Dalam beberapa chapter terakhir di seri One Piece, para fans dibuat terkejut dengan banyaknya peningkatan kekuatan dari beberapa karakter dalam waktu yang berdekatan. Contohnya adalah kita melihat bagaimana Sanji mendapatkan kekuatan yang merupakan hasil rekayasa genetik Vinsmoke Judge bertahun-tahun yang lalu. Kemampuan tersebut bangkit setelah Sanji menggunakan Raid Suit.

Kemudian kita juga melihat bagaimana Trafalgar Law dan juga Eustass Kid mendapatkan tambahan kekuatan berupa kebangkitan buah iblis mereka, yang sempat digunakan untuk menghajar Big Mom. Jika kita menilik lebih jauh lagi, kita bisa melihat peningkatan kekuatan yang dimiliki oleh Luffy dengan teknik Ryo dan juga Haki Penguasa Tingkat Lanjut. Atau ketika Nami pada akhirnya mendapatkan salah satu Homies Big Mom, Zeus.

Menarik memang melihat bagaimana peningkatan kekuatan ini terjadi di waktu yang hampir bersamaan. Ada kemungkinan bahwa skala pertempuran yang sangat masif serta tekanan pertempuran yang tinggi pada akhirnya memaksa mereka untuk melampaui batas kemampuan, yang pada akhirnya menjadi pemicu peningkatan kekuatan khususnya kekuatan buah iblis.

Pertanyaanya kemudian siapa lagi karakter yang mungkin akan mengalami peningkatan kekuatan? Jika melihat situasi saat ini, Brook mungkin adalah karakter yang akan mengalami peningkatan berupa bangkitnya kemampuan buah iblis miliknya. Brook merupakan pemakan buah iblis Paramecia bernama Yomi Yomi no Mi, di mana pemakan buah iblis ini masih bisa hidup setelah dia tewas.

Tetapi, hal tersebut hanya bisa dilakukan sekali. Buah iblis ini sebenarnya kurang begitu diperhatikan alias underrated, jika dibandingkan buah iblis epik lainnya. Padahal, jika melihat ceritanya kemampuan buah iblis Yomi Yomi sangat luar biasa. Contohnya adalah bagaimana Brook mampu mengendalikan dan memengaruhi jiwa-jiwa yang ada di dalam Homies milik Big Mom, sesuatu yang tidak semua orang mampu untuk melakukannya.

Mengapa kemudian Brook yang akan membangkitkan buah iblisnya? Saat ini, Brook dan Nico Robin berada dalam situasi yang berbahaya. Mereka dikejar oleh agen CP-0 yang memiliki perintah untuk menangkap Nico Robin. Tentunya Brook tidak akan begitu saja menyerahkan Robin kepada mereka. Dan Brook akan melawan dengan kemampuannya. Yang jadi masalah adalah kita tidak pernah tahu seberapa kuat orang-orang CP-0 itu.

Dalam chapter 1031 Robin mengatakan bahwa para karakter yang mengenakan topeng yang mengejar mereka bukanlah sosok sembarangan. Artinya para anggota CP-0 ini memiliki kekuatan dan kemampuan yang dahsyat yang mungkin akan membuat Robin dan Brook kewalahan. Belum lagi kondisi Robin saat ini tidak memungkinkan untuk ikut bertarung, karena dia kehilangan banyak sekali energi saat berhadapan dengan Black Maria.

Dengan kondisi tersebut, tidak ada cara lain bagi Brook untuk bertahan dan melawan. Dan di saat inilah Brook kemudian akan mampu untuk membangkitkan kemampuan buah iblis Yomi Yomi miliknya. Masih belum diketahui seperti apa kemampuan dari awakening Yomi Yomi milik Brook, namun terdapat sebuat teori menarik mengenai kemungkinan kekuatan dari buah iblis ini.

Contohnya adalah Brook kemungkinan akan mampu merasuki jiwa dari orang lain dan kemudian mengendalikannya. Dengan begitu, Brook bisa melakukan apa pun dengan tubuh yang dia rasuki. Misalnya menyerang rekannya atau menghajar dirinya sendiri. Ada juga kemungkinan bahwa Brook akan mampu meledakan sesuatu yang kemudian disebut sebagai “Master Exploder.”

Situasi yang mendesak seperti saat ini tentunya bisa membuat Brook pada akhirnya membuka potensi terbesar dari buah iblis miliknya, dan menjadi salah satu karakter lain yang diperlihatkan mampu melakukan hal itu. Brook akan membangkitkan buah iblisnya demi melindungi Nico Robin, dan tentunya menarik untuk menantikan akan seperti apa awakening dari Yomi Yomi no Mi ini. Bagaimana menurut kalian Geeks?