Selain dikenal karena kemampuan Haki, seri One Piece juga dikenal karena keunikan dalam ceritanya seperti adanya berbagai macam buah iblis yang memberikan penggunanya berbagai kekuatan. Ada tiga jenis buah yang muncul dalam cerita One Piece, yaitu Paramecia, Zoan, dan Logia. Jenis Logia dianggap sebagai yang terkuat karena mampu mengubah penggunanya menjadi sebuah elemen.

Pengguna buah iblis Logia juga dianggap sebagai sosok yang spesial, karena buah iblis jenis ini dianggap langka jika dibandingkan dengan dua jenis lainnya. Selain mampu merubah penggunanya menjadi sebuah elemen, pemakan buah iblis Logia pun mampu memanipulasi elemen tersebut. Ada beberapa buah iblis berjenis Logia yang dianggap memiliki kekuatan dahsyat dibandingkan lainnya. Apa saja?

Goro Goro no Mi

Goro Goro no Mi atau Rumble Rumble Fruit ini dikonsumsi oleh penguasa di wilayah pulau langit, yaitu Enel. Dengan mengonsumsi buah iblis ini, Enel mampu merubah dirinya menjadi seorang manusia petir. Dengan memanfaatkan buah iblis tersebut, Enel menjadi penguasa di wilayah pulau langit dan menindas para penduduk lainnya. Buah iblis ini menjadi salah satu buah iblis Logia paling dahsyat selain magma dan api.

Berdasarkan informasi yang ada, pengguna buah iblis ini mampu menghasilkan listrik dengan tegangan sampai 200 juta volt. Artinya siapa pun yang melakukan kontak fisik langsung dengan Enel, maka mereka akan langsung merasakan efeknya. Meskipun begitu, Goro Goro no Mi diperlihatkan tidak mempan terhadap karet. Karena karet memang bukan penghantar listrik yang baik. Inilah yang membuat Luffy berhasil mengalahkan Enel.

Suna Suna no Mi

Sesuai dengan namanya, Suna Suna no Mi atau Sand Sand Fruit merupakan buah iblis yang memberikan penggunanya kemampuan untuk bisa berubah menjadi manusia pasir. Diantara buah iblis berjenis Logia, buah iblis ini bisa dibilang sangat unik karena mampu merubah seseorang menjadi pasir. Pemilik kekuatan buah iblis ini adalah Crocodile, yang merupakan mantan Shichibukai.

Selain mampu berubah menjadi pasir, Crocodile juga mampu menyerap kelembapan seseorang atau sesuatu. Dia pun bisa menciptakan sebuah pasir hisap yang membuat lawannya tidak berdaya. Crocodile memanfaatkan kekuatannya tersebut untuk menguasai wilayah Alabasta. Luffy sendiri berhasil mengalahkan Crocodile setelah mengetahui apa yang menjadi kelemahannya, yaitu air.

Gasu Gasu no Mi

Gas Gas Fruit atau Gasu Gasu no Mi adalah buah iblis Logia yang membuat penggunanya mampu berubah ke wujud gas atau memanipulasi gas. Mantan ilmuwan angkatan laut, Caesar Clown, merupakan pemilik dari buah iblis ini. Dengan menggunakan kemampuan buah iblisnya ini, Caesar berusaha mewujudkan mimpinya untuk menjadi ilmuwan nomor satu di dunia.

Dengan sifat jahatnya, Caesar merubah kemampuan pengendalian gas miliknya ini untuk berbuat kejahatan. Contohnya adalah menciptakan senjata yang bisa menghancurkan satu wilayah. Caesar pun bahkan menciptakan “makhluk hidup” yaitu Smiley, dari kemampuannya untuk memadatkan gas. Wajar jika pengguna kekuatan ini menjadi salah satu ancaman besar dunia.

Yuki Yuki no Mi

Yuki Yuki no mi atau Snow Snow Fruit adalah buah iblis Logia yang membuat penggunanya bisa mengendalikan dan berubah menjadi salju. Berdasarkan hal tersebut, penggunanya akan berubah menjadi manusia salju. Buah iblis ini dimiliki sempat dimiliki oleh Monet, asisten dari Caesar Clown di Punk Hazard. Dengan buah iblis ini, Monet mampu membuat sebuah ruangan menjadi sebuah tempat yang dipenuhi salju. Hal ini diperlihatkan dalam pertarungannya melawan Zoro, di mana seluruh tempat tersebut dipenuhi oleh salju.

Moku Moku no Mi

Moku Moku no Mi atau Smoke Smoke Fruit merupakan buah iblis berjenis Logia yang membuat penggunanya bisa mengendalikan atau berubah menjadi asap. Buah iblis ini merupakan milik wakil admiral Smoker. Ini merupakan buah iblis Logia pertama yang dihadirkan di seri One Piece, ketika Luffy pertama kali berhadapan dengan Smoker di Loguetown. Moku Moku no Mi memang memiliki kemiripan dengan Gasu Gasu no Mi.

Tetapi, meskipun Gasu Gasu no Mi dan Moku Moku no Mi memiliki efek yang sama, yang membedakannya adalah gas dan asap merupakan dua elemen yang berbeda. Singkatnya, di dalam asap terdapat gas, sedangkan di dalam gas tidak terdapat asap. Dengan kemampuan buah iblisnya ini pula, Smoker berhasil mengalahkan banyak sekali musuh.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2