Kaum naga langit merupakan kelompok yang sangat berkuasa dalam dunia One Piece. Mereka dikenal sebagai “dewa” yang berada di kasta tertinggi manusia. Kaum naga langit memiliki status sebagai manusia paling berkuasa di dunia karena mereka diketahui merupakan keturunan dari “pencipta” dunia ini. Merekalah keturunan dari 20 kerajaan yang membangun Pemerintah Dunia.

Selain Pemerintah Dunia, kaum naga langit juga digambarkan sebagai salah satu antagonis utama dalam serinya dan mungkin mereka juga adalah sebenarnya antagonis terbesar. Terlepas dari status mereka sebagai “dewa” atau manusia paling sempurna atau keturunan pencipta, ada banyak hal yang dianggap aneh dari para kaum naga langit. Apa saja? Berikut pembahasannya.

Menggunakan Pakaian Khusus

Para kaum naga langit yang diperlihatkan dalam seri One Piece kebanyakan mengenakan sebuah pakaian khusus, yang mirip seperti pakaian astronot. Pakaian ini selalu mereka gunakan, terlepas mereka sedang berada di Mary Geoise atau pun di luar Mary Geoise. Ketika Saint Charlos muncul di kepulauan Sabaody, mereka kembali menggunakan pakaian yang sama ketika Reverie.

Berdasarkan informasi yang diketahui sejauh ini alasan mereka mengenakan pakaian astronot tersebut dikarenakan para kaum naga langit tidak ingin bersentuhan dengan rakyat biasa. Mereka juga tidak ingin menghirup udara yang sama dengan mereka. Terlepas dari hal itu, mereka justru nampak aneh dengan menggunakan pakaian tersebut.

Membawa Senjata Api, Tetapi Jarang Digunakan

Setiap kaum naga langit di cerita One Piece diketahui selalu membawa senjata bersama mereka, contohnya adalah pistol. Mereka sering kali mengancam rakyat biasa dengan senjata tersebut, tetapi sangat jarang kaum naga langit tersebut menggunakan atau menembakannya. Satu-satunya momen di mana kaum naga langit menembakan pistol mereka adalah ketika salah satu anak Saint Charlos menembak Hachi di pelelangan manusia.

Berdasarkan hal tersebut sangat disayangkan bahwa mereka jarang menggunakan senjatanya. Mungkin mereka sudah membawa senjata itu selama beberapa lama, tetapi karena mereka tidak memiliki kemampuan menembak yang mumpuni, kaum naga langit bisa dianggap sebagai pengguna senjata terburuk yang pernah ada.

Tidak Memakan Buah Iblis

Seperti yang dijelaskan di atas, kaum naga langit adalah kelompok manusia yang paling berkuasa di dunia One Piece. Karena hal itulah rasanya tidak heran jika mereka bisa mendapatkan akses untuk mendapatkan buah iblis – entah dengan cara membelinya atau dengan cara lainnya. Hal ini dikonfirmasi oleh Boa Hancock dan saudarinya. Para kaum naga langit menggunakan buah iblis untuk diberikan kepada budak-budak mereka. Semata-mata hal itu dilakukan demi hiburan mereka.

Yang anehnya adalah sejauh ini diketahui tidak ada satu pun kaum naga langit yang menggunakan, memiliki, atau memakan buah iblis. Doflamingo dan Rosinante memang pengguna buah iblis, tetapi mereka bukan lagi bagian dari kaum naga langit. Apakah mereka takut akan efek sampingnya? Apakah mereka tahu sesuatu di balik buah iblis?

Tidak Bisa Bertarung

Disadari atau tidak para kaum naga langit sering kali diperlihatkan sebagai sosok yang lemah. Mereka diketahui tidak memiliki kemampuan bertarung, tidak bisa bertarung, dan hanya mengandalkan kekuasaan mereka. Selain itu, jika sesuatu terjadi kepada mereka atau ada sesuatu yang tidak mereka sukai, kaum naga langit lebih mengandalkan angkatan laut untuk menyelesaikan hal tersebut.

Hal ini dirasa aneh, karena kaum naga langit merupakan keturunan dari 20 kerajaan yang membentuk Pemerintah Dunia. Mereka adalah orang-orang yang diketahui menaklukan Kerajaan Kuno. Bagaimana mungkin para keturunannya tidak memiliki kemampuan bertarung? Apakah mereka tidak diajarkan sedari kecil? Apakah para leluhur mereka sengaja lebih mengandalkan kekuasan dibandingkan kekuatan?

Tidak Memiliki Kecerdasan

Kembali, kaum naga langit merupakan kelompok yang memiliki status paling tinggi. Tetapi, dalam hal kecerdasan mereka bisa dibilang tidak terlalu menonjol. Mereka memiliki kekuasaan, mereka memiliki kekayaan untuk bisa membeli apa pun, mereka juga memiliki penjagaan luar biasa dari para admiral angkatan laut dan kelompok Cipher Pol, tetapi mengapa kemudian kecerdasan mereka begitu rendah?

Hampir setiap kaum naga langit yang dihadirkan dalam ceritanya selalu berperilaku buruk dan diperlihatkan tidak terlalu pintar. Ini tentunya menjadi pertanyaan besar mengingat mereka adalah kelompok yang dianggap berada di tatanan tertinggi. Tentunya ada alasan menarik di balik semua itu, apakah ini merupakan konsekuensi dari para leluhur mereka? Bisa jadi.

Itulah keanehan yang kaum naga langit miliki. Walau mereka sangat berkuasa, tetapi di satu sisi, mereka juga menyimpan banyak keanehan. Mungkin di masa depan, kita akan melihat lebih banyak keanehan dari kaum naga langit. Kita tunggu aja ya Geeks, penampilan mereka di chapter terbaru One Piece.

Irvan
Irvan adalah content writer yang berpengalaman lebih dari 5 tahun di bidang pop culture termasuk film, otaku stuff dan gaming. Di Greenscene, Irvan berfokus untuk coverage di topik seputar Otaku.