Sebagai salah satu serial yang paling diantisipasi, Moon Knight akan berfokus pada karakter Marvel yang terkenal karena kehidupan kelamnya, yaitu Marc Spector (Oscar Isaac). Nantinya di serial yang berjumlah enam episode ini, Marc Spector alias Moon Knight akan menghadapi seorang villain misterius yang diperankan oleh aktor Ethan Hawke. Sementara karakter villain tersebut masih belum terungkap, Hawke sempat mengatakan bahwa karakternya sangat terinspirasi oleh sosok nyata David Koresh, pemimpin sekte sesat di Amerika Serikat.

Sejauh ini belum ada informasi yang mengungkap plot serial Moon Knight seperti apa. Namun, yang jelas serial aksi petualangan ini akan bercerita tentang Marc Spector yang menderita sebuah gangguan kepribadian ganda. Di komiknya, awal mula kisah Marc dimulai ketika dia menjadi tentara bayaran, kemudian dia dikhianati oleh bosnya dan ditinggalkan mati di padang pasir, sebelum akhirnya dewa Bulan Mesir kuno bernama Khonshu menghidupkannya kembali. Sejak saat itu, Marc menjadi vigilante bernama Moon Knight, dan sering melakukan aksi brutalnya pada malam hari.

Moon Knight Pionir Mistis MCU

Sementara banyak superhero Marvel sebelumnya yang membawa nuansa aksi, sci-fi, dan bahkan komedi, sepertinya serial Moon Knight akan membawa MCU ke arah yang lebih kelam dengan cerita mistis. Karakter Moon Knight pertama kali melakukan debut komiknya pada tahun 1975 di komik Marvel yang syarat akan cerita-cerita mistis, yaitu Werewolf by Night #32. Di komik tersebut diceritakan bahwa Moon Knight disewa untuk menangkap manusia serigala bernama Jack Russell. Namun, akhirnya Moon Knight berbalik membantu Jack karena sadar bahwa orang yang menyuruhnya ingin menjadikan Jack sebagai senjata.

Selain manusia serigala, Moon Knight juga pernah berhadapan dengan villain-villain lain yang erat dengan dunia kegelapan, yaitu Dracula dan Iblis Mephisto. Sebagai vigilante yang aktif pada malam hari, bukan tidak mungkin Moon Knight bertemu dengan villain-villain supernatural yang sering melakukan aksinya pada saat malam hari. Dari situ bisa disimpulkan bahwa mistis adalah tema yang tepat untuk serial Moon Knight. Dan hal tersebut seakan dikonfirmasi oleh teaser trailer terbaru Moon Knight yang dirilis dalam acara Disney+ Day kemarin malam.

Dari teaser trailer tersebut kita bisa merasakan nuansa mistis yang dibawa oleh Marc Spector. Dalam beberapa cuplikan terlihat bagaimana Marc bertukar identitas dengan kepribadian gandanya, kadang dia terlihat bersembunyi ketakutan, kadang dia juga terlihat menghajar musuhnya dengan cara brutal. Kemudian ada juga satu cuplikan di mana Marc berjalan di samping kaca, tetapi bayangannya tetap tinggal dan melihat ke arah Marc. Apa yang dihadirkan di teasernya, membuat serial Moon Knight lebih terasa seperti tayangan mistis yang mencekam.

Kehadiran Karakter Mistis Lain

Jika serial Moon Knight benar-benar menghadirkan tema mistis MCU, bukan tidak mungkin di serialnya nanti akan ada lebih banyak lagi karakter yang erat dengan tema mistis, baik supervillain maupun superhero. Karakter pertama yang kemungkinan muncul di Moon Knight adalah Dane Whitman alias Black Knight (Kit Harrington), yang baru saja melakukan debutnya di film Eternals. Di komiknya, Black Knight sering menggunakan Ebony Blade sebagai senjata andalannya, dan Ebony Blade sangat erat dengan kutukan yang membuat penggunanya menjadi haus darah.

Kemudian yang kedua adalah Blade, karakter yang sangat erat dengan tema mistis Marvel. Dia adalah manusia setengah vampir yang sering memburu vampir MCU pada malam hari. Blade (Mehersala Ali) dipastikan akan hadir pada masa depan MCU dengan film solonya sendiri, jadi bukan tidak mungkin dia akan unjuk kekuatannya terlebih dahulu di serial Moon Knight. Yang terakhir adalah Werewolf by Night (Gael García Bernal), musuh pertama Moon Knight di komik, sekaligus manusia serigala yang kabarnya akan melakukan debutnya di tayangan spesial Halloween Disney+ pada masa yang akan datang.

Masa Depan Tema Mistis di MCU

Dengan tema mistis yang pertama kali dibawa oleh serial Moon Knight ini, bisa dibilang serialnya akan menjadi titik awal mistis MCU, di mana kedepannya akan makin meluas dengan karakter mistis lainnya. Selain karakter yang sudah disebutkan di atas, Doctor Strange (Benedict cumberbatch) juga bisa bersinggungan dengan para karakter mistis ini, apalagi di komiknya Doctor Strange adalah karakter yang sering berhubungan dengan dunia gaib. Dengan begitu, kedepannya bisa saja mereka akan membentuk tim super seperti Avengers yang khusus menangani “ancaman gaib”, yaitu Midnight Sons.

Midnight Sons adalah tim supernatural yang pertama kali diceritakan pada tahun 1992 di komik Ghost Rider Vol 3 #31 karya Howard Mackie. Tim super ini dibentuk oleh Doctor Strange yang sengaja mengumpulkan sembilan manusia super yang mempunyai hubungan dengan hal mistis, yaitu Blade, Hannibal King, Frank Drake, Victoria Montesi, Louise Hastings, Sam Buchanan, dan Morbius, untuk membantu Ghost Rider mengalahkan supervillain Lilith yang berasal dari neraka.

Mengingat Morbius juga tercatat sebagai anggota Midnight Son di komik, ada kemungkinan juga live-action Morbius (Jared Leto) bisa terlibat dalam tim super Midnight Son versi MCU. Saat ini Morbius berada di Sony’s Spider-Man Universe bersama Venom (Tom Hardy), tetapi bukan tidak mungkin dia “dipinjam” ke MCU karena sekarang multiverse Marvel sudah terbuka, memungkinkan Doctor Strange untuk memanggilnya kapan saja. Moon Knight dan Morbius bisa diceritakan sebagai pendiri Midnight Son di MCU, sebelum akhirnya mereka merekrut anggota lainnya, seperti Dane Whitman dan Blade.

Semua kemngkinan ini hanya bisa terjadi jika serial Moon Knight menjadi pioner tema mistis MCU. Bagaimana menurut kalian, Geeks, apakah kalian setuju dan tertarik jika tema mistis dibawa oleh serial Moon Knight? Kita lihat saja nanti kebenarannya saat serial ini rilis di Disney+. Jika tidak ada halangan, serial Moon Knight diharapkan tayang pada tahun 2022 mendatang.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.