Pada tahun 2021 ini, Marvel Studios mulai mengembangkan semesta Marvel dengan cara baru, yaitu dengan melalui berbagai tayangan serial yang tayang secara eksklusif di Disney+. Dimulai dengan serial WandaVision, semesta Marvel terus meluas dengan The Falcon and the Winter Soldier, kemudian dengan Loki yang memperlihatkan bagaimana multiverse Marvel terbuka, dan animasi What If…? yang memperlihatkan seperti apa dampaknya.

Beberapa hari lagi, kita juga akan segera melihat salah satu Avengers beraksi, yaitu Clint Barton, di serial Hawkeye yang dijadwalkan rilis pada tanggal 24 November 2021. Dan selain serial yang tayang pada tahun ini, Marvel juga sudah mempersiapkan judul-judul serial menarik yang akan tayang pada tahun 2022, termasuk What If…? Season 2, Ms. Marvel, She-Hulk, Moonknight, Secret Invasion, dan kemungkinan Ironheart.

Baru-baru ini, Dalam acara Disney+ Day yang berlangsung semalam, Marvel telah merilis beberapa logo baru dari serial yang akan tayang pada tahun 2022 tersebut, seperti logo What If…? Season 2 yang diberi tambahan tulisan “Season 2” di bawahnya, kemudian logo baru She-Hulk dengan latar perkotaan pada malam hari, logo baru Secret Invasion dengan tulisan berwarna hijau yang mengisyaratkan Skrull, logo Ironheart dengan lambang hati besi di belakangnya, dan masih banyak lagi.

Selain logo baru, Marvel juga mengumumkan beberapa serial baru yang akan tayang pada masa depan MCU. Yang pertama adalah serial Agatha: House of Harkness yang akan berfokus pada karakter Agatha Harkness (Kathryn Hahn), villain di serial WandaVision, dengan kepala penulis WandaVision Jac Schaeffer akan kembali menjadi penulisnya. Yang kedua adalah serial Echo yang akan berfokus pada karakter Maya Lopez alias Echo (Alaqua Cox) yang sebentar lagi akan terlebih dahulu tampil di serial Hawkeye.

Yang ketiga adalah serial animasi Spider-Man: Freshman Year yang akan menceritakan awal mula Peter Parker MCU menjadi Spider-Man seperti di komiknya. Yang keempat adalah serial animasi Marvel Zombies yang merupakan serial spin-off dari What If…? Season 1, yang bercerita tentang Bumi dan para superhero Marvel ketika terkena wabah zombie. Selain serial MCU, Marvel juga mengumumkan serial animasi X-Men ’97 yang akan melanjutkan kisah serial animasi asli X-Men (1992), berbeda dengan ketiga serial lainnya, serial X-Men ’97 ini akan berada di timeline-nya sendiri, tidak di MCU.

Melihat banyaknya kabar baru yang diumumkan Marvel dalam acara Disney+ Day semalam, sepertinya semesta Marvel akan jauh lebih luas dari yang selama ini kita pikirkan, ada Marvel Zombies yang berada di universe alternatif, dan juga animasi X-Men ’97 yang berada di luar MCU. Sejauh ini hanya judul dan logo saja yang baru diumumkan oleh Marvel mengenai serial-serial barunya, jadi kita nantikan saja kabar selanjutnya ya, Geeks.

Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.