Celestial adalah entitas kosmik Marvel yang tujuan dan keberadaannya sangat misterius. Dengan jumlah yang tidak diketahui, Celestial sering terlihat di beberapa planet untuk melakukan penghakiman, baik itu dengan memberinya kehidupan, maupun pemusnahan massal planet tersebut.

Dengan kekuatan yang mereka miliki, Celestial bisa melakukan apa saja terhadap suatu planet, termasuk Bumi. Khusus Bumi, ada empat tahapan yang mereka lakukan sebelum penghakiman, dan empat tahap tersebut dikenal sebagai Celestial Host. Apakah itu? Simak penjelasannya di bawah ini, Geeks.

First Host – Bereksperimen

Maksud kunjungan pertama Celestial ke Bumi adalah untuk berekperimen. Pada kunjungan pertamanya Celestial yang tiba jutaan tahun lalu bereksperimen dengan ras yang paling dominan di Bumi, dan pada saat itu ras paling dominan adalah manusia purba. Mereka kemudian menciptakan berbagai ras baru dari makhluk asli Bumi tersebut.

Yang pertama adalah Homo immortalis atau yang lebih dikenal sebagai Eternal, mereka adalah ras superior yang diberkahi kekuatan kosmik. Sedangkan yang kedua adalah Homo descendus atau yang lebih dikenal sebagai Deviant, ras jahat dengan gen yang tidak stabil, sehingga penampilan mereka cenderung buruk rupa. Selain itu, Celestial juga memasukan gen khusus ke dalam manusia purba, yang pada akhirnya melahirkan manusia spesial yang disebut mutan. Selain Bumi, Celestial juga melakukan kunjungan pertama yang sama ke planet Hala dan Skrullox, di mana mereka berekperimen dengan Kree dan Skrull.

Second Host – Memeriksa Keseimbangan

Pada kunjungan kedua, Celestial akan memeriksa apakah ciptaan mereka sudah melakukan segala sesuatunya dengan benar atau tidak. Kunjungan kedua Celestial ke Bumi terjadi pada 18.000 tahun sebelum masehi. Mereka ingin mengetahui apakah Eternal dan Deviant dalam keadaan seimbang atau tidak, dan bagaimana nasib ras asli di Bumi itu sendiri. Pada kunjungan kedua ini Celestial melihat bahwa Eternal tampaknya terlalu sering mengabaikan manusia, sehingga Deviant yang pertumbuhannya lebih cepat justru lebih banyak memperbudak manusia.

Melihat ketidak-seimbangan ini, Celestial kemudian menghancurkan kerajaan Deviant yang disebut Lemuria. Pada saat yang sama, Kerjaan Atlantis juga membuka celah magma untuk mengusir para Deviant. Kunjungan kedua ini menyebabkan runtuhnya Lemuria dan tenggelamnya Atlantis, di mana permukaan Bumi berubah drastis. Di kunjungan kedua ini juga Celestial Tiamut ditidurkan oleh Celestial lain di Pegunungan Diablo, California, karena konfliknya dengan Arishem the Judge.

Third Host – Pembersihan

Celestial kemudian kembali dengan kunjungan ketiganya pada tahun 1.000 masehi. Kali ini mereka bertujuan untuk mencegah makhluk luar Bumi untuk ikut campur dengan kehidupan di Bumi. Di mana pada saat itu, di Bumi justru sudah ada dewa-dewa yang mendudukinya, termasuk Odin, Zeus, dan Vishnu yang membuat para manusia menyembah mereka.

Melihat masalah ini, kemudian Celestial Arishem the Judge melakukan tindakan dengan menyerang rumah para dewa tersebut, seperti Asgardian dan Olimpus. Merasa kalah telak oleh Arishem, kemudian para dewa dipaksa berjanji untuk tidak pernah mengganggu makhluk Bumi selama 1.000 tahun ke depan. Itu lah mengapa sejak tahun 1000 dewa-dewa mulai ditinggalkan oleh para manusia.

Final Host – Penghakiman

Kunjungan keempat Celestial adalah mimpi buruk bagi semua mahkluk hidup yang tinggal di dalam planet eksperimen Celestial. Pada kunjungan keempat ini, Celestial akan memutuskan apakah sebuah planet akan dihancurkan atau dibiarkan begitu saja. Di Bumi sendiri, kunjungan terakhir Celestial terjadi pada abad ke-20. Banyak penilaian yang dilakukan oleh Celestial di kunjungan keempatnya ini, salah satunya adalah menilai apakah manusia layak untuk tetap hidup atau tidak.

Celestial memeriksa kelayakan tersebut melalui ingatan para Eternal Bumi, melihat kehidupan manusia yang terbentang selama jutaan tahun. Selain memeriksa sendiri, Celestial juga diyakinkan oleh para dewa yang sebelumnya diusir dari Bumi. Pada akhirnya Odin dan Zeus berhasil meyakinkan Celestial untuk membiarkan Bumi, karena para manusia telah membantu mereka menciptakan dewa-dewa muda. Celestial yang merasa puas kemudian meninggalkan Bumi, setelah menghapus semua ingatan manusia tentang Celestial.

Dengan berakhirnya empat tahap kunjungan ini, berarti Celestial telah memutuskan nasib sebuah planet, baik itu dihancurkan atau dibiarkan. Dalam kasus Bumi, planet dan semua isinya dibiarkan apa adanya, karena semuanya dianggap layak untuk tetap melanjutkan kehidupan. Menariknya, di film Eternals baru-baru ini, tampaknya Celestial Arishem the Judge langsung melakukan tahapan sebelum Final Host, dengan menculik dan memeriksa ingatan Eternal Sersi, Kingo, dan Phastos untuk mengetahui apakah Bumi layak diselamatkan atau tidak.

Berarti kemungkinan besar Arishem akan kembali pada masa depan MCU untuk melakukan penghakiman yang sebenarnya. Akan menarik melihat bagaimana para superhero Bumi dan semua manusia di dalamnya menghadapi penghakiman Arishem nantinya. Ada kemungkinan penghakiman tersebut akan terjadi di Eternals 2, di mana para Eternal nantinya akan mencegah penghancuran Bumi oleh Arishem. Atau di Avengers 5, di mana para superhero akan bersatu untuk melawan Celestial Arishem the Judge. Kita nantikan saja kelanjutannya ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.