Celestials adalah entitas kosmik kuno yang dianggap sebagai Dewa Ruang Angkasa oleh sebagian besar makhluk di galaksi. Di Marvel Comics, diceritakan bahwa pada saat alam semesta pertama kali tercipta, First Firmament menciptakan entitas hitam-putih yang disebut Aspirants, dan entitas warna-warni yang disebut Celestials. Sementara Aspirants sangat menuruti kemauan First Firmament, Celestials justru mengalahkan Aspirant dan mengusir First Firmament dari alam semesta. Sejak saat itu, mereka menjadi entitas kosmik yang juga hobi menciptakan dan menghancurkan berbagai macam kehidupan.

Salah satu ciptaan terbaiknya adalah Eternals, yang saat ini filmnya sedang tayang di biokop Indonesia. Terkenal sebagai pencipta dan penghancur, tidak ada yang tahu seberapa besar kekuatan yang dimiliki oleh para Celestials. Konon para Celestials ini mempunyai kekuatan sakti yang berada di luar nalar manusia biasa. Dengan kekuatan kosmik yang mereka miliki, secara garis besar kemampuan Celestials meliputi kekuatan mahakuasa dan energi kosmik absolut. Untuk mengetahui apa saja yang bisa mereka lalukan dengan kekuatan tersebut, simak faktanya di bawah ini!

Tidak Terikat Ruang dan Waktu

Sebagai makhluk mahakuasa, para Celestials bisa hadir di mana saja dan kapan saja  sesuai dengan keinginan mereka. Di buku All-New Official Handbook of the Marvel Universe A to Z #2 (2006), diceritakan bahwa keberadaan Celestials melebihi struktur ruang dan waktu, sehingga mereka tidak seperti manusia yang bisa menua dan mati.

Luasnya alam semesta juga bukan kesulitan bagi mereka, sementara beberapa superhero harus terbang dengan pesawat ruang angkasa atau menggunakan Bifrost seperti Odin dan Thor, Celestials justru bisa berpindah-pindah galaksi sesuka hati mereka dan bahkan bisa berada di multiverse secara bersamaan. Selain itu, karena tidak terikat ruang dan waktu, mereka juga bisa mewujudkan dirinya dalam ukuran apapun, kadang seukuran manusia, kadang juga menampakan dirinya sebagai raksasa yang mempunyai tinggi 600 meter.

Menciptakan Kehidupan di Galaksi

Kekuatan kosmik absolut milik Celestials memungkinkan mereka untuk menciptakan kehidupan dari mulai galaksi sampai semua isinya. Seperti yang terlihat di trailer Eternals ketika Celestials bernama Jemiah the Analyzer menciptakan sebuah pocket dimension atau galaksi mini. Secara spesifik mereka juga menciptakan Eternals dengan memodifikasi DNA manusia purba. Selain Eternals, Celestials juga menciptakan ras tandingan Eternals yaitu Deviants.

Konon selain menciptakan kehidupan secara langsung, Celestials juga memasukan X-Gene ke tubuh manusia purba (Homo Erectus). Gen ini adalah ciptaan Oneg the Prober yang mencoba memaksimalkan potensi kekuatan manusia. Namun, ternyata gen ini tidak langsung bekerja pada Homo Erectus, melainkan turun pada Homo antecessor, kemudian pada Homo neanderthalensis. Sampai akhirnya pada manusia yang melahirkan Homo Superior yang dikenal sebagai mutan.

Diceritakan juga di komik Fantastic Four Vol. 3 #24 (1999) bahwa ada Celestials yang bisa mengubah realitas suatu alam semesta dan seluruh kehidupan di dalamnya, agar lebih sesuai dengan keinginannya. Di film Eternals, diceritakan bahwa Celestial terlahir dari sebuah planet, di mana planet tersebut berfungsi sebagai telur yang mengerami Celestial dengan energi kehidupan makhluk hidupnya. Dan saat waktunya tiba, Celestial akan bangkit dari dalam perut planet dan menghancurkannya, untuk kemudian Celestial tersebut menciptakan galaksi baru.

Memusnahkan Seluruh Kehidupan

Di buku All-New Official Handbook of the Marvel Universe A to Z #2 juga dijelaskan bahwa ada dua Celestial yang bisa memusnahkan seluruh kehidupan dengan kekuatan mereka, Celestial tersebut adalah Arishem the Judge dan Exitar the Exitar the Executioner. Di komik Thor #300 (1980), diceritakan bahwa kekuatan Arishem sendiri jauh lebih sakti daripada gabungan kekuatan tiga dewa terkuat di galaksi, yaitu Odin, Zeus, dan Vishnu.

Ada satu lagi Celestial yang kekuatan pemusnahnya lebih sakti dari Arishem dan Exitar, dia adalah gabungan dari tiga Mad Celestial. Kekuatan yang dimiliki oleh gabungan Mad Celestial ini bahkan diakui oleh Galactus sangat mengganggu misinya untuk memakan planet. Dan seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Celestial di MCU juga akan menghancurkan sebuah planet ketika dirinya lahir, baru setelah itu dia kemudian menciptakan kehidupan baru lainnya. Tetapi pada dasarnya, penghancuran sebuah planet atau pemusnahan kehidupan adalah hal yang mudah bagi Celestial.

Mendekati Keabadian

Dibandingkan dengan Thanos, masing-masing Celestial memiliki kekuatan yang jauh lebih sakti. Bisa dibilang Celestial adalah entitas kosmik yang abadi, atau setidaknya sangat sulit untuk dilukai, apalagi dibunuh. Selain dibekali dengan kekuatan kosmik absolut, para Celestial juga dilengkapi dengan armor yang sangat kuat, di mana serangan yang dapat menghancurkan sebuah planet tidak bisa menembus armornya. Di komik FF #14 (2012), diceritakan bahwa Ultimate Nullifier sekali pun tidak bisa membunuh Mad Celestial. Padahal Ultimate Nullifier adalah senjata terkuat di galaksi yang bisa menghancurkan timeline.

Selain itu, Celestial juga dapat meregenarasi tubuhnya yang terluka, jauh lebih cepat dari hanya sekadar healing factor. Dan walaupun pada akhirnya ada Celestial yang mati, para Celestial yang lain bisa menghidupkan Celestial yang mati tersebut dengan mudah. Dan yang lebih tidak masuk akal lagi adalah satu Celestial dapat mengorbankan dirinya untuk menghidupkan para Celestial lain yang telah mati. Jadi bisa disimpulkan bahwa kematian tidak ada dalam kamus Celestial.

Dengan semua kekuatan yang dimiliki oleh Celestial ini cukup jelas bahwa dia adalah salah satu entitas kosmik terkuat di alam semesta, bahkan dibanding dengan supervillain seperti Thanos, Ultron, atau Kang the Conqueror, sebenarnya Celestial berada di tingakatan yang sangat jauh berbeda. Sepertinya akan menarik melihat bagaimana para makhluk di MCU mengetahui keberadaan Celestial, yang secara otomatis membuat diri mereka sendiri tampak kerdil. Kita nantikan saja kehadiran Celestial di MCU kedepannya ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.