Dengan filmnya yang baru saja tayang, yaitu Eternals, para Eternal langsung mengukuhkan posisinya di Marvel Cinematic Universe sebagai ras kosmik yang bisa bergabung dengan superhero lain kapan saja. Di akhir film Eternals, kesepuluh Eternal Bumi mengalami nasib yang berbeda-beda, Ajak (Salma Hayek), Ikaris (Richard Madden), dan Gilgamesh (Don Lee) diceritakan tewas, kemudian Sprite (Lia McHugh) memilih untuk menjadi manusia biasa agar bisa tumbuh dewasa dan merasakan “kehidupan yang sebenarnya”.

Hanya enam Eternal Bumi yang tercatat masih aktif, itu pun Sersi (Gemma Chan), Phastos (Brian Tyree Henry), dan Kingo (Kumail Nanjiani) diculik oleh pencipta mereka, yaitu Celestial Arishem the Judge. Yang benar-benar selamat adalah Druig (Barry Keoghan), Thena (Angelina Jolie), dan Makkari (Lauren Ridloff). Mereka pergi ke ruang angkasa untuk memperingati Eternal lain tentang rencana sebenarnya para Celestial, di mana di tengah perjalanan mereka bertemu dengan Eternal Titan, yaitu Eros (Harry Styles). Bagaimana nasib mereka berikutnya? Dan di film apalagi kemugkinan mereka akan muncul? Simak di bawah ini.

Thor: Love and Thunder (2022)

Sementara film Eternals 2 kemungkinan masih jauh dari sekarang, maka ada kemungkinan para Eternal akan terlebih dahulu muncul di film-film MCU lainnya, dan kemungkinan yang pertama adalah film Thor: Love and Thunder. Eternal yang sangat mungkin hadir di film ini adalah Kingo, karena di film Eternals, Kingo sempat mengatakan bahwa dirinya sangat mengenal Thor sejak dia masih kecil, ketika dia selalu dibawa Odin ke Midgard. Mungkin yang lebih dikenal Kingo adalah Odin (Anthony Hopkins), tetapi bukan tidak mungkin Thor (Chris Hemsworth) akan mengingat Kingo juga.

Dan karena sekarang nasib Kingo sedang diperiksa ingatannya oleh Arishem untuk menentukan nasib Bumi, ada kemungkinan nanti Kingo bersama Sersi dan Phastos juga akan bertemu dengan Thor ketika dia sedang ke Bumi. Atau mungkin akan bertemu di ruang angkasa ketika ketiga Eternal ini dilepaskan begitu saja di ruang angkasa oleh Arishem, mengingat saat ini Thor sedang berada di ruang angkasa bersama para Guardians of the Galaxy. Bagaimana pun pertemuannya, yang jelas Kingo dan Thor mempunyai koneksi yang akan menarik untuk dimunculkan di film Thor: Love and Thunder. 

Black Panther: Wakanda Forever (2022)

Film Black Panther: Wakanda Forever kemungkinan akan bercerita tentang perseteruan Kerajaan Wakanda dengan Kerajaan Atlantis, di mana Namor akan melakukan debutnya. Jika benar begitu, maka Eternal bisa masuk ke dalam cerita film ini. Di akhir film Eternals, kebangkitan Celestial Tiamut telah mengubah permukaan Bumi, dan mungkin juga lautan, hal tersebut tentunya akan sangat berpengaruh terhadap Atlantis. Mungkin awal konflik Atlantis dengan Wakanda di mulai dari sini, Namor akan menuntut balas pada manusia permukaan karena Kerajaannya hancur.

Dia mengira bahwa manusia permukaan adalah penyebab semuanya. Ketika konflik berlangsung, hanya Eternal yang bisa menengahi dan menceritakan kejadian yang sebenarnya. Kemungkinan yang bisa menjadi penengah adalah Sersi. Ditemani oleh Kingo dan Phastos, dia bisa menjelaskan bahwa sebenarnya Celestial lah yang bertanggung jawab pada kerusakan yang terjadi di Atlantis. Pada akhirnya Namor akan sadar dan mulai menjalin perdamaian dengan manusia permukaan, memungkinkannya untuk bergabung dengan Avengers pada masa depan MCU.

Guardians of the Galaxy Vol. 3 (2023)

Saat ini, Eternal Druig, Thena, Makkari, Eros, dan juga Pip the Troll sedang berada di ruang angkasa untuk berkeliling galaksi dan menyadarkan para Eternal lain terhadap rencana Celestial. Pesawat Domo yang mereka tumpangi kemungkinan bersinggungan dengan pesawat Guardians of the Galaxy. Di film Guardians of the Galaxy Vol. 3 sudah dipastikan bahwa Adam Warlock (Will Poulter) akan melakukan debutnya, entah sebagai villain atau sebagai hero, atau keduanya sekaligus.

