Sebagai karakter Marvel yang periang dan jenaka, Spider-Man juga terkenal karena kekuatannya. Dibekali dengan Spider-Sense dan kemampuan fisik super, Spider-Man selalu berhasil mengalahkan musuh-musuhnya, dari mulai Vulture sampai symbiote Carnage. Namun, ternyata tidak selamanya Spider-Man selalu memenangkan pertarungan, bahkan dalam beberapa kesempatan Spider-Man mempunyai daftar supervillain yang tidak pernah berhasil dia kalahkan, baik karena musuhnya sangat kuat atau karena Spider-Man belum sempat bertemu kembali dengan villain tersebut. Siapa saja mereka? Simak di bawah ini.

Blob

Tidak dipungkiri bahwa kekuatan Spider-Man melebihi kekuatan manusia biasa, dia bisa menghancurkan beton dengan sekali pukul, kemudian bisa mengangkat beban seberat 2 ton. Namun, semua kekuatannya seperti menghilang begitu saja ketika berhadapan dengan villain gemuk bernama Blob.

Ketika Spider-Man pertama kali bertemu dengan Blob, dan kemungkinan hanya pertemuan satu-satunya di komik The Spectacular Spider-Man #91, Spiderman harus meminta bantuan pada Black Cat karena tidak bisa melukai Blob sedikit pun. Blob adalah mutan yang tubuhnya bisa menyerap getaran dan kekuatan sebesar apa pun, termasuk pukulan Spider-Man. Tidak terbayang jika tidak ada Black Cat, mungkin Spider-Man akan merasa frustrasi sendirian.

Jackal

Di Clone Saga, Spider-Man pernah bertemu musuh yang sangat kuat. Bahkan saking kuatnya Spider-Man bersama Scarlet Spider harus benar-benar bekerja sama untuk mengalahkannya. Dia adalah supervillain bernama Jackal. Jackal adalah seorang mantan profesor perguruan tinggi yang berubah menjadi supervillain karena obsesinya pada Gwen Stacy. Dia marah pada Spider-Man karena membiarkan Gwen meninggal.

Walaupun pada akhirnya Jackal kalah, tetapi bukan Spider-Man yang mengalahkannya, melainkan Scarlet Spider Ben Reilly. Beberapa tahun kemudian Ben yang sempat diceritakan mati, kembali muncul dengan identitas Jackal, dan lagi-lagi Spider-Man tidak pernah terlihat berhasil mengalahkan Jackal.

Magneto

Blob bukan satu-satunya mutan yang pernah dihadapi oleh Spider-Man. Di komik Avengers Vs X-Men dan House of M, Spider-Man sempat beberapa kali bertemu dengan Magneto. Dan dalam setiap pertarungannya Spider-Man tidak pernah berhasil mengalahkan Magneto secara langsung. Bahkan dalam salah satu kesempatan, Spider-Man bahka tidak bisa menyentuh Magneto sekali pun.

Di komik The Amazing Spider-Man Renew Your Vows, Spider-Man harus meminta bantuan pada X-Men untuk mengalahkan Magneto. Sekilas mungkin Spider-Man bisa saja mengalahkan Magneto, karena tidak ada bagian di tubuhnya yang bisa dikendalikan oleh Magneto. Namun, pada kenyataannya Spider-Man sendiri sadar bahwa Magneto bukan lawan yang bisa dia kalahkan.

Shriek

Shriek adalah musuh Spider-Man yang sangat erat hubungannya dengan Carnage. Berbeda dengan Carnage yang sudah sering bertarung dengan Spider-Man dan kalah berkali-kali, Shriek justru jauh lebih beruntung. Shriek adalah villain wanita yang mempunyai kemampuan untuk memanipulasi suara.

Saat pertemuan antara Spider-Man dan Shriek di kisah Maximum Carnage, Spider-Man harus meminta bantuan pada superhero lain karena tidak mampu melawan Shriek dan Carnage sendirian. Sejak saat itu, pertemuan Spider-Man dan Shriek tidak pernah berakhir baik, karena Spider-Man terus menerus dibantu oleh supehero lain, di mana para superhero tersebut juga kewalahan menghadapi Shriek.

Galactus

Galactus adalah entitas kosmik sudah beberapa kali bertemu dengan Spider-Man. Namun, dalam setiap pertemuan tersebut, Spider-Man tidak pernah bisa mengalahkannya seorang diri, bahkan Galactus tidak meliriknya sedikit pun. Mengingat Spider-Man pernah mengalahkan Fantastic Four sendirian, seharusnya tidak mustahil bagi Spider-Man mengalahkan Galactus, supervillain yang sebelumnya pernah dikalahkan oleh Fantastic Four.

Sayangnya, tidak ada bukti di mana Spider-Man pernah menang melawan Galactus, kalau pun ada, pertarungannya tidak dihitung karena Spider-Man memenangkannya bersama superhero lain, seperti di kisah Marvel Zombies saat para superzombie saling bahu membahu untuk mengalahkan zombie Galactus.

Itulah 5 villain yang tidak pernah Spider-Man kalahkan di sepanjang kisahnya. Mungkin jika mereka bisa bertemu lagi pada masa depan Marvel Universe, Spider-Man bisa membuktikan bahwa dia bisa menang. Namun, tidak menutup kemungkinan Spider-Man juga akan kembali kalah. Pada dasarnya segala kemungkinan masih bisa terjadi ketika waktunya tiba. Dan sampai waktunya tiba, Spider-Man harus menerima fakta bahwa dia tidak selamanya bisa menang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.