Sebagai film tentang makhluk kosmik, Eternals banyak mengungkap misteri kehidupan kosmik, khususnya yang berkaitan dengan Celestial, Eternal, dan Deviant. Film yang disutradarai oleh Chloé Zhao ini telah berhasil membangun karakter para Eternal dengan baik. Bukan hanya itu, bahkan di credit scene film Eternals ini menghadirkan dua karakter misterius lainnya, yang kemungkinan besar akan berdampak pada masa depan Marvel Cinematic Universe.

Credit scene pertama film Eternals telah mengungkap dua karakter baru MCU. Yang pertama adalah Eternal dari Planet Titan bernama Eros alias Starfox yang merupakan saudara kandung Thanos, dan yang kedua adalah Pip the Troll yang di Marvel Comics mempunyai peran penting dalam penyelamatan alam semesta. Kemunculan mereka tentunya memicu banyak pertanyaan, seperti siapa mereka sebenarnya? Dan apa yang ingin mereka lakukan dengan bertemu para Eternal? Untuk itu, simak penjelasannya di bawah ini, Geeks.

Eros “Starfox”

Seperti yang sudah disebutkan sebelumnya, Eros adalah adik kandung dari Thanos, anak dari Eternal A’Lars dan Sui-San yang menetap di Planet Titan. Perjalanan hidup Eros sangat erat dengan Thanos. Di Marvel Comics diceritakan bahwa perseteruan awal antara Thanos dan Eros terjadi karena tujuan hidup mereka yang sama sekali berbeda. Sementara Thanos sangat ingin menghapus kehidupan di galaksi, Eros justru sangat mencintai para wanita di galaksi, dan kesamaan yang mereka miliki adalah keduanya sama-sama ambisius terhadap tujuannya masing-masing.

Pertama kali diperkenalkan di komik Iron Man #55 (1972), Eros adalah karakter periang dan feminin yang sering berkeliling galaksi untuk berburu cinta. Di mana perburuan tersebut akhirnya membawa dirinya ke Bumi, bertemu dengan Avengers, dan akhirnya menjadi anggota resmi Avengers dengan nama superhero Starfox. Bersama Avengers, Eros sudah cukup sering melindungi Bumi dari segala macam ancaman, termasuk dari invasi supervillain seperti Morgan Le Fay, Terminus, dan Thanos.

Sama seperti Eternal lainnya, Eros juga diberkahi kekuatan kosmik. Kemampuannya meliputi kecerdasan, kekuatan, kecepatan, dan regenerasi kosmik. Eros juga memiliki kekuatan Psionics, yang memungkinkannya untuk memengaruhi pikiran orang di sekitarnya untuk merasa nyaman berada di dekatnya, kemampuan ini juga yang biasa Eros gunakan untuk menggoda wanita. Selain itu, Eros juga bisa terbang dengan kecepatan 1.300 km/jam.

Diperankan oleh Harry Styles, Eros muncul di pesawat Eternal yang disebut Domo, ketika Makkari, Druig, dan Thena berkeliling galaksi untuk memberitakan kebenaran pada semua Eternal yang tersebar di alam semesta. Eros terlihat mempunyai bola kosmik seperti yang digunakan oleh Ajak dan Sersi untuk berkomunikasi dengan Arishem. Kedatangannya di pesawat Domo adalah untuk menawarkan bantuan pada ketiga Eternal Bumi tersebut untuk mencari tiga Eternal Bumi lainnya yang diculik oleh Celestial Arishem the Judge, dia mengatakan bahwa ketiga Eternal Bumi yang diculik sedang dalam situasi berbahaya.

Pip the Troll

Karakter yang mempunyai nama lengkap Pip Gofern ini melakukan debutnya di komik Strange Tales #179 (1975). Pip the Troll adalah karakter Marvel yang unik sekaligus penting. Awalnya Pip adalah makhluk normal seperti manusia yang tinggal di planet Laxidazia, tetapi pada suatu pagi dia terbangun sebagai troll setelah malam sebelumnya minum-minum bersama para Troll. Pip juga mempunyai peran penting dalam mengalahkan Thanos, karena entah mengapa Thanos sangat mengincar Pip daripada karakter Marvel lainnya, bahkan Adam Warlock pun sampai keheranan.

