War Machine

Siapa yang tidak mengenal War Machine? Sebagai sahabat Iron Man, bisa dibilang War Machine adalah sidekick paling beruntung di antara yang lain. Hal itu karena dia didukung dengan banyak teknologi canggih Stark dan juga terangkat namanya karena selalu bersama Stark. Namun, dampaknya adalah dia selalu berada di balik bayang-bayang Iron Man. Memulai debutnya di komik Iron Man #118 (1978), James Rhodes alias War Machines awalnya hanya seorang pilot dan pengawal pribadi Tony Stark. Sampai akhirnya dia membuktikan bahwa dirinya sanggup mengenakan armor Iron Man.

Dalam perjalanannya untuk menjadi lebih dikenal, James telah mendapatkan banyak kostum canggih, termasuk Iron Patriot. Pada akhirnya penggemar berpikir bahwa alasan mengapa dia tidak pernah dibahas sebagai penerus Iron Man langsung, adalah karena dia superhero War Machine yang saat ini layak untuk berdiri sendiri, bukan sebagai penerus.

Wasp

Wasp adalah superheroin Marvel yang sangat erat hubungannya degan Ant-Man Hank Pym, khususnya sebagai sidekick. Mempunyai nama asli Janet Van Dyne, Wasp pertama kali muncul di komik Tales to Astonish #44 (1963). Pada saat itu superheroin kurang begitu diminati oleh penggemar. Namun, pada akhirnya karakter Wasp terus dikembangkan dengan baik, sampai akhirnya dia menjadi salah satu superheroin terbaik Marvel.

Apalagi setelah dirinya menguasai kekuatan Partikel Pym yang membuatnya bisa membesar juga seperti Ant-Man. Dimulai dari karakter yang dipandang sebelah mata, Wasp akhirnya membuktikan bahwa dirinya layak menjadi superheroin terbaik Marvel. Saat ini Wasp mempunyai kemampuan untuk berubah ukuran, mengendalikan serangga, dan menebakan energi listrik alami dari tangannya.

Winter Soldier

Winter Soldier awalnya adalah Bucky yang terkenal sebagai sidekick dari Captain America di komik Captain America Comics #1 (1940). Namun, sebuah kejadian memaksanya berubah menjadi Winter Soldier. Setelah sempat dianggap mati, Bucky sebenarnya diselamatkan oleh Uni Soviet yang akhirnya mengubah Bucky menjadi Winter Soldier.

Lengannya kemudian diganti dengan lengan sibernetika di mana hal tersebut membuatnya makin kuat. Selain itu dia juga mendapatkan Formula Infinity yang membuatnya seperti Captain America, tidak menua dan kemampuan fisiknya meningkat drastis. Sejak menjadi Winter Soldier, dia pernah mengambil identias Captain America. Dia juga pernah memimpin tim supervillain Thunderbolts. Syukurnya, pada akhirnya Winter Soldier memilih untuk menggunakan kekuatannya untuk kebaikan.

Ketujuh superhero yang memulai kariernya sebagai sidekick ini membuktikan bahwa jika mereka mau mengembangkan kemampuannya, maka untuk lebih dikenal sebagai superhero terbaik bukan lah hal yang mustahil. Pada akhirnya mereka bisa berdiri dengan kaki mereka sendiri dan lebih dikenal sebagai superhero tunggal, yang bahkan sepertinya justru mereka membutuhkan sidekick.

1
2
Egie
Egie adalah content writer yang memiliki passion tinggi untuk topik pop culture seputar komik, film dan series. Bergabung sejak tahun 2021, kini Egie menjadi salah satu sosok paling di andalkan untuk covering berbagai hal seputar pop culture.