Salah satu karya terbaik Ridley Scott, yaitu Gladiator, adalah film drama sejarah yang perilisannya cukup fenomenal pada tahun 2000. Dengan anggaran 103 juta dolar atau sekitar 1,4 triliun rupiah, filmnya telah berhasil meraup pendapatan lebih dari 6,5 triliun rupiah, serta meraih berbagai macam penghargaan dari Academy Awards dan BAFTA Awards, sebagai film terbaik, aktor terbaik, sinematografi terbaik, kostum terbaik, efek visual terbaik, desain produksi terbaik, dan editing terbaik.

Pada saat itu, tidak ada yang mengira bahwa film tentang pertarungan arena barbar di Roma ini akan begitu menarik untuk disaksikan. Ternyata elemen drama pembalasan dendam dan politik kekuasaan menjadi beberapa faktor yang menyebabkan filmnya sukses. Gladiator bercerita tentang Maximus Decimus Meridius (Russell Crowe) yang mencoba untuk membalas dendam pada Kaisar baru Roma bernama Commodus (Joaquin Phoenix) karena telah membunuh anak dan istrinya. Pada akhirnya Maximus berhasil membunuh Commodus dalam pertarungan Gladiator, sebelum akhirnya dia juga mati karena lukanya.

Sementara tidak ada yang mengira sekuel Gladiator akan dibuat, ternyata selama ini diam-diam Scott telah menulis naskah Gladiator 2. Hari Minggu kemarin, Scoot mengaku pada Deadline bahwa naskah Gladiator 2 telah dia tulis. “Itu [Gladiator 2] sudah ditulis,” kata Scott. “Kami memiliki arah yang bagus, tempat yang bagus, dan logis untuk dilalui. Kita tidak bisa membuat film jenis Gladiator lain. Kita harus melanjutkan [film pertama] … ada cukup komponen dari film pertama untuk “mengambil bola” dan melanjutkannya.”

Sementara Scott tidak mau membocorkan ceritanya langsung, dia memberikan sedikit petunjuk tentang sumber inspirasinya. Dalam wawancara tersebut, Scott juga menjelaskan bahwa dia mendapatkan inspirasi dari sebuah lukisan berjudul For They About to Die karya Gérôme. Lukisan tersebut memperlihatkan seorang gladiator di Coliseum yang meminta izin pada kaisar untuk mengeksekusi lawannya. Setelah melihat lukisan tersebut Scott mengaku bahwa dia akhirnya berhasil mengembangkan naskah Gladiator 2.

Sebelumnya banyak penggemar yang berspekulasi bahwa film sekuelnya nanti akan berfokus pada karakter Lucius, kaisar muda yang menjadi penguasa setelah pamannya yang bernama Commodus tewas oleh Maximus di film pertama. Berdasarkan lukisan For They About to Die, mungkin filmnya akan menceritakan dilema Lucius menjadi kaisar baru Roma, yang harus bijaksana sekaligus tegas. Kita nantikan saja kelanjutan kabar tentang Gladiator 2 ini ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.