Batgirl merupakan film DC Extended Universe mendatang yang akan menceritakan superheroin Batgirl sebagai penjaga Kota Gotham yang baru. Film yang berfokus pada superheroin kedua (setelah Wonder Woman) di semesta DCEU ini akan diarahkan oleh duo sutradara yang sebelumnya menggarap film Bad Boys for Life (2020), yaitu Adil El Arbi dan Bilall Fallah. Mereka berdua akan mengarahkan naskah yang akan dikerjakan oleh Christina Hodson, yang sebelumnya menulis nahkah film DCEU lainnya, seperti Birds of Prey (2020) dan film The Flash mendatang.

Sejauh ini belum ada informasi resmi dari Warner Bros terkait plot film Batgirl seperti apa. Namun, beberapa nama-nama besar sudah dipastikan akan terlibat di film Batgirl yang akan datang ini. Pada bulan Juli lalu, aktris sekaligus penyanyi Leslie Grace ditunjuk sebagai pemeran utama Barbara Gordon alias Batgirl, kemudian setelah itu menyusul beberapa nama lain yang juga akan ikut terlibat dalam filmnya, seperti J.K. Simmons sebagai Komisaris James Gordon, Brendan Fraser sebagai villain Garfield Lynns alias Firefly, dan Jacob Scipio untuk peran yang masih dirahasiakan.

Film Batgirl Terhubung dengan Film Black Canary?, Greenscene

Sementara cukup jelas bahwa filmnya akan bercerita tentang para karakter di Kota Gotham, sebuah kabar terbaru menyebutkan bahwa film Batgirl juga akan membuka jalan bagi superheroin DC lainnya, yaitu Black Canary. Kabar ini pertama kali datang dari akun Twitter Daniel Ritchman alias RPK, yang sudah terkenal sering membocorkan kabar-kabar menarik yang cukup valid. Di akun Twitternya, RPK baru saja mentwit dalam bahasa Inggris, “Saya dengar [film] Batgirl akan mengarah pada [film] solo Black Canary.”

Black Canary sebenarnya adalah nama yang sudah sering muncul di DC Comics, baik sebagai superheroin maupun supervillain. Namun yang paling terkenal adalah Black Canary versi Dinah Laurel Lance yang pertama kali melakukan debutnya di komik Justice League of America #75 (1969). Kemampuan utamanya adalah Canary Cry, teriakan supersonic yang dapat melemahkan lawan bahkan membunuh manusia biasa. Sebagai superheroin, Black Canary juga terdaftar sebagai anggota Justice League. Di komiknya dia sering bekerja sama juga dengan Batgirl, khususnya di tim super wanita yang disebut Bird of Prey.

Jika kabar ini benar, maka bisa dipastikan masalah di film Batgirl akan lebih besar dari yang selama ini diperkirakan. Mungkin bukan hanya Kota Gotham saja yang terancam, oleh karena itu Black Canary datang untuk membantu. Sepertinya akan menarik melihat Black Canary beraksi bersama Batgirl, untuk kemudian tampil kembali dengan film solonya pada masa depan DCEU. Karena film Batgirl sendiri belum mempunyai tanggal rilis, kita nantikan saja kabar selanjutnya mengenai film live-action Batgirl dan solo Black Canary ini ya, Geeks.