Dane Whitman adalah karakter Marvel yang sangat erat hubungannya dengan pedang sakral Ebony Blade. Di Marvel Comics, Dane mengambil identitas sebagai superhero Black Knight. Versi live-action Dane Whitman baru saja melakukan debutnya di film Eternals. Di filmnya, Dane diceritakan mempunyai hubungan dekat dengan Eternal Sersi. Sementara awalnya dia memperlihatkan dirinya sebagai orang biasa, ternyata di credit scene Eternals terungkap bahwa selama ini dia menyimpan Ebony Blade. Nah sebelum kita lebih jauh menyaksikan penampilan Dane Whitman di MCU, ada baiknya kita berkenalan lebih dalam dengan karakternya dan pedang ikoniknya. Simak uraiannya di bawah ini ya Geeks!

Dane Whitman

Di film Eternals, Dane yang diperankan oleh Kit Harrington diceritakan sebagai kekasih Eternal Sersi pada masa sekarang, di mana mereka berdua bekerja sebagai profesor di London, Inggris. Setelah muncul singkat saat terjadi penyerangan Deviant di London, Dane kembali muncul menjelang akhir film. Sebelum sempat mengatakan rahasia yang selama ini dia pendam pada Sersi, Celestial Arishem datang dan menculik Sersi. Kemudian di credit scene Eternals Dane kembali muncul dengan adegannya sendiri di mana dia memberanikan untuk membuka kotak yang berisi Ebony Blade.

Di akhir filmnya, Dane sempat mengatakan pada Sersi bahwa dia mempunyai hubungan yang rumit dengan keluarganya, sama seperti di Marvel Comics. Dane pertama kali melakukan debutnya di komik Avengers #47 (1967). Diceritakan bahwa Dane adalah orang yang mewarisi identitas Black Knight dan senjata Ebony Blade, yang sudah diturunkan pada generasi berikutnya sejak zaman Raja Arthur. Pada zaman tersebut, identitas Black Knight dipegang oleh kesatria abad pertengahan bernama Sir Percy of Scandia, yang merupakan leluhur Dane Whitman.

Dari Sir Percy, identitas Black Knight dan Ebony Blade akhirnya sampai pada paman Dane yang bernama Nathan Garrett. Di mana sesaat dirinya hampir mati, Nathan memberikan semua warisan Black Knight pada Dane. Sementara awalnya Dane agak sulit beradaptasi dengan tanggung jawab barunya, pada akhirnya dia mulai terbiasa sebagai Black Knight yang menggunakan Ebony Blade. Sejak saat itu Dane menjadi seorang anggota tetap Avengers.

Bersama Avengers, Black Knight pernah membantu para Avengers saat menyerang markas Masters of Evil, kemudian dia juga pernah membantu Doctor Strange untuk mengalahkan ancaman dari dimensi lain yaitu Tiboro, dan dia juga pernah bertarung melawan Kang the Conqueror. Selain Avengers, Dane juga bergabung dengan tim superhero Inggris yang disebut MI13, beberapa anggotanya yang terkenal adalah Captain Britain dan Excalibur.

Dane Whitman hanyalah seorang manusia biasa, tetapi dia pandai menggunakan pedang dan berkuda. Selain itu dia mengetahui banyak informasi tentang sihir, di mana hal tersebut sangat berguna baginya saat menjadi Black Knight yang kebal terhadap ilmu sihir. Sama seperti di film Eternals, Dane juga seorang profesor yang terkenal karena kecerdasannya dalam bidang sains dan teknologi.

Ebony Blade

Konon Ebony Blade adalah salah satu senjata mematikan di alam semesta. Diceritakan bahwa Ebony Blade adalah senjata yang ditempa oleh Sir Percy dari batu meteor hitam yang ditemukan oleh Penyihir Merlin. Setelah selesai ditempa, Merlin kemudian memberikan sihir kuat pada pedang tersebut. Ebony Blade mempunyai ciri khas berwarna hitam, mengisyaratkan bahwa sudah banyak nyawa yang menjadi korban dari pedang kutukan ini. Marvel menjelaskan bahwa Ebony Blade adalah pedang yang dikutuk oleh semua korban Sir Percy, Black Knight pertama.

