Pada chapter 793 di seri One Piece kita melihat bagaimana Aokiji alias Kuzan memutuskan untuk bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard. Hal ini tentunya mengejutkan para fans mengingat Aokiji adalah mantan admiral angkatan laut. Bagaimana mungkin dia bergabung dengan salah satu kelompok bajak laut, di mana seharusnya Kuzan justru memberantas mereka?

Bergabungnya Kuzan ke kelompok Blackbeard disebabkan karena ketidak puasannya terhadap sistem di angkatan laut dan Pemerintah Dunia. Seperti yang diperlihatkan dalam cerita, Kuzan merupakan salah satu kandidat yang diajukan untuk menjadi pengganti Sengoku sebagai Fleet Admiral. Namun, dia kemudian harus bertarung demi jabatan tersebut ketika Sakazuki juga menjadi kandidat lainnya.

Kuzan dan Sakazuki akhirnya bertarung selama 10 hari tanpa henti di Punk Hazard. Efek dari pertarungan mereka luar biasa dahsyat, di mana wilayah Punk Hazard terbagi menjadi dua “bagian” yaitu panas dan dingin. Selain itu, pertarungan mereka pun pada akhirnya dimenangi oleh Sakazuki. Tidak puas dengan hasilnya dan juga tidak mau menjadi bawahan dari Sakazuki, Kuzan pun memutuskan mundur dari angkatan laut dan bergabung dengan kelompok Blackbeard.

Mengapa kemudian Kuzan bergabung dengan kelompok Blackbeard? Mengapa dia tidak bergabung dengan kru Topi Jerami? Pertama, Kuzan tidak setuju dengan semua sistem yang ada di angkatan laut – dan Pemerintah Dunia. Kuzan beranggapan bahwa filosofi keadilan absolut adalah sesuatu yang tidak bisa dibenarkan. Apalagi banyak orang tidak bersalah yang menjadi korbannya, contohnya adalah peristiwa penghancuran Ohara.

Bagaimana Pemerintah Dunia bertindak dan bekerja pun menjadi salah satu alasan Kuzan mundur dari angkatan laut. Kemudian, di Chapter 719, Don Chinjao sempat mengatakan bahwa Blackbeard adalah satu-satunya Worst Generation yang dianggap mampu untuk bisa menjadi raja bajak laut selanjutnya. Hal ini mungkin berkaitan dengan alasan mengapa Kuzan bergabung dengan Blackbeard.

Ada kemungkinan bahwa Kuzan percaya atau yakin dengan ucapan dari Don Chinjao tersebut. Kuzan meyakini bahwa Blackbeard akan mampu menemukan One Piece dan menjadi raja bajak laut selanjutnya. Dan dengan menemukan One Piece, mereka akan mengetahui apa sebenarnya rahasia besar yang ditutupi pemerintah selama ratusan tahun mengenai abad yang hilang.

Lalu, apa kaitannya dengan Kuzan? Bisa jadi, bergabungnya Kuzan dengan kelompok Blackbeard karena Kuzan ingin mengetahui rahasia besar tentang Pemerintah Dunia. Kuzan juga mungkin berencana untuk mengungkapkan apa yang disembunyikan oleh mereka selama ini, sehingga perkataan Whitebeard tentang siapa pun yang mengetahui tentang rahasia dunia tersebut, akan mampu mengguncang dunia.

Banyak fans berpikir bahwa seseorang seperti Kuzan bergabung dengan kelompok bajak laut Blackbeard merupakan sesuatu di luar karakternya, yang mana memang hal tersebut memang benar. Tetapi, kelompok Blackbeard sendiri tidak pernah menyerang warga sipil – sejauh ini. Sehingga bisa jadi ini adalah alasan lain mengapa Kuzan bergabung dengan Blackbeard.

Jadi, kesimpulannya adalah mundurnya Kuzan dari angkatan laut merupakan satu rencana besar yang sudah dia rencanakan setelah dia kalah dari Sakazuki. Dia tidak senang dengan apa yang terjadi di angkatan laut dan juga Pemerintah Dunia saat ini. Dan Kuzan pun berusaha untuk mencari tahu apa rahasia besar mereka, untuk menghancurkan angkatan laut dan juga Pemerintah Dunia.

Bagaimana kemudian caranya Kuzan bisa menemukan rahasia besar tersebut? Dengan menemukan One Piece di Laugh Tale. Dan untuk bisa ke sana, Kuzan memerlukan “bantuan” dari orang lain. Bergabung dengan Blackbeard dianggap Kuzan menjadi cara untuk bisa mewujudkan tujuannya tersebut. Menarik untuk kita nantikan apakah Kuzan kemudian akan mengkhianati Blackbeard suatu hari nanti.