Banyak yang mengira Superman adalah superhero terkuat di Justice League, bahkan di DC Universe. Namun, pada kenyataannya banyak superhero di Justice League yang sebenarnya di atas kertas jauh lebih kuat dari Superman. Mereka terkadang bisa melakukan time travel dan mempunyai sumber kekuatan yang tidak terbatas. Berbeda dengan Superman yang semua orang tahu kelemahannya, para superhero ini justru mempunyai kelemahan yang tidak jelas, bahkan nyaris tidak ada. Siapa saja mereka? Berikut 10 anggota Justice League yang lebih kuat dari Superman!

Batman

Mungkin Batman bukan karakter paling kuat di DC, dia tidak bisa menghancurkan beton dalam sekali pukulan, dua kali mungkin masih bisa. Namun, dia mempunyai “sesuatu” yang tidak dimiliki oleh superhero lain, bahkan oleh Superman, yaitu kekayaan dan keberuntungan. Entah mengapa setiap kali supervillain memukul Batman, misalnya Darkseid, Batman selalu bisa bertahan dan bisa bangkit kembali untuk menyusun strategi lain.

Begitu juga ketika dirinya melawan Superman, Batman selalu beberapa langkah lebih depan dari Superman. Walaupun dia menyimpan Kryptonite untuk rencana cadangan, tetapi dia selalu mengandalkan kemampuan aslinya terlebih dahulu. Belum lagi dia mempunyai data berharga yang disebut Babel Protocol, di mana isinya adalah semua kelemahan para anggota Justice League, termasuk Superman

Pada dasarnya Batman selalu mempunyai persiapan yang lebih matang dari musuhnya, begitu juga ketika dirinya melawan Superman di komik The Dark Knight Returns (1986). Di komik tersebut, walaupun pada akhirnya Superman menang, tetapi Batman tetap menjadi pemenang di hati penggemar karena berhasil melemahkan fisik dan mental Superman, sebelum akhirnya Batman pura-pura mati meninggalkan Superman yang bersedih.

Captain Atom

Banyak yang mengira bahwa Captain Atom adalah superhero terkuat di Bumi. Dengan memanfaatkan Quantum Field, Captain Atom bisa memperkuat dirinya dengan logam alien yang tidak bisa ditembus oleh apa pun, kemudian dia juga bisa memanipulasi energi kuantum, dan yang paling sakti adalah dia bisa melakukan time travel. Kekuatannya hanya dibatasi oleh imajinasinya saja selama dia bisa terus berimajinasi, maka Captain Atom bisa menyerap, mengontrol, dan menghasilkan energi dalam jumlah tak terbatas. Setidaknya jika dia mau, Captain Atom bisa meledakan dirinya bersama Superman.

Doctor Fate

Seperti yang kita tahu, sebagai anggota terkuat Justice Leageu, Superman mempunyai kelemahan remeh untuk menyeimbangkan kekuatannya yang dahsyat, salah satunya adalah lemah terhadap ilmu sihir. Dan di DC Universe, anggota Justice Leageu yang mempunyai kekuatan sihir paling dahsyat adalah Doctor Fate. Dengan helm yang dia kenakan, Doctor Fate mempunyai semua pengetahuan Nabu.

Nabu adalah salah satu Lords of Order dari sekelompok makhluk sihir yang sangat kuat. Kekuatan sihirnya digadang-gadang mampu membuatnya melindungi Bumi seorang diri. Dengan kekuatan Nabu ini, tentunya Superman bukan tandingan Doctor Fate. Selain sihir, dia juga mempunyai kekuatan penyembuh, time travel, dan keabadian. Sepertinya Superman akan berpikir dua kali, bahkan puluhan kali untuk melawan Doctor Fate yang diberkahi kekuatan sihir yang sangat dahsyat.

Firestorm

Firestorm adalah satu-satunya superhero yang mendapatkan kekuatannya dari ledakan Big Bang, sebuah ledakan ketika galaksi Bima Sakti tercipta. Superman saja tidak mempunyai kekuatan sesakti itu. Firestorm terdiri dari dua orang yang disatukan dengan Matriks Firestorm, dengan begitu jika Superman menghadapi Firestorm, dia sepert menghadapi dua orang sekaligus.

Secara kekuatan, Firestorm bisa mengeluarkan energi panas sampai ke tahap energi nuklir dan meledakannya. Bukan hanya itu, Firestorm juga bisa membesar dan mengecil, membuat mereka bisa menembus apa saja, termasuk pikiran Superman. Walaupun mungkin kekuatan Firestorm dapat menghancurkan Bumi juga ketika dia berhadapan dengan Superman, tetapi cukup jelas bahwa kekuatan panas mereka bisa melelehkan molekul apa pun, termasuk mungkin tubuh Superman.

Flash 

Dengan kecepatan yang dimilikinya, Flash adalah salah satu superhero terkuat di Justice League, dia bisa berlari secepat cahaya, bahkan saking cepatnya dia bisa menembus ruang dan waktu. Belum lagi dia bisa mengeluarkan listrik dari tinjunya. Siapa yang membutuhkan kemampuan untuk terbang, selama Flash bisa lebih cepat ketika berlari. Bukan hanya tubuhnya saja yang cepat, penyembuhannya sangat cepat, cara berpikirnya cepat, dan semua yang orang lain lakukan bisa dia lakukan dengan lebih cepat.

Dengan kecepatan yang dia miliki, Flash bisa membuat Superman tidak bergerak seperti patung, Memukulnya ribuan kali dalam sekali kedipan mata. Sebuah kekuatan yang sepertinya sangat didambakan oleh para supervillian yang ingin mengalahkan Superman. Dan dengan Speedforce yang dia miliki, Superman kemungkinan tidak bisa menyentuh Flash sama sekali.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.