Tidak banyak yang bisa menggunakan Ebony Blade. Hal itu karena kutukannya perlahan-lahan merusak jiwa penggunanya dan membuatnya hilang kendali serta haus darah. Saat penggunanya kehilangan kendali, Ebony Blade akan memaksa penggunanya untuk mengeluarkan banyak emosi negatif. Serta, makin banyak darah yang ditumpahkan, maka makin kuat Ebony Blade dan penggunanya. Ketika Ebony Blade berhasil menguasai kejiwaan penggunanya dan berhasil menelan banyak korban, pada akhirnya Ebony Blade akan mengubah penggunanya menjadi makhluk mengerikan yang disebut Bloodwraith

Selama Dane menggunakan Ebony Blade, dia terus melawan kutukan tersebut, walaupun pada akhirnya dia tidak akan bisa menguasai Ebony Blade sepenuhnya. Potensi maksimal dari Ebony Blade sampai saat ini masih misteri. Bersama Dane, pedang tersebut berhasil mengeluarkan berbagai macam kemampuan, termasuk kekebalan terhadap ilmu sihir, mampu menebas berbagai macam benda, membuka portal menuju dimensi lain, dan membuat penggunanya tidak bisa mati. Menariknya, Ebony Blade juga bisa dipanggil oleh penggunanya seperti Mjolnir milik Thor.

Di credit scene Eternals, ketika Dane membuka kotak kuno Ebony Blade, terlihat tulisan “Mors mihi lucrum” yang artinya “Kematian adalah hadiah”. Ketika Dane hendak memegang Ebony Blade tersebut, tiba-tiba sebuah suara dari latar belakang berbicara pada Dane, “Apakah kau yakin telah siap?” Dan film Eternals pun akhirnya selesai. Lantas siapa suara misterius tersebut?

Suara Misterius di Credit Scene Eternals

Banyak penggemar yang penasaran dengan pemilik suara misterus tersebut. Baru-baru ini, sutradara Eternals Chloé Zhao mengonfirmasi bahwa suara tersebut berasal dari karakter Marvel lain yang akan segera melakukan debut MCU-nya. Dia adalah Blade yang akan diperankan oleh aktor Mahershala Ali. Blade adalah anti-hero setengah vampir setengah manusia yang mendedikasikan hidupnya untuk melawan vampir di Marvel Universe.

Walaupun sudah dikonfirmasi oleh sutradara, pertemuan antara Blade dan Black Knight masih menjadi misteri karena mereka tidak terlalu dekat di Marvel Comics. Walaupun begitu, ada satu kesamaan antara Black Knight dan Blade, mereka sama-sama superhero Inggris yang menjadi anggota MI13 di Marvel Comics. Sementara kerja sama mereka terbilang singkat di MI13, mereka juga sama-sama pernah berada di tim Avengers, walaupun tidak pada saat yang bersamaan. Ada kemungkinan Blade akan mengajak Dane untuk membentuk tim MI13 atau bergabung dengan Avengers.

Masa Depan Black Knight di MCU

Sejauh ini Marvel Studios masih belum mengabarkan apakah Black Knight akan mendapatkan tayangan solonya sendiri, baik film, maupun serial. Namun, pertemuannya dengan Blade membuka kemungkinan untuk Black Knight hadir juga di film solo Blade mendatang yang sudah dikonfirmasi lebih dahulu oleh Marvel. Kisah Dane Whitman alias Black Knight selanjutnya kemungkinan besar akan mengekplorasi awal mula dia menjadi Black Knight, bagaimana dia belajar mengontrol Ebony Blade, dan bagaimana dia menerima takdirnya sebagai Black Knight yang baru.

Selain itu, seperti yang sudah disebutkan di atas, ada kemungkinan Black Knight dan Blade akan membentuk tim super MI13 untuk membasmi musuh yang berhubungan dengan kutukan dan vampir. Selain itu, jika Avengers kembali terbentuk, tentu saja Black Knight harus menjadi anggota barunya, karena di komiknya dia sudah sangat sering berkiprah bersama Avengers untuk melawan supervillain berbahaya, termasuk Kang yang versi live action-nya akan menjadi “big bad villain” di saga terbaru MCU.

Dengan pedang Ebony Blade dan kekuatannya sendiri, Dane Whitman pastinya akan menjadi tambahan menarik untuk Marvel Cinematic Universe kedepannya. Sebelumnya aktor Kit Harrington sempat mengatakan bahwa dia tidak tahu nasib selanjutnya dari karakter yang dia perankan di film Eternals. Namun, setelah kemunculannya d film Eternals ini, penggemar pasti akan sangat menunggu kemunculan Dane berikutnya. Kita nantikan saja kabar selanjutnya tentang Dane Whitman di MCU ini ya, Geeks.