Seperti yang kita tahu, awalnya karakter Black Panther di Marvel Cinematic Universe diisi oleh mendiang Chadwick Boseman, tetapi semenjak kematiannya pada tahun 2020 lalu, banyak penggemar yang bertanya-tanya bagaimana nasib karakternya sekarang. Black Panther MCU pertama kali muncul di Captain America: Civil War (2016). Setelah itu, dia kembali muncul dengan film solonya sendiri yaitu Black Panther (2018), dan juga di dua film Avengers, yaitu Avengers: Infinity War (2018) dan Avengers: Endgame (2019).

Awalnya Black Panther akan kembali dengan film solo keduanya, tetapi Marvel memutuskan untuk menghargai mendiang Chadwick Boseman dengan melanjutkan proyek sekuel Black Panther tanpa karakter T’Challa. Pada bulan Mei 2021, Marvel mengumumkan judul resmi sekuelnya adalah Black Panther: Wakanda Forever dengan beberapa pemeran lama yang dipastikan kembali, termasuk Letitia Wright sebagai Shuri, Lupita Nyong’o sebagai Nakia, Danai Gurira sebagai Okoye, Dominique Thorne sebagai Riri Williams, dan juga Martin Freeman sebagai Everett K. Ross, dan Winston Duke sebagai M’Baku.

Untuk menjawab pertanyaan penggemar terkait nasib Black Panther di MCU, baru-baru ini, produser MCU Nate Moore berbicara pada Van Lathan Jr. dalam acara podcast Ringer-Verse, bahwa tidak akan ada yang menggantikan Chadwick Boseman untuk menjadi T’Challa alias Black Panther di MCU 616 Universe (semesta utama live-action). Dengan kata lain, peran live-action T’Challa akan selamanya dipegang oleh mendiang Chadwick Boseman, sehingga karakternya di semesta utama MCU juga kemungkinan akan diceritakan telah meninggal.

“Saya akan mengatakan bahwa kalian tidak akan melihat T’Challa di alam semesta MCU 616, kami tidak bisa melakukannya,” kata Moore. “Ketika Chad meninggal, itu adalah percakapan nyata yang kami lakukan dengan Coogler. Dan itu adalah percakapan yang sangat cepat. Bukan berminggu-minggu, melainkan hanya beberapa menit, ‘Kita harus mencari cara untuk melanjutkan waralaba ini tanpanya.’ Karena saya pikir kita semua merasakan begitu banyak jasa Chadwick terhadap T’Challa di MCU. Jadi tantangan Black Panther: Wakanda Forever adalah bercerita tanpa T’Challa.”

Meskipun ketidakhadiran T’Challa akan terasa seperti plot hole di film Black Panther: Wakanda Forever nanti, kemungkinan penggemar tidak akan terlalu mempermasalahkan hal itu, mengingat para penggemar juga pasti merasakan hal yang sama pada mendiang Chadwick Boseman. Sekarang tinggal bagaimana Marvel menceritakan penerus Black Panther sebagai raja baru Wakanda sekaligus anggota Avengers. Sebelumnya sempat beredar rumor bahwa adik T’Challa, yaitu Shuri akan menjadi Black Panther selanjutnya, seperti di Marvel Comics. Kita lihat saja nanti, saat filmnya dirilis pada 11 November 2022.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.