Arc Wano Country jadi arc yang paling panjang dan paling lama di sepanjang seri One Piece saat ini. Arc tersebut mengalahkan arc Dressrosa yang sebelumnya menjadi arc terpanjang di serinya. Arc Wano sendiri sudah berjalan lebih dari dua tahun, di mana diketahui ceritanya sendiri dimulai pada pertengahan 2018 dan sudah lebih dari 200 chapter yang dihadirkan di arc ini.

Salah satu bukti bahwa arc Wano adalah arc panjang, Oda Sensei membagi ceritanya menjadi tiga babak. Dan saat ini kita sedang memasuki babak ketiga. Masih belum diketahui apakah babak ketiga merupakan babak terakhir, atau ada babak lainnya yang muncul. Dengan ceritanya yang sangat epik dan panjang, tentunya ada banyak hal yang dihadirkan di arc ini. Sebagian dari ceritanya masih menjadi misteri. Berikut adalah berbagai misteri Wano yang belum terjawab.

Ras Lunarian

Dalam pertarungan antara Queen dan King melawan Sanji dan Zoro, para fans diperkenalkan dengan “kemunculan” ras baru dalam cerita One Piece. Ras tersebut dikenal dengan nama ras Lunarian. Berdasarkan cerita Marco, ras Lunarian dikenal sebagai ras para dewa. Mereka sempat tinggal di atas Red Line yang sekarang menjadi Mary Geoise.

Ras Lunarian juga diketahui memiliki kemampuan dalam hal pengendalian api. Tetapi, masih menjadi misteri apa yang membuat mereka punah, apa yang membuat mereka bisa mengendalikan api, dan sebagainya. Banyak fans menduga bahwa King adalah orang terakhir dari ras Lunarian, berkat kemampuannya dalam hal pengendalian api beserta julukannya.

Transformasi Tubuh Sanji

Ini adalah misteri besar paling baru dalam seri One Piece, di mana Sanji mengalami transformasi drastis di tubuhnya. Tubuhnya menjadi keras, di mana tidak ada serangan yang bisa melukainya. Di satu sisi, transformasi ini justru membuat Sanji harus kehilangan kendali atas dirinya yang mana hal itu membuat Sanji melakukan hal yang sebelumnya tidak pernah dia lakukan, seperti memukul wanita.

Masih belum diketahui apa yang kemudian menjadi alasan di balik transformasi tersebut. Apakah memang Raid Suit yang menjadi penyebabnya? Apakah obat yang diberikan oleh Sora mulai kehilangan efeknya? Atau ada faktor eksternal lain yang membuat Sanji berubah menjadi seperti sekarang?

Lokasi Road Poneglyph

Road Poneglyph adalah kunci bagi bajak laut yang ingin pergi atau berpetualang menuju Laugh Tale. Tanpa mengetahui apa isi dari Road Poneglyph, besar kemungkinan mereka tidak akan pernah sampai dan menemukan Laugh Tale. Hal ini dikarenakan Road Poneglyph berisi petunjuk mengenai bagaimana cara menuju Laugh Tale.

Diketahui bahwa sejauh ini sudah ada tiga Road Poneglyph yang dihadirkan, dengan salah satu diantaranya diketahui ada di Wano – tepatnya di Onigashima. Tetapi, kita masih belum mengetahui di mana letak Road Poneglyph tersebut. Law sempat menemukan sebuah Poneglyph di sebuah ruangan di istana Kaido, tetapi ternyata Ponegplyph tersebut bukanlah Road Poneglyph. Kemungkinan Road Poneglyph tersimpan di ruang bawah tanah di mana Yamato sedang menuju saat ini.

Sosok Misterius Yang Membantu Red Scabbards

Ketika nyawa dari para Red Scabbards hampir saja melayang dalam pertarungan melawan Kaido, mereka semua kemudian berhasil dipindahkan oleh teknik Shambles Law. Mereka kemudian bersembunyi di sebuah ruangan. Kita pun kemudian dikejutkan dengan kemunculan sosok misterius dalam siluet yang kemudian membantu merawat luka para Red Scabbards.

Yang masih menjadi misteri adalah siapa sebenarnya sosok misterius tersebut? Apakah memang merupakan Kozuki Toki? Apakah Kozuki Hiyori? Atau justru kita diperkenalkan dengan karakter baru lainnya? Banyak para fans yang mencoba menebak siapa sosok tersebut berdasarkan siluet yang dihadirkan. Mudah-mudahan saja karakter tersebut kembali muncul.

Bagaimana Nasib Shichibukai?

Sistem Shichibukai pada akhirnya dibubarkan, setelah dalam peristiwa Reverie sebelumnya para kerajaan yang ikut dalam acara tersebut menganggap justru para Shichibukai lebih banyak menimbulkan masalah dan ancaman dibandingkan memberikan rasa aman dan hal lainnya. Karena itulah sistem ini kemudian dihancurkan.

Dan dengan tidak ada lagi sistem Shichibukai, maka para mantan Shichibukai tersebut kini menjadi incaran angkatan laut. Bagaimana nasibnya saat ini masih belum diketahui, tetapi banyak fans yang kemudian beranggapan bahwa mereka akan sanggup menghadapi pasukan angkatan laut mengingat kedahsyatan kemampuan mereka.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2