Dalam kesempatan lain, Pip juga bergabung dengan tim super Infinity Watch dan Ravagers. Pip dapat bergabung di Infinity Watch dan Ravagers karena ia mempunyai kemampuan super, yaitu kemampuan untuk melakukan teleportasi. Kemampuan tersebut juga dia perlihatkan di film Eternals, di mana Pip melakukan teleportasi dan membawa Eros ke pesawat Domo yang sedang terbang di ruang angkasa. Dalam keadaan mabuk, Pip datang lebih dahulu beberapa detik dari Eros hanya untuk memberikan sambutan pembukaan dan memperkenalkan Eros dengan megah. Di film Eternals Pip diperankan oleh komedian Patton Oswalt.

Hubungan Eros dan Pip

Saat muncul di Domo, Pip tampak sangat bangga pada Eros. Belum jelas hubungan mereka seperti apa, tetapi ada kemungkinan bahwa mereka bersahabat atau hanya sekedar hubungan tuan dan pelayannya. Yang jelas ketika Pip salah menyebutkan gelar, Eros tampak mengoreksinya. Namun, Eros juga tidak masalah dengan kebiasaan mabuk Pip saat berteleportasi. Di Marvel Comics mereka pun pernah bertemu. Ketika itu, Eros ingin mencari Thanos. Mengetahui bahwa Pip sering bertemu Thanos, Eros pun lantas mengajak Pip pergi ke berbagai tempat untuk menemukan Thanos.

Ada kemungkinan pada masa depan MCU, Eros dan Pip akan membentuk tim super Infinity Watch. Di Marvel Comics, Infinity Watch adalah tim super yang dibentuk untuk mencegah Thanos mengumpulkan Infinity Stones, dan Pip adalah salah satu anggotanya. Sementara Eros tidak mempunyai hubungan langsung dengan Infinity Watch di komik, tetapi kehadiran Pip cukup menjelaskan kemungkinan tim super kosmik ini untuk hadir di MCU.

Apalagi salah satunya anggota Infinity Watch di komik adalah Adam Warlock, dan ia akan segera melakukan debutnya di Guardians of the Galaxy Vol. 3. Mengingat Thanos sudah tidak ada, dan kemungkinan Doctor Strange akan memiliki kembali Time Stones di Spider-Man: No Way Home, bukan tidak mungkin tim super ini kembali hadir untuk menjaga Infinity Stones atau artefak kosmik lainnya.

Masa Depan Eros dan Pip di MCU

Tanpa mengesampingkan kemungkinan Infinity Watch, di credit scene Eternals, Eros menawarkan bantuan pada Thena, Makkari, dan Druig untuk mencari Sersi, Kingo, dan Phastos yang diculik oleh Arishem. Kemungkinan Eros adalah salah satu Eternal yang sudah sadar sejak awal bahwa mereka hanya pion Celestial. Untuk itu, bersama Eternal Bumi, Eros yang ditemani oleh Pip the Troll akan membangun kelompok Eternal untuk menggulingkan Arishem pada masa depan MCU, misalnya di film Eternals 2 mendatang.

Dengan apa yang kita bahas ini membuktikan bahwa kehadiran Eros alias Starfox dan Pip the Troll sangat berdampak pada MCU, ada banyak kemungkinan yang terjadi, dari mulai tim super Infinity Watch, sampai penggulingan Celestial Arishem the Judge. Masih banyak yang perlu dijawab oleh Marvel terkait Eternal, serta kehadiran Eros dan Pip. Karena film Eternals baru saja tayang, untuk saat ini kita nantikan saja perkembangan kisah mereka pada masa depan MCU ya, Geeks.

An ordinary person and nobody. Just a multi-enthusiast.