Haki Penguasa sudah menjadi salah satu elemen penting dalam cerita One Piece saat ini. Karena, lawan yang dihadapi oleh para kru Topi Jerami dan juga Worst Generation lainnya semakin kuat dan dahsyat dalam hal kekuatan. Para musuh dari kru Topi Jerami ini sudah tidak lagi bisa dikalahkan dengan hanya mengandalkan Haki Senjata, melainkan menggunakan Haki Penguasa.

Hal ini bisa dilihat dari bagaimana Luffy kesulitan untuk membuat Kaido terluka, pada awalnya. Sampai kemudian Luffy mengetahui bahwa rahasia kemampuan dan kekuatan Kaido ada pada penggunaan Haki Penguasa. Sama halnya dengan Zoro, yang dengan menggunakan Haki Penguasa, dia mampu melukai Kaido dengan teknik Asura miliknya. Pertanyaannya kemudian apakah Sanji juga memiliki kemampuan Haki Penguasa?

Banyak dari para fans yang meragukan bahwa Sanji memiliki kemampuan Haki Penguasa, meskipun sebagian lainnya yakin bahwa Sanji pun memiliki kemampuan tersebut. Dan chapter 1031 kemarin sepertinya memberikan konfirmasi mengenai hal ini. Dalam chapternya Sanji menggunakan Haki Penguasa untuk melumpuhkan seorang wanita.

Sebenarnya, petunjuk mengenai Sanji memiliki kemampuan Haki Penguasa sudah diperlihatkan sebelumnya oleh Oda Sensei. Yang pertama adalah gambar sampul dari manga volume 100. Judul dari volume tersebut adalah “Hoshoku” atau yang bisa juga diartikan sebagai “Warna Penguasa.” Dalam gambarnya kita bisa melihat beberapa nama yang sangat populer.

Contohnya adalah Monkey D. Luffy, Yamato, Portgas D. Ace, Roronoa Zoro, dan tentunya Sanji Vinsmoke. Disadari atau tidak mereka adalah para pengguna Haki Penguasa (untuk Zoro baru saja dikonfirmasi bahwa dia adalah pengguna Haki Penguasa). Petunjuk selanjutnya adalah bagaimana para pengguna Haki Penguasa ini tidak sadar sudah menggunakan kekuatannya.

Ketika seorang karakter yang memiliki Haki Penguasa diketahui memiliki kemampuan epik tersebut, pada awalnya mereka tidak sadar bahwa mereka sudah menggunakannya. Contoh nyatanya adalah dalam pertempuran di Marineford, Luffy tanpa dia sadari menggunakan Haki Penguasa untuk menghentikan kedua algojo untuk mengeksekusi Ace.

Contoh lainnya adalah Zoro, dengan menggunakan teknik Asura, tanpa disadari melapisi serangannya dengan Haki Penguasa untuk melukai Kaido. Kemudian, dalam momen kilas balik Luffy, Ace diperlihatkan menggunakan Haki Penguasa tanpa sadar saat mencoba untuk melindungi Luffy dari serangan para bandit. Jadi, mereka semua menggunakan Haki Penguasa tanpa disadari.

Berdasarkan penjelasan di atas, Geeks mungkin bertanya-tanya bagaimana kemudian chapter 1031 kemarin mendukung teori bahwa Sanji menggunakan Haki Penguasa untuk melumpuhkan wanita tersebut? Pertama, Sanji berada di ruangan tersebut sendirian. Diketahui hanya Sanji dan wanita tersebut yang ada di ruangan itu ketika dia kemudian tiba-tiba tidak sadarkan diri.

Karena itulah kecil kemungkinan jika kemudian Sanji benar-benar menghajar wanita tersebut sampai tidak sadarkan diri seperti yang disampaikan. Sebagai tambahan, wanita yang mengaku dihajar Sanji tersebut mengatakan bahwa ekspresi wajah Sanji tiba-tiba berubah serius. Dan hal selanjutnya yang diketahui oleh wanita tersebut dia terbangun dan berada di lantai.

Seperti disebutkan di atas, bahwa pengguna Haki Penguasa pada awalnya tidak menyadari bahwa mereka memiliki kekuatan tersebut. Momen di chapter 1031 ini memperlihatkan bahwa Sanji tanpa dia sadari menggunakan Haki Penguasa untuk melumpuhkan wanita tersebut. Sebagian Geeks mungkin kembali berpikir bahwa wanita tersebut mengeluarkan darah, yang artinya Sanji tidak menggunakan Haki Penguasa untuk melumpuhkan wanita tersebut.

Oda Sensei sudah memberikan petunjuk lainnya terkait hal ini. Biasanya, mereka yang memang menjadi korban pemukulan atau benar-benar dihajar habis-habisan oleh orang lain akan memiliki bekas luka, khususnya pada bagian wajah. Bekas luka tersebut bisa berupa benjolan atau warna di sekitar mata berubah lebam. Atau bisa juga berbagai tanda lain.

Contoh hal ini adalah bagaimana Luffy akan benjol di bagian kepala jika melakukan hal bodoh, dan Nami yang menghajarnya. Saudara-saudara Sanji yang lain pun diperlihatkan tidak ragu menghajar wanita, yang mana di bagian wajah wanita tersebut terdapat benjolan dan luka lebam bekas pukulan yang menjadi bukti bahwa wanita tersebut memang benar-benar dihajar sampai tidak sadarkan diri.

Lalu, bagaimana dengan wanita yang bersama Sanji? Ada kemungkinan Sanji menggunakan Haki Penguasa miliknya dan membuat wanita tersebut tidak berdaya sampai jatuh ke lantai. Namun, sebelum jatuh ke lantai wanita tersebut sempat mengenai benda atau sesuatu yang membuat wajah atau kepalanya mengeluarkan darah. Bisa jadi juga, seperti yang disebutkan di artikel sebelumnya, wanita tersebut melukai dirinya sendiri dan mengatakan bahwa Sanji yang melakukannya. Kita nantikan saja ya Geeks konfirmasi dari Oda Sensei terkait hal ini.