Marvel adalah tempatnya segudang superhero yang memulai karirnya sebagai superhero solo. Umumnya, para superhero tersebut memutuskan bergabung dengan tim super untuk meningkatkan kekuatannya. Tidak banyak superhero Marvel yang “menggunakan” jasa sidekick untuk membantu mereka dalam setiap misinya.

Namun pada akhirnya, mereka sadar bahwa mereka membutuhkan seseorang yang selalu mendukungnya. Sehingga kemudian, beberapa superhero tersebut mulai mempunyai sidekicknya sendiri. Sampai akhirnya, sidekick tersebut tumbuh menjadi superhero dengan kekuatan dahsyat yang memungkinkannya untuk berdiri sendiri. Siapa saja mereka? Berikut 7 sidekick dengan kekuatan dahsyat di Marvel Universe!

Falcon

Sam Wilson alias Falcon adalah superhero yang memulai karirnya sebagai sidekick Captain America di komik Captain America #117 (1969). Awalnya dia adalah sidekick yang hanya mempunyai kemampuan akrobatik. Namun, pada akhirnya Black Panther memberinya teknologi Wakanda yang memungkinkan Falcon untuk bisa terbang dengan bebas.

Sebagai superhero yang bisa terbang, Falcon sering membantu Captain America, terutama ketika pertarungan di angkasa. Oiya Geeks, walaupun awalnya Falcon adalah sidekick, tetapi ia juga mempunyai “sidekicknya” sendiri, yaitu seekor burung Falcon. Dalam perjalanannya sebagai superhero, Falcon pernah dikenal sebagai mutan, dan dia juga pernah mendapatkan kekuatan Cosmic Cube, sampai pada akhirnya, Captain America memilih Sam sebagai penerus Captain America yang baru. Dia kemudian menjadi satu-satunya Captain America yang bisa terbang.

Jane Foster

Jane Foster memulai debutnya sebagai kekasih Thor di komik Journey into Mystery #84 (1962). Kedekatannya dengan Thor membuat Jane dikenal oleh anggota Avengers lain. Dia beberapa kali berperan sebagai dokter untuk para Avengers. Sampai akhirnya Thor tidak bisa lagi mengangkat Mjolnir karena kehilangan kelayakannya, kemudian Jane yang pada saat itu sedang menderita penyakit kanker, berhasil mengangkat Mjolnir dan menjadi Thor yang baru.

Seakan belum cukup, Jane yang akhirnya mengembalikan Mjolnir pada Thor, mengambil identitas baru sebagai Valkyrie. Dia sering terlihat menemani Thor dan menjadi bantuan yang paling dibutuhkan olehnya. Posisinya sebagai Valkyrie pada saat ini membuktikan bahwa Jane bisa menjadi siapa saja, dan juga bisa menggunakan kekuatan seperti apa pun.

Jubilee

Jubilee adalah seorang mutan yang melakukan debutnya sebagai sidekick Wolverine di komik Uncanny X-Men #244 (1989). Kekuatan Jubilee sangat unik, dia mempunyai kemampuan untuk memanipulasi energi dan menggunakannya seperti kembang api. Sementara kemuncuan pertama kalinya kurang begitu berhasil, karena kekuatannya dianggap terlalu biasa, pada akhirnya banyak penggemar yang mulai menyukai Jubilee.

Sejak saat itu kekuatannya berkembang. Dengan kemampuan energi warna-warni yang dia miiliki, Jubilee menjadi mutan yang berguna untuk mengalihkan perhatian musuh atau membutakannya. Pada satu titik di Marvel Comics, bahkan Jubilee pernah menjadi vampir untuk waktu yang singkat, sebelum akhirnya dia kembali sebagai Jubilee yang memiliki kekuatan kembang api.

Rick Jones

Melakukan debutnya di komik Incredible Hulk #1 (1962), Rick Jones adalah seorang sidekick yang memiliki rekam jejak paling panjang. Dia pernah menjadi Bucky untuk Captain America dalam waktu yang singkat. Kemudian dia juga menjadi sidekick dari Captain Marvel yang asli yaitu Mar-Vell, dan saat Mar-Vell diganti oleh anaknya yang bernama Ganis-Vell, Rick masih tetap setia menjadi sidekick.

Selama Rick menjadi sidekick, dia paling sering menjadi sidekick Hulk. Karena sering bertemu dengan Hulk, Rick akhirnya terpapar radiasi gamma, di mana hal tersebut memungkinkannya berubah menjadi monster A-Bomb yang sama kuatnya dengan Hulk. Dengan kekuatan barunya ini, A-Bomb sering bertarung dengan Red Hulk dan membuat tugas Hulk makin mudah.

BERSAMBUNG KE HALAMAN 2

1
2
An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.