Sebagai karakter Marvel yang periang dan jenaka, Spider-Man juga terkenal karena kekuatannya. Dibekali dengan Spider-Sense dan kemampuan fisik super, Spider-Man selalu berhasil mengalahkan musuh-musuhnya, dari mulai Vulture sampai symbiote Carnage. Namun, ternyata tidak selamanya Spider-Man selalu memenangkan pertarungan, bahkan dalam beberapa kesempatan Spider-Man mempunyai daftar supervillain yang tidak pernah berhasil dia kalahkan, baik karena musuhnya sangat kuat atau karena Spider-Man belum sempat bertemu kembali dengan villain tersebut. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini.

Blob

Tidak dipungkiri bahwa kekuatan Spider-Man melebihi kekuatan manusia biasa, dia bisa menghancurkan beton dengan sekali pukul, kemudian bisa mengangkat beban seberat 2 ton. Namun, semua kekuatannya seperti menghilang begitu saja ketika berhadapan dengan villain gemuk bernama Blob.

Ketika Spider-Man pertama kali bertemu dengan Blob, dan kemungkinan hanya pertemuan satu-satunya di komik The Spectacular Spider-Man #91, Spiderman harus meminta bantuan pada Black Cat karena tidak bisa melukai Blob sedikit pun. Blob adalah mutan yang tubuhnya bisa menyerap getaran dan kekuatan sebesar apa pun, termasuk pukulan Spider-Man. Tidak terbayang jika tidak ada Black Cat, mungkin Spider-Man akan merasa frustrasi sendirian.

Jackal

Di Clone Saga, Spider-Man pernah bertemu musuh yang sangat kuat. Bahkan saking kuatnya Spider-Man bersama Scarlet Spider harus benar-benar bekerja sama untuk mengalahkannya. Dia adalah supervillain bernama Jackal. Jackal adalah seorang mantan profesor perguruan tinggi yang berubah menjadi supervillain karena obsesinya pada Gwen Stacy. Dia marah pada Spider-Man karena membiarkan Gwen meninggal.

Walaupun pada akhirnya Jackal kalah, tetapi bukan Spider-Man yang mengalahkannya, melainkan Scarlet Spider Ben Reilly. Beberapa tahun kemudian Ben yang sempat diceritakan mati, kembali muncul dengan identitas Jackal, dan lagi-lagi Spider-Man tidak pernah terlihat berhasil mengalahkan Jackal.

Magneto

Blob bukan satu-satunya mutan yang pernah dihadapi oleh Spider-Man. Di komik Avengers Vs X-Men dan House of M, Spider-Man sempat beberapa kali bertemu dengan Magneto. Dan dalam setiap pertarungannya Spider-Man tidak pernah berhasil mengalahkan Magneto secara langsung. Bahkan dalam salah satu kesempatan, Spider-Man bahka tidak bisa menyentuh Magneto sekali pun.

Di komik The Amazing Spider-Man Renew Your Vows, Spider-Man harus meminta bantuan pada X-Men untuk mengalahkan Magneto. Sekilas mungkin Spider-Man bisa saja mengalahkan Magneto, karena tidak ada bagian di tubuhnya yang bisa dikendalikan oleh Magneto. Namun, pada kenyataannya Spider-Man sendiri sadar bahwa Magneto bukan lawan yang bisa dia kalahkan.

Shriek

Shriek adalah musuh Spider-Man yang sangat erat hubungannya dengan Carnage. Berbeda dengan Carnage yang sudah sering bertarung dengan Spider-Man dan kalah berkali-kali, Shriek justru jauh lebih beruntung. Shriek adalah villain wanita yang mempunyai kemampuan untuk memanipulasi suara.

Saat pertemuan antara Spider-Man dan Shriek di kisah Maximum Carnage, Spider-Man harus meminta bantuan pada superhero lain karena tidak mampu melawan Shriek dan Carnage sendirian. Sejak saat itu, pertemuan Spider-Man dan Shriek tidak pernah berakhir baik, karena Spider-Man terus menerus dibantu oleh supehero lain, di mana para superhero tersebut juga kewalahan menghadapi Shriek.

Galactus

Galactus adalah entitas kosmik sudah beberapa kali bertemu dengan Spider-Man. Namun, dalam setiap pertemuan tersebut, Spider-Man tidak pernah bisa mengalahkannya seorang diri, bahkan Galactus tidak meliriknya sedikit pun. Mengingat Spider-Man pernah mengalahkan Fantastic Four sendirian, seharusnya tidak mustahil bagi Spider-Man mengalahkan Galactus, supervillain yang sebelumnya pernah dikalahkan oleh Fantastic Four.

Sayangnya, tidak ada bukti di mana Spider-Man pernah menang melawan Galactus, kalau pun ada, pertarungannya tidak dihitung karena Spider-Man memenangkannya bersama superhero lain, seperti di kisah Marvel Zombies saat para superzombie saling bahu membahu untuk mengalahkan zombie Galactus.

Itulah 5 villain yang tidak pernah Spider-Man kalahkan di sepanjang kisahnya. Mungkin jika mereka bisa bertemu lagi pada masa depan Marvel Universe, Spider-Man bisa membuktikan bahwa dia bisa menang. Namun, tidak menutup kemungkinan Spider-Man juga akan kembali kalah. Pada dasarnya segala kemungkinan masih bisa terjadi ketika waktunya tiba. Dan sampai waktunya tiba, Spider-Man harus menerima fakta bahwa dia tidak selamanya bisa menang.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.