Black Panther adalah salah satu superhero Marvel yang paling ikonik. Karakternya mewakili “warna” dan keberagaman di Marvel Universe. Bahkan bukan hanya di Marvel Comics, versi live-action Black Panther di Marvel Cinematic Universe juga sangat digemari. Kepergian mendiang Chadwick Boseman membuat karakter T’Challa alias Black Panther juga pergi untuk selamanya dari MCU, setidaknya di Universe 616 (semesta utama). Di mana hal tersebut membuat semua penggemar bersedih.

Sambil menunggu kabar mengenai Black Panther baru di MCU, tidak ada salahnya kita mengenal berbagai inkarnasi Black Panther terbaik di Marvel Comics. Sebenarnya di Marvel Comics sendiri banyak sekali inkarnasi Black Panther yang terkenal karena kehebatannya. Masing-masing Black Panther ini mempunyai keunggulannya sendiri, dan yang paling penting adalah mereka mewarisi apa yang selama ini dibawa oleh Black Panther, yaitu kebebasan dan kesetaraan. Siapa saja inkarnasi Black Panther ini? Simak di bawah ini.

Black Panther 2099

Bukan hanya Spider-Man saja yang mempunyai versi alternatif 2099, di Marvel Comics, ada juga Black Panther 2099 yang terkenal karena kekuatannya. Di komik Black Panther 2099 #1 (2004), diceritakan bahwa T’Challa sudah lama meninggal dan takhta Wakanda di pegang oleh anaknya yang bernama K’Shamba. Namun, pada saat itu kerajaan Wakanda sudah tidak seperti dahulu, karena Doctor Doom telah menguasai Wakanda dengan semua aturannya yang membuat Wakanda tidak lagi bebas.

Sebagai penerus terakhir Wakanda, K’Shamba kemudian mengambil identias Black Panther seperti ayahnya dan semua leluhurnya, untuk kemudian memimpin perlawanan terhadap Doctor Doom. K’Shamba pada akhirnya berhasil membuktikan kekuatannya dengan menggulingkan Doom, sekaligus membuktikan dirinya sebagai inkarnasi terbaik Black Panther di Marvel Universe pada tahun 2099.

Black Panther Manga

Pada tahun 2000, Marvel pernah membuat sebuah universe alternatif yang disebut Mangaverse, di mana isinya adalah para karakter Marvel dalam versi Manga (Komik Jepang). Dari semua karakter di Mangaverse, Black Panther adalah yang paling mencolok di banding karakter lain. Dia hadir dengan wujud manusia Panther (macan kumbang), lengkap dengan gigi taring dan telinga panther.

Black Panther Mangaverse sendiri mendapatkan kekuatannya dari Dewa mesir Kuno berbentuk elang yang bernama Horus. Dengan kekuatan dari Dewa Horus ini, Black Panther sebenarnya bisa berubah juga menjadi elang, tetapi versinya sebagai Black Panther adalah yang terbaik. Menariknya, di Mangaverse, adik Black Panther bukan Shuri, melainkan Doctor Doom versi Mangaverse yang bernama T’Channa.

Ghost Panther

Di Marvel Comics, T’Challa alias Black Panther sering diceritakan menjalin hubungan asmara dengan mutan Ororo Munroe alias Storm dari X-Men, bahkan Storm pernah menjadi Ratu Wakanda setelah menikahi Raja T’Challa. Namun, di salah satu universe alternatif, yaitu di Earth-161, kisah Storm justru tidak seberuntung Storm di semesta utama. Di komik X-Men Forever 2 #5 (2010), diceritakan bahwa dia diubah menjadi bola energi oleh mutan Pipeline.

Untuk menyelamatkan Storm, Tony Stark kemudian mentransfernya ke dalam armor Black Panther. Storm kemudian menjalin “kisah asmara”-nya dengan kostum Black Panther ini dan mengambil identitas baru sebagai Ghost Panther. Kekuatannya sama seperti Storm di semesta utama, yaitu mampu memanipulasi badai. Namun, di universe alternatif ini dia lebih memilih untuk menjadi Raja/Ratu Wakanda dibanding menjadi anggota tetap Avengers atau X-Men.

Symbiote Black Panther

Sudah tidak diragukan lagi, setiap karakter yang bergabung dengan Symbiote Venom pasti membuatnya menjadi lebih keren sekaligus sangar, tanpa terkecuali ketika bergabung dengan Black Panther. Di komik Venomverse: War Stories #1 (2017), diceritakan ada seorang perempuan di Earth-TRN650 bernama Ngozi yang sedang mencari serangga untuk koleksinya, tetapi dia justru malah menemukan symbiote Venom yang langsung menyatu dengan tubuhnya.

Sambil mencoba berdamai dengan symbiotenya, Ngozi kemudian mengambil alih identitas Black Panther setelah mengetahui Black Panther di alam semestanya telah dibunuh oleh Rhino. Dia kemudian mengalahkan Rhino, di mana Dora Milaje melihatnya sebagai sosok yang layak untuk mewarisi identitas Black Panther.

Shuri

Di komik Black Panther Vol. 6 #2 (2018), diceritakan bahwa Shuri menjadi Black Panther saat kakaknya, T’Challa, sempat menghilang secara misterius. Sayangnya, tidak lama setelah itu dia sempat dibuat koma oleh The Cabal dalam peristiwa The Incursion. Pada saat koma, Shuri menemukan dirinya berada di Djalia, sebuah dimensi yang terbuat dari ingatan kolektif Wakanda.

Dan saat dirinya sadar, Shuri kembali sebagai sosok yang jauh lebih hebat dari sebelumnya. T’Challa yang pada saat itu sudah kembali dan menjadi Raja Wakanda bahkan mengakui bahwa Black Panther Shuri sangat layak menjadi ratu wakanda untuk menggantikannya, tetapi Shuri menolak untuk melangkahi kakaknya.

Demikian lima inkarnasi Black Panther paling kuat di Marvel Universe. Kehadiran lima karakter ini membuktikan bahwa untuk menjadi seorang Black Panther mereka harus mewarisi nilai-nilai Black Panther itu sendiri, di mana salah satunya adalah menjaga keutuhan Wakanda. Kira-kira dari lima inkarnasi ini, yang mana yang kalian ingin lihat dalam bentuk live-action, Geeks?

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.