Jika diakhir film Adam Warlock akan bergabung dengan para Guardians, maka pertemuan mereka dengan Eternal akan sangat menarik. Di komiknya, Eros, Pip the Troll, dan Adam Warlock adalah sosok yang dekat dengan Thanos. Eros adalah adik kandung Thanos, Pip adalah orang yang menarik perhatian Thanos, dan Adam Warlock adalah orang yang memburu Thanos. Pertemuan mereka di credit scene GOTG 3, bisa mengarah pada terbentuknya tim super Infinity Watch.

Di Marvel Comics, Infinity Watch adalah tim super yang menjaga Infinity Stones agar tidak direbut oleh Thanos, di filmnya GOTG 3 nanti bisa saja tim ini akan menjaga galaksi dari para Celestial. Sedangkan untuk anggotanya, Infinity Watch atau entah apa pun namanya nanti, kemungkinan akan terdiri dari Eros, Pip, para Guardians, bersama tiga Eternal Bumi, yaitu Thena, Druig, dan Makkari. Baru dibayangkan saja tim super yang satu ini sudah sangat menarik, karena masing-masing akan mempunyai keunggulannya sendiri.

Black Knight 

Film lain yang mungkin menghadirkan Eternal tentu saja film atau serial solo Black Knight. Diperankan oleh Kit Harrington, Dane Whitman alias Black Knight baru saja melakukan debutnya di film Eternals. Di filmnya diceritakan bahwa dia mengenal beberapa Eternal, termasuk Makkari, Sprite, dan juga kekasihnya, yaitu Sersi. Jadi bukan mungkin lagi, tetapi kehadiran Eternal di film atau serialnya nanti adalah suatu keharusan.

Di akhir film Eternals, Dane melihat dengan mata kepala sendiri ketika Sersi diculik oleh Arishem the Judge. Ada kemungkinan di tayangan solonya nanti, Dane akan mencari Eternal yang masih ada di Bumi, dan tentu saya dia mengenalnya, yaitu Sprite. Karena Sprite telah menjadi manusia, dia tidak dibawa oleh Arishem, hal tersebut yang pada akhirnya bisa mengarahkan pertemuannya dengan Dane.

Di credit scene Eternals, Dane juga terlihat mulai menerima takdirnya sebagai Black Knight dengan membuka peti sakral Ebony Blade. Ebony Blade adalah pedang kutukan yang bisa membuat penggunanya haus darah, sejarahnya yang sangat panjang memungkinkan Sprite untuk mengetahuinya juga. Jadi, nantinya Sprite bisa saja menjadi sidekick Dane saat pertama kali menjadi Black Knight, sambil Dane bertanya tentang sejarah Ebony Blade pada Sprite yang telah hidup selama 7.000 tahun, sampai nanti akhirnya Dane kembali bertemu dengan Sersi. Untuk kapan waktunya, kita nantikan saja kabar selanjutnya.

The Avengers 5 

Sejauh ini masih belum jelas kapan The Avengers 5 akan dirilis, tetapi jika melihat kebiasaan Marvel Studios, biasanya setiap Fase MCU akan ditutup dengan film Avengers. Dan jika benar begitu, makan bukan tidak mungkin film The Avengers 5 akan menjadi penutup Fase 4 MCU yang rencananya akan selesai pada tahun 2023 atau 2024. Dengan diperkenalkannya Celestial Arishem the Judge di film Eternals, dan ditambah lagi dia yang akan memustuskan nasib Bumi selanjutnya, entah itu dihancurkan atau dibiarkan.

Kemungkinan besar Arishem the Judge akan menjadi “super-mega-villain” yang akan dihadapi oleh para Avenger di The Avengers 5. Sebelumnya kita juga sempat membahas bahwa kemungkinan para Avengers akan menjadikan jasad Celestial Tiamut sebagai markas baru Avengers, seperti di Marvel Comics, di mana Avengers memakai jasad Celestial Progenitor sebagai markas Avengers Mountain. Dengan musuh dan markas yang berhubungan dengan film Eternals, maka sudah menjadi suatu keharusan bagi para Eternal untuk bergabung dengan para Avengers.

Sebagai Prime Eternal, Sersi juga memegang kunci untuk mengalahkan Arishem the Judge, karena sebelumnya dia bersama Celestial lain telah mengalahkan Tiamut. Walaupun tidak mengalahkannya secara langsung, Sersi bisa saja melemahkan Arishem sampai ke tingkat agar dia tidak bisa menggunakan kekuatan kosmiknya untuk kabur. Nantinya para Avengers termasuk Eternal yang mendapatkan sedikit kekuatan kosmik dari jasad Tiamut, karena menggunakannya sebagai markas, akan langsung menyerbu Arishem.

Ada kemungkinan para Eternal juga bisa muncul di film MCU selain di daftar ini, tetapi sejauh ini hanya lima film ini yang mempunyai koneksi cukup kuat dengan para Eternal. Selain itu, Ikaris, Ajak, dan Gilgamesh juga masih mungkin untuk kembali muncul, mengingat salinan tubuh dan pikiran mereka masih tersimpan di markas Celestial. Sambil menunggu kembalinya para Eternal di Eternals 2, kita nantikan saja kehadiran mereka di film-film MCU yang akan datang ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.