Siapa yang tidak mengenal Kevin McCallister? Dia adalah anak lucu dan menggemaskan dari film Home Alone (1990) yang sering mengisi musim liburan natal dan tahun baru di Indonesia, bahkan di seluruh dunia. Diceritakan bahwa dia tertinggal di rumahnya sendiri saat semua keluarganya pergi liburan ke Prancis. Ketika rumahnya didatangi dua orang pencuri Harry dan Marv, yang terkenal sebagai “Wet Bandits”, Kevin (Macaulay Culkin) harus menjaga rumahnya dari dua orang pencuri dewasa tersebut.

Kisah seru dan jenaka ketika Kevin memberi pelajaran pada kedua pencuri tersebut adalah faktor utama mengapa filmnya sangat digemari. Dan sekarang, film keenam dari waralaba, yaitu Home Sweet Home Alone kembali mengangkat kisah serupa dengan suasana yang lebih modern. Kali ini anak kecil bernama Max Mercer (Archie Yates) yang harus berurusan dengan sepasang pencuri yang tidak kalah konyolnya. Banyak penggemar yang bertanya apakah Kevin yang sudah dewasa hadir juga di filmnya? Berikut easter egg yang menandakan kehadiran Kevin McCalister di film Home Sweet Home Alone!

Kevin McCallister di Home Alone

Di film Home Alone, Kevin yang mengetahui bahwa dia tidak bisa menghadapi Wet Bandits secara langsung, mempunyai ide cemerlang dengan membuat rumahnya tampak ramai. Dia kemudian memasang jebakan yang dia rakit sendiri. Setelah berhasil memberi pelajaran pada Wet Bandits dan membuat mereka ditangkap oleh polisi, Kevin akhirnya bisa berkumpul lagi bersama keluarganya. Film pun berakhir dengan Kevin yang bahagia dan keluarganya yang berjanji tidak akan meninggalkan Kevin lagi.

Namun, sepertinya keluarga McCalister tidak pernah belajar dari kesalahan. Di film sekuelnya, yaitu Home Alone 2: Lost in New York (1992), Kevin lagi-lagi dibiarkan sendirian. Kali ini Kevin dibiarkan sendirian di tempat yang lebih luas lagi, yaitu Kota New York. Hal tersebut terjadi setelah Kevin salah naik pesawat ketika semua keluarganya pergi ke Florida. Ketika sedang menikmati kehidupan kota besar, dia harus kembali berhadapan dengan Wet Bandits.

Ketika Kevin tiba di sebuah toko mainan dan melihat Wet Bandits akan merampok toko tersebut. Kevin kemudian menggagalkan perampokan tersebut dengan menyalakan alarm toko. Sebelum Kevin lari, dia sempat mengambil foto wajah Harry dan Marv, di mana hal tersebut membuat para Wet Bandits mengejarnya. Dengan cerdas Kevin memancing Wet Bandits ke Central Park, di mana akhirnya para pencuri tersebut kembali ditangkap. Di akhir film, Kevin akhirnya bisa berkumpul kembali dengan keluarganya, dengan banyak hadiah yang dia dapatkan dari Mr. Duncan, pemilik toko mainan yang dia selamatkan.

McCallister Security

Dengan pengalamannya yang sangat berharga, bagi dirinya dan bagi keluarganya, tentunya kejadian tersebut tidak akan terulang sebanyak tiga kali. Di mana hal tersebut berdampak pada kehidupan masa depan keluarga McCallister. Walaupun Kevin tidak muncul secara langsung di film Home Sweet Home Alone ada beberapa easter egg yang menandakan kehadiran Kevin. Sepertinya pengalaman pada masa lampau membuat keluarga McCallister mendirikan sebuah perusahaan keamanan rumah yang disebut McCallister Security, di mana kemungkinan dijalankan oleh Kevin.

Dalam salah satu adegan, kita diperlihatkan bahwa rumah Max Mercer dilengkapi dengan sebuah sistem keamanan. Terlihat bahwa sistem keamanan tersebut disediakan oleh McCallister Security. Jika benar perusahaan keamanan tersebut didirikan oleh Kevin, berarti secara tidak langsung Kevin berniat membantu Max yang ditinggalkan keluarganya ke Jepang, dengan mengurangi risiko perampokan yang dilakukan oleh Jeff (Rob Delaney) dan Pam (Ellie Kemper). Walaupun sistem kemananannya tidak dilengkapi jebakan, setidaknya Kevin tidak ingin anak-anak mengalami kejadian serupa yang menimpa dirinya.

Kakak Kevin, Buzz McCallister

Sementara Kevin tidak menampakan batang hidungnya secara langsung, kakaknya yang bernama Buzz hadir di film ini sebagai polisi yang berkeliling di area rumah Max. Di dua film pertama Home Alone, Buzz adalah kakak yang menyebalkan, dia adalah orang yang telah membuat Kevin tertinggal di rumahnya dan juga yang menyebabkan Kevin secara tidak langsung terpisah saat pergi ke Florida. Semuanya selalu berawal dengan Buzz yang selalu merundung Kevin dan keluarganya tidak ada yang membela Kevin.

Entah bagaimana, ketika dewasa Buzz menjadi seorang polisi. Yang jelas dia cukup tegas ketika menjadi polisi, walaupun pada akhirnya dia juga mudah untuk dibohongi. Seperti ketika dia mendatangi rumah Max karena alarm McCallister berbunyi, Buzz dengan polosnya percaya bahwa rumah tersebut adalah milik Jeff dan Pam. Menariknya, ketika dia kembali berpatroli, Buzz sempat mengatakan bahwa setiap malam Natal, Kevin selalu membuat telepon lelucon pada polisi dan mengaku sendirian di rumah. Ternyata setelah dewasa, Kevin dan Buzz masih sering membuat lelucon satu sama lain.

Itulah beberapa easter egg yang mengindikasikan kehadiran Kevin di film Home Sweet Home Alone. Walaupun tidak menghadirkannya secara langsung, setidaknya film keenam ini menghargai Kevin dan keluarga McCallister dengan easter egg yang cukup menarik, mengindikasikan tentang apa yang dilakukan Kevin dan keluarganya setelah 29 tahun berlalu. Bagi kalian yang melewatkan easter egg ini, Geeks, saat ini kalian bisa menonton Home Sweet Home Alone dan semua film Home Alone di Disney+ Hotstar.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.