Star Wars: Squadron merupakan film Disney mendatang yang akan melanjutkan semesta Star Wars di layar lebar. Sejauh ini Disney mempunyai serangkaian serial spin-off Star Wars yang akan tayang dalam beberapa tahun ke depan, termasuk The Mandalorian season 3, The Book of Boba Fett, Obi-Wan Kenobi, Andor, Ahsoka, dan masih banyak lagi. Berbeda dengan tayangan serial, sudah sejak lama Disney tidak merilis film Star Wars setelah Skywalker Saga (2015-2019) berakhir. Satu-satunya proyek film yang sudah dikonfirmasi adalah Star Wars: Squadron.

Belum banyak informasi yang mengungkap seperti apa film Star Wars: Squadron, begitu juga dengan jajaran aktornya. Yang jelas film ini akan disutradarai oleh sutradara Wonder Woman (2017), yaitu Petty Jenkins. Film yang disutradarai Jenkins ini rencananya akan bercerita tentang generasi baru pilot starfighter yang melakukan sebuah petualangan berbahaya demi masa depan galaksi, di mana nyawa mereka adalah taruhannya. Sayangnya beberapa waktu lalu, pengembangan film Star Wars: Squadron resmi ditunda.

Tidak jelas mengapa film Star Wars: Squadron ditunda, padahal sebelumnya Jenkins sempat mengatakan bahwa naskah filmnya hampir rampung. Awalnya beberapa penggemar sempat berspekulasi bahwa penundaannya berhubungan dengan rencana Jenkins dan DC yang akan segera memulai produksi film Wonder Woman 3 lebih cepat, sehingga jadwal produksinya bertabrakan. Namun, baru-baru ini terungkap ternyata alasan penundaan yang sebenarnya adalah karena perbedaan kreatif antara Jenkins dan Lucasfilm.

Kabar ini pertama kali datang dari Matthew Belloni di situs Puck. Belloni menuliskan bahwa Jenkins dan para eksekutif Lucasfilm tidak sepakat dengan naskah yang telah ada. Sedangkan Jenkins tidak ingin terlalu lama merevisi naskahnya untuk mengikuti keinginan Lucasfilm, mengingat saat ini dia juga akan segera menggarap film Wonder Woman 3, di mana Jenkins mendapatkan lebih banyak kebebasan. Belloni juga menambahkan bahwa Lucasfilm makin hari makin mengkhawatirkan di bawah kepemimpinan Presiden Lucasfilm Kathleen Kennedy.

Dengan terungkapnya alasan mengapa Star Wars: Squadron ditunda, setidaknya penggemar merasa sedikit lebih tenang, karena sekarang tidak perlu menyalahkan DC dan membuat situasi memanas dengan perang argumen di antara para penggemar DC dan Star Wars. Dengan masalah internal ini, sekarang sudah menjadi tugas Lucasfilm untuk menyelesaikan masalahnya dan menjelaskan pada penggemar bagaimana nasib Star Wars: Squadron selanjutnya. Apakah filmnya akan tetap dirilis pada tahun 2023 atau tidak. Kita tunggu saja perkembangan kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.