Setelah lama penantian, GTA The Trilogy – Definitive Edition akhirnya dirilis pada 11 November kemarin. Menariknya, kita bisa memainkan game remaster ini diberbagai platform, dari mulai PlayStation 4, PlayStation 5, Nintendo Switch, Xbox One, Xbox Series X/S, dan PC. Berbasis Unreal Engine, GTA The Trilogy – Definitive Edition mengusung banyak pembaruan dari aspek grafis. Nah untuk lebih jelasnya, apa saja sih perubahan grafis yang dimasukkan dalam GTA The Trilogy – Definitive Edition? Simak di bawah ini ya Geeks pembahasannya!

Draw Distance Lebih Baik

Nah ubahan paling terasa dalam gamenya adalah draw distance yang menjadi lebih baik. Dalam GTA The Trilogy – Definitive Edition, para pemain dapat melihat pemandangan yang jauh lebih luas. Bangunan, pohon-pohon, atau objek lainnya (yang berada sangat jauh) masih terlihat jelas, dan memiliki tekstur tajam. Tidak ada lagi bagian yang “terlambat” ketika dirender. Untuk menghasilkan draw distance yang baik memang dibutuhkan kartu grafis berperforma tinggi. Oleh sebab itu, draw distance di GTA lawas sangat terbatas, mengingat saat itu belum ada kartu grafis memumpuni.

Fitur Pencahayaan

Ray Tracing memang tengah hype belakangan ini. Bagaimana tidak? Dengan fitur Ray Tracing yang diimplementasikan dalam sebuah game, para pemain dapat melihat pencahayaan yang realistis. Nah untuk GTA The Trilogy – Definitive Edition, sayangnya Rockstar tidak memasukan fitur tersebut. Tapi walau begitu, Rockstar tetap memberikan perubahan yang signifikan pada pencahayaan dalam gamenya. Cahaya dari lampu, kendaraan, dan matahari bahkan menghasilkan bayangan yang lebih baik, ketimbang GTA versi lawas. Perubahan yang dilakukan dirasa cukup, walau dengan absennya fitur Ray Tracing. Lagipula, jika GTA The Trilogy – Definitive Edition menyertakan Ray Tracing, dibutuhkan spesifikasi hardware yang memumpuni untuk menunjangnya.

Wajah Karakter Semakin Detail

Geeks tentunya masih ingat dengan wajah buram dari tiap karakter di GTA versi lawas. Bahkan untuk sekedar mengingat wajah karakter lainnya, para pemain akan kesulitan mengingatnya. Beruntung karena di GTA The Trilogy – Definitive Edition, Rockstar memberikan peningkatan detail wajah. Rockstar membuat wajah setiap karakternya menjadi sangat jelas dan mudah diingat. Yang harus dicatat bahwa Rockstar hanya menambahkan detail ketajaman, dan tidak menambahkan facial animation pada tiap karakternya. Jadi, jangan berharap setiap karakter memiliki ekspresi wajah layaknya di game-game masa sekarang.

Efek Tembakan yang Lebih Nyata

Tembak-tembakan menjadi bagian penting dari game GTA. Inilah yang menjadi nilai jual utama dari serinya, di mana para pemain dapat menembak siapapun, tanpa terkecuali. Yap dalam gamenya, para pemain diberikan kebebasan menggunakan banyak senjata berbeda. Tentu, tembakan yang dihasilkan masing-masing senjata berbeda satu sama lain. Nah Geeks, di GTA The Trilogy – Definitive Edition, Rockstar mempermanis efek tembakan di gamenya. Selain itu, visual api yang dihasilkan ketika ledakan atau yang berasal dari Molotov dan Flamethrowers mendapat perubahan yang signifikan. Efek-efek visual tersebut tentunya menambahkan keasikan saat bermain.

Tone Warna Berbeda

Bagian terakhir yang tidak kalah penting adalah tone warna yang berbeda. Jika di versi GTA lawas memiliki tone warna pucat, lain halnya dengan versi terbaru. Di sini, kita bisa melihat warna yang lebih vibrant, dan lebih akurat dengan warna asli. Misalnya warna aspal yang terlihat lebih gelap, atau warna tumbuhan yang lebih hijau. Rockstar sepertinya sengaja menampilkan warna yang lebih realistis di setiap objek. Bahkan permukaan logam pun memiliki kilau yang lebih baik ketimbang di versi lawas.

Itulah berbagai perubahan visual yang dihadirkan dalam gamenya. Walaupun perubahan yang dilakukan minor (karena hanya remaster), tetapi cukup membuat pengalaman bermain menjadi lebih baik. Sambil menunggu GTA 6 yang kabarnya masih dalam tahap pembuatan awal, rasanya GTA The Trilogy – Definitive Edition menjadi pilihan tepat untuk menemani waktu bermain kita. So menurut kalian, apakah versi remaster ini layak dibeli?

Restu is a general trouble maker of Greenscene.co.id, he's operate on movie review and original content with some reporting job. He think that he is Tony Stark, with semi-bald head.