She-Hulk adalah karakter Marvel Universe berikutnya yang akan segera hadir dalam bentuk live-action di tayangan serial Marvel Cinematic Universe. Menjadi bagian dari Fase 4 MCU, serial She-Hulk akan bercerita tentang keponakan Bruce Banner (Mark Ruffalo) bernama Jennifer Walters (Tatiana Maslany) saat dia pertama kali mendapatan kekutan super dari radiasi gamma. Selain menghadirkan Hulk dan She-Hulk, serial yang digarap oleh Jessica Gao ini juga akan menghadirkan para villain yang juga terkenal karena kekuatannya, yaitu saingan Hulk yang dikenal sebagai Abomination (Emil Blonsky) dan Titania (Jameela Jamil).

Menariknya, di teaser trailer terbaru She-Hulk dalam acara Disney+ Day kemarin malam, Jennifer Walters alias She-Hulk terlihat mampu berbicara dengan penonton. Dalam salah satu cuplikan di teaser trailer tersebut terlihat Jennifer dan Bruce sedang berdiri berdampingan dengan nuansa serial TV The Incredible Hulk (1977). Jennifer yang melihat ke arah kamera kemudian berkata, “Kalian tidak akan menyukai saya ketika saya marah!” Sekilas tampak biasa saja, tetapi jika merujuk pada Marvel Comics, Jennifer tampak mempunyai kemampuan baru yang disebut “breaking the fourth wall”.

Breaking the Fourth Wall

Fourth Wall atau Dinding Keempat adalah dinding imajiner sebuah pertunjukan yang memisahkan antara penampil dengan penonton. Dalam pertunjukan nyata, istilah ini datang dari sebuah panggung yang tidak mempunyai dinding di depannya, sementara ketiga dinding di sekelilingnya tampak menjadi latar sebuah pertunjukan. Istilah ini kemudian diadaptasi dalam buku komik atau film di mana dinding keempat adalah layar atau lembaran komik.

Ketika ada seorang karakter mampu berinteraksi terhadap pembaca atau penontonnya, maka bisa dibilang karakter tersebut memiliki kemampuan breaking the fourth wall atau mendobrak dinding keempat, di mana kemampuan ini adalah sesuatu yang spesial bagi karakter Marvel. Awalnya kemampuan ini hanya dimasukan sebagai bentuk hiburan agar pembaca atau penonton lebih masuk ke dalam ceritanya. Namun, banyak penggemar menilai bahwa karakter Marvel yang mempunyai kekuatan ini berarti dirinya mempunyai tingkap kepekaan yang sangat sakti dibanding karakter lainnya.

Karakter yang mempunyai kemampuan ini mungkin bisa dihitung dengan jari. Dan yang paling terkenal adalah Wade Wilson alias Deadpool. Karakter yang melakukan debutnya di komik New Mutants #98 (1990) ini awalnya tidak mempunyai kekuatan sakti ini, sampai akhirnya pada tahun 1999, penulis Joe Kelly membuat Deadpool mempunyai kekuatan baru ini di komik Deadpool Vol. 3 #28.

Sejak saat itu, dan bahkan sampai hadir dalam bentuk live-action di film Deadpool (2016) dan Deadpool 2 (2018), dia bebas berinteraksi dengan penonton. Selain Deadpool, karakter Marvel lainnya yang pernah memiliki kemampuan ini adalah Gwenpool, Blonde Phantom, Loki, Spider-Man, dan She-Hulk. 

She-Hulk dan Break 4th Wall-nya

Sementara Spider-Man dan Loki tidak selalu mempunyai kemampuan Break 4th Wall, She-Hulk justru sama seperti Deadpool dan Gwenpool yang cukup sering memperlihatkan kemampuan ini di Marvel Comics. Bahkan She-Hulk melakukannya jauh lebih dahulu dari Deadpool! She-Hulk adalah superheroin Marvel yang diciptakan oleh sang legenda Stan Lee pada tahun 1979 di komik Savage She-Hulk #1. Sepuluh tahun kemudian akhirnya dia mendapatkan komik solonya sendiri, di mana dia mendapatkan kekuatan sakti ini.

Pada tahun 1989, di komik solonya yang berjudul Sensational She-Hulk #1 karya John Byrne, She-Hulk mengancam akan menghancurkan komik X-Men milik pembaca jika mereka tidak membeli komiknya. Sejak saat itu, She-Hulk sering terlihat berbicara dengan penggemar komiknya. Kadang-She-Hulk juga beradu argumen dengan pembaca, di mana hal tersebut menjadi hiburan tersendiri dan cukup unik pada saat itu.

She-Hulk Breaks 4th Wall di MCU?

Dengan sejarah di komiknya yang sudah cukup sering melakukan Break 4th Wall, dan juga dengan teaser trailer serial She-Hulk yang baru saja diungkap, apakah itu artinya Jennifer Walter alias She-Hulk akan mempunyai kemampuan unik ini di MCU? Jawaban singkatnya mungkin “Iya”, ada banyak faktor yang membuat She-Hulk memerlukan kekuatan sakti ini. Yang pertama adalah karena memang sudah sejak lama penggemar setia Marvel mengenal She-Hulk bisa melakukan Breaks 4th Wall, sehingga jika ini dihadirkan di serialnya maka karakter Jennifer Walter akan terasa lebih lengkap.

Yang kedua, dengan kemampuan ini, Jennifer dapat membuat serial She-Hulk menjadi lebih unik dari serial MCU lainnya, ditambah lagi dengan kekuatan ini penggemar juga bisa merasa ikut terlibat dalam petualangan She-Hulk di serialnya nanti. Jika Marvel Studios benar-benar melibatkan kemampuan ini di serial She-Hulk nanti, artinya dia akan menjadi karakter kedua di MCU setelah Deadpool yang bisa melakukan Break 4th Wall. Akan menarik melihat bagaimana nantinya She-Hulk berinteraksi dengan kita. Saat ini serial She-Hulk diharapkan tayang di Disney+ pada tahun 2022 mendatang.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.