Untuk kasus Boruto, Momoshiki yang pada awalnya berusaha untuk memanfaatkan tubuh Boruto untuk bereinkarnasi, pada akhirnya mau bekerja sama dengan Boruto setelah apa yang terjadi diantara mereka berdua.

Pada awalnya, Kurama sangat membenci manusia. Dia bahkan tidak percaya terhadap Kurama, dan juga Naruto. Kurama memanfaatkan sifat Naruto yang impulsif untuk memperlemah segel dalam dirinya, agar dia kemudian bisa bebas. Tetapi, yang terjadi adalah Kurama melihat potensi besar dalam diri Naruto dan Naruto sendiri membuktikan bahwa dia berbeda dari manusia lain yang ingin saling menghancurkan.

Momoshiki pada awalnya memilih Boruto untuk menanamkan segel Karmanya dan kemudian bereinkarnasi, seperti halnya para Otsutsuki lainnya contohnya adalah Jigen dan Isshiki Otsutsuki. Tetapi, Momoshiki mungkin melihat hal lain dari sosok Boruto yang kemudian membuatnya tidak lagi menginginkan Boruto sebagai wadahnya. Justru dia ingin bekerja sama dengan Boruto, dengan cara meminjamkan kekuatannya seperti yang dilakukan Kurama dahulu.

Mungkin inilah yang terjadi kepada Boruto di akhir chapter 63 kemarin. Dan mungkin itu juga yang menjadi alasan mengapa pada masa yang akan datang, ketika Boruto menghadapi Kawaki di atas reruntuhan Konoha, Boruto masih memiliki segel Karmanya. Momoshiki sendiri pernah mengatakan bahwa proses Otsutsukifikasi Boruto sudah mencapai 80% yang artinya hanya masalah waktu sampai Boruto tewas dan Momoshiki bangkit kembali.

Tetapi, yang terjadi justru sebaliknya. Boruto masih hidup sampai usia remaja, dan dia pun masih memiliki segel Karma. Yang lebih dahsyat lagi adalah Boruto bahkan mampu menggunakan kemampuan dahsyat tersebut kapan pun dia butuhkan. Bagaimana menurut kalian Geeks, apakah kalian setuju bahwa Momoshiki akan meminjamkan kekuatannya kepada Boruto?