Bagi para penyihir Jujutsu di seri Jujutsu Kaisen, teknik kutukan adalah senjata yang paling yang paling sering mereka gunakan untuk menghadapi para monster kutukan. Meskipun mungkin Geeks semua sudah tahu mengenai hal itu, tetapi di balik sebuah teknik kutukan yang ada para penyihir Jujutsu masih memiliki ruang untuk terus tumbuh.

Dan ketika seorang penyihir Jujutsu berkembang menjadi sosok yang kuat, maka kemampuan mereka pun akan sangat meningkat. Pada titik ini, mereka akan mampu menggunakan berbagai teknik rumit seperti halnya Maximum Technique. Mungkin sebagian Geeks masih ada yang ingat atau pun sudah lupa dengan tekniknya. Berikut adalah penjelasan mengenai Maximum Technique.

Apa Itu Maximum Technique

Maximum Technique atau teknik maksimum adalah pencapaian tertinggi dari penggunaan beragam teknik kutukan yang biasa digunakan oleh para penyihir Jujutsu. Ini adalah teknik tertinggi dan paling sempurna yang bisa dilakukan oleh seorang Jujutsu selain menggunakan teknik ‘Domain.’ Bisa dikatakan bahwa teknik maksimum adalah kartu as bagi para Jujutsu.

Kenjaku sendiri menggambarkan Maximum Technique sebagai sebuah teknik tingkat tinggi dari teknik kutukan selain domain expansion. Ini artinya teknik tersebut sangat penting untuk bisa dimiliki oleh penyihir Jujutsu. Tetapi, yang menjadi masalah adalah sangat jarang kita melihat Maximum Technique digunakan dalam cerita yang bisa diartikan bahwa untuk melakukan teknik ini sangatlah sulit. Sehingga rasanya masuk akal jika hanya sedikit penyihir Jujutsu atau arwah kutukan yang bisa menggunakannya. Tetapi, tidak menutup kemungkinan juga seseorang akan mampu menggunakannya setelah berlatih cukup lama.

Contoh Maximum Technique

Seperti yang disebutkan di poin sebelumnya, hanya sedikit saja yang mampu mempraktikan kemampuan Maximum Technique. Contoh pertama adalah Kechizu dan Eso. Kedua bersaudara ini merupakan bagian dari Death Painting, yang merupakan objek kutukan level khusus. Artinya keduanya merupakan monster kutukan dengan level khusus juga. Sehingga wajar jika kemudian mereka berdua bisa melakukannya.

Kechizu dan Eso menggunakan Maximum Technique ketika menghadapi Itadori dan Nobara. Eso bisa menggunakan Maximum: Wing King dari teknik Rot miliknya. Dengan teknik maximum ini, Eso akan mengeluarkan garis darah yang mampu merusak atau melukai lawannya. Selain menjadi salah satu teknik menyerang musuh, ini juga bisa meningkatkan pergerakannya.

Kechizu bisa menggunakan Maximum: Rot Decay, di mana dia bisa menghancurkan tubuh musuhnya. Contoh selanjutnya adalah Jogo. Jogo memiliki teknik maksimum Metero, seperti yang pernah diperlihatkan di arc Shibuya ketika menghadapi Sukuna. Dengan mengaktifkan teknik ini, Jogo mampu memanggil meteor dan mengarahkannya sesuka hati.

Terakhir adalah Geto Suguru. Geto memperlihatkan teknik maksimum miliknya dua kali yaitu di seri Jujutsu Kaisen 0 dan saat arc Shibuya. Teknik maksimum dari Geto adalah Uzumaki. Maximum: Uzumaki merupakan salah satu teknik maksimum yang paling dahsyat karena mampu mengekstraksi berbagai teknik kutukan lainnya.

Gojo Satoru Tidak Punya Teknik Maksimum?

Gojo Satoru adalah penyihir Jujutsu terkuat saat ini, dan rasanya sudah seharusnya Gojo pun memiliki teknik maksimum. Tetapi, sayangnya, sampai saat ini ada anggapan bahwa Gojo masih belum memperlihatkan teknik maksimum miliknya. Sempat ada kebingungan di kalangan para fans saat arc Hidden Inventory, di mana diduga Gojo menggunakan teknik maksimum miliknya.

Dalam pertarungan menghadapi Toji, Gojo menggunakan form Blue dari Limitless miliknya. Yang jadi masalah adalah teknik tersebut kemudian diterjemahkan sebagai “Maximum Blue: Azure Glow.” Ada juga terjemahan yang menuliskan “Maximum Technique Forward Output: Blue. Kemudian terjemahan lainnya menyebutkan Maximum Cursed Energy Output: Blue.

Pada intinya, Gojo Satoru mampu mengubah energi kosmik secara maksimum yang dia miliki ke Blue form. Dan berdasarkan penjelasan di atas, sejauh ini kita masih belum mengetahui apakah Gojo memiliki teknik maksimum. Jika pun dia memilikinya, kita masih belum tahu seperti apa kemampuan tersebut. Gojo diperlihatkan belum pernah secara maksimal menggunakan kemampuannya dalam menghadapi musuh.

Hal ini wajar, karena tanpa menggunakan teknik maksimum pun Gojo sudah menjadi penyihir terhebat. Sehingga mungkin rasanya tidak perlu jika Gojo – untuk saat ini – menggunakan teknik maksimum miliknya. Hal ini mungkin akan berubah ketika kita melihat pertarungan antara Gojo dan Sukuna di akhir ceritanya.

Maximum Technique merupakan teknik tingkat tinggi yang wajib dimiliki oleh setiap penyihir Jujutsu, karena dengan menggunakan teknik ini mereka bisa menghadapi musuh kuat. Untuk saat ini memang teknik ini belum terlalu banyak diekspos. Tetapi, mungkin kita akan melihat lebih banyak teknik ini dalam arc Culling Game.