Tom Holland adalah aktor muda yang namanya meroket setelah menjadi Spider-Man di Marvel Cinematic Universe. Sejauh ini Holland sudah lima kali berperan sebagai Spider-Man, tepatnya di film Captain America: Civil War (2016), Spider-Man: Homecoming (2017), Avengers: Infinity Wars (2018), Avengers: Endgame (2019), dan Spider-Man: Far From Home (2019). Dan sebentar lagi dia akan kembali dengan film solo ketiganya yang dijadwalkan rilis pada 17 Desember 2021, yaitu Spider-Man: No Way Home.

Di film ketiga nanti, Spider-Man akan menghadapi masalah yang jauh lebih berat dari sebelumnya. Setelah identitasnya dibongkar oleh Mysterio dan diketahui seluruh dunia, Peter kemudian mendatangi Sanctum Sanctorum untuk meminta bantuan pada Doctor Strange (Benedict Cumberbatch). Namun, bantuannya Strange justru malah membuka gerbang multiverse yang menyebabkan banyak karakter dari universe lain muncul, salah satunya adalah Doctor Octopus (Alfred Molina). Dengan masalah yang berat ini, kabarnya film Spider-Man: No Way HomeĀ digadang-gadang akan menjadi penutup kisah Spider-Man.

Dengan kabar tersebut, banyak yang mengira bahwa film Spider-Man: No Way Home adalah film terakhir Tom Holland di MCU. Seakan mengonfirmasi hal tersebut, baru-baru ini, Holland mengatakan bahwa dirinya siap membantu “anak muda” yang menjadi Spider-Man berikutnya. “Ketika mereka memilih anak muda di Spider-Man untuk menggantikan saya, apakah itu tahun depan atau dalam lima tahun lagi, saya akan mengajarinya tentang tanggung jawab menjadi Spider-Man,” kata Holland pada majalah Total Film.

Hak atas karakter Spider-Man sebenarnya tidak sepenuhnya dipegang oleh Disney dan Marvel Studios, melainkan oleh Sony yang sudah sejak lama memegang semua hak atas Spider-Man dan semua karakter di dunianya, termasuk musuh dan orang-orang terdekatnya. Sejauh ini masih belum diketahui apakah Sony akan memperpanjang kontraknya dengan Disney, terkait Spider-Man yang diperankan oleh Tom Holland. Karena jika tidak, ada kemungkinan Tom Holland benar-benar akan pensiun.

Walaupun begitu, sebenarnya masih banyak kisah Spider-Man Tom Holland yang bisa diekplorasi pada masa depan MCU, salah satunya adalah pertarungannya dengan Venom (Tom Hardy) yang sebelumnya mengisyaratkan crossover mereka. Namun, jika benar Holland harus pensiun, maka sarannya untuk menjadi “mentor” adalah ide yang baik, mengingat aktor yang akan menggantikannya nanti setidaknya membutuhkan saran dari orang yang sudah berpengalaman, karena Spider-Man bukan lah peran yang mudah.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.