Red Notice adalah film aksi komedi yang belum lama ini tayang di saluran streaming Netflix. Filmnya bercerita tentang spesial agen FBI John Hartley (Dwayne “The Rock” Johnson) yang berusaha menangkap pencuri nomor nomor dua, Nolan Booth (Ryan Reynolds). Namun, konflik mereka tidak berhenti sampai di situ saja, karena kedatangan seorang pencuri nomor satu di dunia, yaitu Sarah Black (Gal Gadot), secara tidak langsung memaksa Nolan dan John bekerja sama untuk menangkap Sarah. Mereka bertiga kemudian berlomba-lomba untuk mendapatkan barang seni berharga, yaitu tiga telur Cleopatra.

Sementara filmnya berhasil menghibur dengan banyak adegan aksi dan komedinya, ternyata ada beberapa plot hole yang membuat filmnya sedikit membingungkan. Di akhir film yang disutradarai oleh Rawson Marshall Thurber ini, terungkap bahwa selama ini John bukanlah seorang FBI, melainkan rekan sekaligus kekasih Sarah di tim yang disebut “Bishop”. Betapa kagetnya Nolan mengetahui hal tersebut, padahal selama ini Nolan menganggap John sebagai sahabatnya yang sama-sama menderita “dad issue”. Apa saja misteri gantung di film Red Notice, simak di bawah ini, Geeks!

Latar Belakang Bishop

Saat film dimulai, kita diperlihatkan bahwa selama ini agen John Hartley mendapatkan informasi rahasia tentang Nolan Booth dari sosok misterius yang disebut “Bishop”. Sosok tersebut memberi tahu John mengenai lokasi selanjutnya yang akan dituju oleh Nolan, begitu juga dengan tempat persembunyiannya di Bali. Setelah Nolan ditangkap oleh interpol, terungkap bahwa Bishop adalah Sarah Black, yang juga akhirnya menjebak John dan membuatnya dipenjara bersama Nolan di sebuah penjara Rusia yang mempunyai pengamanan ketat.

Seakan plot twist tersebut masih kurang, di akhir terungkap kembali, bahwa John adalah agen ganda yang ternyata kekasih Sarah. Mereka kemudian mengaku bahwa selama ini Bishop dijalankan oleh mereka berdua. John mengaku bahwa dia sengaja berpura-pura menjadi teman Nolan agar dia membawanya ke telur ketiga Cleopatra, karena hanya Nolan yang mengetahuinya.

John dan Sarah akhirnya berhasil mengumpulkan ketiga telur Celopatra dan mendapatkan uangnya, sebelum Nolan bekerja sama dengan Interpol untuk membekukan rekening John dan Sarah. Film pun akhirnya berakhir tanpa ada adegan atau penjelasan tentang bagaimana Bishop terbentuk, dan bagaimana Sarah dan John bertemu kemudian menjadi sepasang kekasih. Alur film berjalan lurus terus ke depan tanpa ada satu pun flashback dari kisah John dan Sarah, di mana hal tersebut membuat “Bishop” muncul secara tiba-tiba dan gaib.

Tidak Ada yang Sadar Hartley Bukan FBI

Ketika pertemuan pertama John dan Nolan, semua mengira bahwa John benar-benar seorang agen FBI, termasuk Inspektur Interpol Urvashi Das (Ritu Arya). Sampai akhirnya Sarah berhasil mengambil telur Cleopatra kedua, baru Inspektur Das mengetahui bahwa tidak ada yang namanya agen John Hartley di FBI. Padahal mereka sudah melakukan misi di Roma, yang tampaknya menelan banyak biaya, dan juga penyergapan di Bali, yang juga pastinya tidak murah.

Hal tersebut menimbukan pertanyaan mengapa lembaga internasional sekelas Interpol bisa disusupi oleh seorang pencuri seperti John. Jawaban yang paling mungkin adalah bahwa selama ini John mempunyai kenalan orang dalam yang mempermudahnya untuk menyusup ke Interpol. Semoga saja kita bisa mendapatkan jawabannya jika Red Notice 2 dirilis pada masa yang akan datang ya, Geeks.

Nasib Ayah Nolan dan John

Setelah John ditangkap oleh Interpol dan dijebloskan ke penjara yang sama dengan Nolan. Di Penjara, Nolan bercerita bahwa alasan mengapa menjadi pencuri adalah karena saat dia masih kecil, ayahnya menuduhnya sebagai orang yang telah mencuri jam tangan kesayangannya. Sejak saat itu Nolan memutuskan untuk menjadi pencuri seperti yang selama ini ayahnya tuduhkan. Di sisi lain, setelah berhasil lolos dari Sotto Voce (Chris Diamantopoulos) dan berniat untuk mencari telur ketiga, John mengaku pada Nolan bahwa yang membuatnya menjadi FBI adalah karena ayahnya adalah seorang penipu.

Dari situ, mereka berdua seakan mempunyai latar belakang yang sama, yaitu dad issue yang memutuskan masa depan mereka, sebelum akhirnya John berkhianat pada Nolan. Yang jadi pertanyaan adalah apakah kisah tentang ayah mereka benar-benar terjadi? Sementara kisah Nolan kemungkinan benar-benar terjadi, karena dia mempunyai bukti yaitu jam tangan ayahnya, kisah John justru sangat membingungkan. Yang pertama karena dia ternyata buka FBI, dan yang kedua ternyata selama ini dia adalah seorang pencuri.

Namun, jika ayah John benar-benar penipu, dan ayah Nolan adalah polisi, bisa saja cerita keduanya saling bersinggungan pada masa lalu, di mana ayah John adalah buronan yang dicari oleh ayah Nolan. Belum lagi Sarah juga sempat mengaku bahwa kemampuan pencurinya dia dapatkan dari ayahnya, sehingga bukan tidak mungkin sejak awal ketiga ayah mereka pernah saling bertemu.

Dengan berbagai misteri gantung ini, semoga saja sekuel Red Notice bisa mendapatkan lampu hijau dari Netflix. Sebagai film yang tayang di layanan streaming, tidak aneh jika filmnya tidak begitu mendapatkan banyak perhatian dari para kritikus. Namun walaupun begitu, filmnya diterima dengan cukup baik oleh penggemar film aksi dan komedi, sehingga kedepannya mungkin ketiga misteri ini akan bisa terjawab di film Red Notice 2. Kita tunggu saja kabar selanjutnya ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.