Akhirnya yang selama ini dinanti datang juga, yaitu trailer kedua Spider-Man: No Way Home yang baru saja dirilis oleh Sony dan Marvel. Sebagai film yang paling diantisipasi pada tahun 2021 ini, tentunya banyak penggemar yang berharap trailer kedua No Way Home ini dapat menjawab beberapa pertanyaan penggemar yang akhir-akhir ini santer di bicarakan, salah satunya tentang para villain siapa yang muncul di trailernya.

Dan akhirnya, di trailer baru kali ini para villain mulai menampakan batang hidungnya. Walaupun mereka hanya terlihat sekilas karena adegan aksi yang intens, tetapi jika diperhatikan dengan saksama, cukup jelas bahwa mereka adalah para villain yang sebelumnya muncul di trilogi Spider-Man (2002-2007) dan waralaba The Amazing Spider-Man (2012-2014). Sekarang yang menjadi pertanyaan adalah bagaimana para villain ini bisa kembali muncul, sedangkan di film sebelumnya mereka diceritakan telah kalah dan bahkan ada yang mati?

Para Villain yang Muncul Sejauh Ini

Di trailer pertama No Way Home kita sudah diperlihatkan kemunculan epic dari Doctor Octopus (Alfred Molina) yang terkahir terlihat di Spider-Man 2 (2004), di mana lengan-lengan robotiknya menembus beton dan menghancurkan aspal. Dan sekarang di trailer kedua ini, kita melihat aksi yang lebih jelas lagi dari Doc Ock ketika dia mengangkat dan melempar mobil ke arah Spider-Man MCU (Tom Holland). Selain Doc Ock, villain dari trilogi Spider-Man lainnya yang muncul adalah Green Goblin (Willem Dafoe).

Setelah di trailer sebelumnya hanya terlihat bom labunya saja, kali ini Green Goblin menampakan dirinya dengan jelas, lengkap dengan kostum ikoniknya yang dia kenakan di film Spider-Man (2002). Menariknya, di cuplikan lain terlihat juga Goblin dengan kostum yang sama sekali berbeda dari sebelumnya, apakah dia sosok yang sama atau justru Goblin Harry Osborn (Dane Dehaan) dari The Amazing Spider-Man 2 (2014). Sejauh ini mash belum jelas, Geeks.

Anyway, villain berikutnya yang muncul secara bersamaan adalah Electro (Jamie Foxx), Lizard (Rhys Ifans), dan Sandman (Thomas Haden Church). Sementara Electro dari The Amazing Spider-Man 2 muncul dengan kostum barunya yang keren, Lizard dan Sandman kurang lebih masih sama seperti terakhir kali terlihat di The Amazing Spider-Man (2012) dan Spider-Man 3 (2007). Sejauh ini total ada lima villain yang akan dihadapi oleh Spider-Man MCU.

Nasib Para Villain di Film Sebelumnya

Jika melihat apa yang dihadirkan di kedua trailer Spider-Man: No Way Home, tampaknya villain di filmnya nanti lebih berfokus pada para villain dari universe lain (trilogi Spider-Man dan waralaba The Amazing Spider-Man). Namun, jika melihat nasib mereka di film sebelumnya, kemunculan di No Way Home dalam keadaan segar bugar agak sedikit membingungkan.

Green Goblin seharusnya telah mati tertancap oleh glidernya sendiri saat berusaha membunuh Spider-Man (Tobey Maguire), kemudian Doc Ock juga terakhir kali terlihat saat menenggelamkan diri dengan mini reaktor buatannya yang gagal. Sedangkan Sandman seharusnya telah bertobat, begitu juga dengan Lizard yang telah kembali ke bentuk manusianya. Dan untuk Electro, terlihat dengan sangat jelas ketika dirinya meledak karena kelebihan muatan listrik. Jadi, sekarang pertanyaannya bagaimana mereka bisa kembali muncul seperti tidak pernah terjadi apa-apa sebelumnya?

Alasan Mereka Muncul Kembali

Seperti yang kita lihat di trailer sebelumnya, setelah Mysterio membongkar identitas rahasia Spider-Man, Peter Parker kemudian mendatangi Doctor Strange untuk meminta bantuan agar semua orang melupakan identitas rahasianya. Namun, sihir yang digunakan oleh Doctor Strange justru malah membuat Multiverse terbuka, dan mendatangkan para villain Spider-Man dari universe lain.

Di awal trailer baru Spider-Man: No Way Home, Doctor Strange mengatakan bahwa jika sihir yang dia gunakan untuk membantu Spider-Man berakhir gagal, hal tersebut akan membuat MCU kedatangan beberapa “pengunjung”. Di mana para pengunjung tersebut adalah para villain yang sebelumnya sudah dikalahkan oleh Spider-Man Tobey Maguire dan Andrew Garfield. Dan yang membuatnya berbahaya adalah ketika para villain ini mulai menyukai takdir mereka di MCU, seperti saat Electro mengatakan, “Kamu tidak akan bisa mengambil ini semua dariku!”

Misteri Kotak Doctor Strange

Mengetahui bahwa kedatangan para villain Spider-Man ini akan membahayakan MCU, Doctro Strange kemudian menyuruh Spider-Man, MJ (Zendaya), dan Ned (Jacob Batalon) untuk meng-“Scooby Doo” mereka, dalam arti lain menangkap mereka seperti saat Scooby Doo dan kawan-kawan menangkap hantu. Kemungkinan Spider-Man akan berkeliling untuk mencari para pengunjung ini dan menangkapnya, untuk kemudian menyerahkannya pada Doctor Strange yang akan mengurungnya di Sanctum Sanctorum.

Setelah semua tertangkap, Doctor Strange sepertinya akan mengembalikan mereka semua ke universenya masing-masing dengan menggunakan sebuah artefak kotak misterius yang terlihat di trailernya. Kotak tersebut mempunyai segel Vishanti di setiap sisinya, segel yang berfungsi untuk melindungi Sanctum Sanctorum dari serangan supernatural.

Doctor Strange menjelaskan bahwa di universenya masing-masng para villain ini ditakdirkan mati setelah bertarung dengan Spider-Man. Mengetahui hal tersebut, Spider-Man yang sepertinya tidak tega kemudian mencuri kotak misterius tersebut agar para villain ini tidak dikembalikan hanya untuk “mati”. Di mana hal tersebut kemungkinan yang membuat Spider-Man berkonflik dengan Doctor Strange di film Spider-Man: No Way Home.

Jadi secara tidak langsung alasan mengapa para villain Spider-Man ini masuk MCU adalah karena permintaan awal Spider-Man, yang dilanjutkan dengan kegagalan sihir Doctor Strange. Di Akhir trailer, sepertinya akan ada lebih banyak lagi karakter dari waralaba Spider-Man yang masuk ke MCU, terlihat saat Doctor Strange mengaku bahwa dia tidak kuat lagi menahannya. Kita lihat saja nanti keseruannya ya, Geeks, saat film Spider-Man: No Way Home dirilis pada tanggal 17 Desember 2021.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.