Apa yang sebenarnya sedang direncanakan oleh Eiichiro Oda terkait sosok Shanks? Apakah dia akan muncul di Wano? Apakah dia akan ikut bertarung melawan Kaido dan Big Mom? Itulah segelintir pertanyaan yang muncul di benak para fans One Piece terkait dengan pesan Oda Sensei yang menyebutkan bahwa sosok Shanks akan mulai bergerak.

Dalam acara Jump Festa 2021 kemarin, seperti biasa Oda Sensei kembali memberikan pesan untuk para fansnya. Yang pertama, Oda memberikan selamat kepada para staff dan juga berterima kasih kepada semua pihak. Kemudian ada dua poin penting yang diungkapkan oleh Oda Sensei, yaitu di tahun 2021 ini volume manga One Piece akan menyentuh angka 100 dan juga chapternya yang mencapai angka 1000.

Kedua, Oda menyebutkan bahwa sosok “pria” tersebut akan mulai bergerak. Secara spesifik, Oda menggambarkan sosok “pria” tersebut dengan pemilik rambut warna merah. Meskipun Oda Sensei tidak menjelaskan secara gamblang siapa sosok tersebut, para fans sendiri meyakini bahwa sosok yang dimaksud Oda adalah Shanks si rambut merah.

Namun, menjelang akhir 2021 ini kita masih belum melihat apa yang akan dilakukan oleh Shanks. Padahal, tahun 2021 ini kemungkinan hanya menyisakan 7-8 chapter saja. Sebelumnya, banyak fans yang berspekulasi dan berteori bahwa ada kemungkinan Shanks akan datang ke Wano untuk membantu Luffy dan para Worst Generation mengalahkan kedua Yonko.

Hal tersebut dianggap masuk akal, mengingat Kaido dan Big Mom adalah dua karakter terkuat di serinya. Memang, Luffy saat ini sudah diperlihatkan berhasil mendapatkan peningkatan kekuatan. Dan sama halnya dengan Law dan Kid, mereka berdua diperlihatkan mendapatkan peningkatan kekuatan saat berhadapan dengan Big Mom.

Sosok Shanks sendiri terakhir diperlihatkan di arc Reverie, di mana dia bertemu dengan Lima Tetua Bintang untuk membahas mengenai seseorang. Sampai saat ini, kita masih belum tahu apa yang terjadi dengan Shanks, dan di mana posisi Shanks. Mungkin, bisa jadi prediksi para fans terbukti di mana dia saat ini sedang pergi menuju Wano.

Mengapa Shanks pergi ke Wano? Shanks memiliki koneksi dengan wilayah Wano. Seperti yang diketahui, dalam kilas balik Kozuki Oden diperlihatkan bagaimana Oden pernah menjadi kru bajak laut Roger. Shanks sangat mengenal sosok Kozuki Oden. Bahkan, saat Oden akan kembali ke Wano, dia sempat menawarkan diri untuk membantu Oden menyelesaikan masalah di Wano.

Tetapi, Oden menolaknya. Oden mengatakan bahwa semua itu adalah tanggung jawab klan Kozuki dan dia tidak ingin melibatkan orang lain. Saat ini kondisi Wano dalam bahaya. Shanks tentunya mengetahui kabar bahwa Big Mom dan Kaido menjalin aliansi. Dan Shanks pun tahu bahwa Luffy akan bertarung menghadapi makhluk paling kuat di dunia.

Inilah mungkin “pergerakan” yang dimaksud oleh Oda Sensei, yaitu dia pergi ke Wano dan ikut membantu mengalahkan Kaido dan Big Mom. Di sisi lain, ini tentunya bisa menjadi pisau bermata dua bagi Shanks. Karena, dengan membantu Luffy mengalahkan Kaido dan Blackbeard artinya Shanks ikut membantu menghancurkan sistem Yonko, yang mana hal itu bisa merusak keseimbangan dunia.

Selama ini Shanks hanya diam dan terus mencoba menjaga keseimbangan tersebut. Tetapi, mungkin Shanks sadar bahwa era sudah berubah. Akan muncul sosok baru yang akan menyambut era yang baru pula. Seperti yang diungkapkan oleh Marco, saat ini adalah eranya para generasi baru. Shanks akan membantu Luffy, tanpa peduli bahwa hal tersebut akan merusak tatanan Yonko yang sudah terbangun.

Pertanyaan selanjutnya adalah kapan Shanks akan muncul atau diperlihatkan dalam cerita? Oda Sensei sepertinya selaluĀ mistimingĀ atau meleset ketika memprediksi sesuatu. Misalnya pada 2017 Oda Sensei mengatakan bahwa arc Wano Kuni akan segera dimulai. Tetapi, pada kenyataanya baru pada pertengahan 2018 arc tersebut dimulai.

Seperti disebutkan di atas, bahwa tahun 2021 hanya tinggal menyisakan 7-8 chapter untuk diterbitkan. Hal ini dirasa terlalu “sempit” bagi Shanks untuk muncul dalam cerita dan memiliki peran penting di dalamnya. Tetapi, bisa saja Oda Sensei menghadirkan Shanks secara sekilas seperti yang terjadi di arc Marineford. Atau ketika di arc Reverie.

Berdasarkan hal tersebut, kemunculan Shanks kemungkinan akan terjadi pada 2022 mendatang. Bisa jadi Oda Sensei mempersiapkan hal ini untuk dihadirkan pada awal tahun nanti, seperti yang sudah biasa terjadi di mana Oda menghadirkan sesuatu yang spesial di awal tahun. Apakah artinya akan ada babak keempat dan kelima di arc Wano? Bisa jadi. Kita nantikan saja kemunculan Shanks pada chapter selanjutnya ya Geeks!