Platform streaming Netflix sepertinya sudah siap untuk memulai proses produksi proyek adaptasi live-action dari seri manga One Piece. Mereka baru saja mengumumkan para cast yang akan berperan sebagai lima kru awal dari kelompok bajak laut Topi Jerami. Para cast tersebut adalah Inaki Godoy yang akan berperan sebagai Luffy, Emily Rudd akan berperan sebagai Nami, dan Taz Skylar sebagai Sanji.

Bintang dari film Rurouni Kenshin: Final Chapter, Mackenyu, akan berperan sebagai Roronoa Zoro. Terakhir adalah Jacob Romero Gibson yang akan berperan sebagai Usopp. Proyek adaptasi ini pertama kali diumumkan pada 2017 lalu, dan sempat mengalami banyak penundaan, salah satunya adalah akibat pandemi global. Namun, beruntung pada akhirnya proses produksi pun kembali dimulai.

Eiichiro Oda mengawasi langsung proyek ini dan memberikan berbagai ide-ide menarik untuk proyeknya. Sayangnya, sampai sejauh ini masih belum banyak informasi yang bisa digali. Selain Eiichiro Oda yang ditunjuk sebagai “pengawas” dari proyek ini, Steve Maeda dan Matt Owens sudah ditunjuk sebagai penulis ceritanya. Proses produksi dikabarkan akan dimulai pada akhir tahun ini di wilayah Afrika Selatan.

Untuk jadwal tayang perdana serinya masih belum diketahui. Tetapi, kemungkinan Netflix baru akan merilis serinya pada akhir 2022 mendatang atau pada awal sampai pertengahan 2023. Bagaimana dengan ceritanya? Sama halnya dengan jadwal tayang perdana, belum ada informasi mengenai detail plot dari serinya. Namun, ada beberapa informasi yang mungkin bisa menjadi petunjuk.

Pertama, untuk musim perdana serinya Netflix diketahui akan menghadirkan sekitar 10 episode dengan durasi masing-masing episode yang masih belum diketahui. Kedua, kru Topi Jerami yang bergabung baru berjumlah lima orang, yang artinya mereka adalah kru “inti” dari kelompok Topi Jerami. Berdasarkan dua hal di atas, ada kemungkinan bahwa musim perdana seri live-action One Piece akan mengadaptasi cerita East Blue Saga.

East Blue Saga sendiri merupakan satu cerita besar di awal seri One Piece, yang terdiri enam arcs. Mulai dari arc Romance Dawn, arc Orange Town, arc Syrupp Village, arc Baratie, arc Arlong Park, dan terakhir adalah arc Loguetown. Masing-masing arc tersebut menjadi titik awal pertemuan Luffy dengan para kru Topi Jerami seperti Zoro, Nami, Usopp, dan Sanji.

Contohnya adalah di arc Romance Dawn Luffy bertemu dengan Roronoa Zoro setelah mereka berdua mengalahkan bajak laut Alvida dan juga mengalahkan Captain Morgan. Kemudian di arc Orange Town, Luffy dan Zoro pertama kali bertemu dengan Nami. Dalam arc ini diperlihatkan bagaimana mereka bekerja sama untuk bisa mengalahkan Buggy si Badut.

Di arc Syrupp Village, ketiga kru Topi Jerami bertemu dengan Usopp dan kemudian mereka pun bertarung menghadapi kelompok bajak laut Black Cat yang dipimpin oleh Captain Kuro. Dan di arc ini juga kelompok Topi Jerami akan mendapatkan kapal pertama mereka yaitu Going Merry, yang diberikan oleh Kaya setelah mengalahkan kelompok bajak laut Black Cat.

Di arc Baratie, Luffy dan kru lainnya pertama kali bertemu dengan Sanji. Dan di arc ini kita diperlihatkan bagaimana Luffy berhasil mengalahkan sosok Don Krieg. Dan di arc ini juga Zoro diperlihatkan bertarung dan bertemu pertama kalinya dengan Mihawk. Meskipun begitu, Geeks perlu memahami bahwa Netflix mungkin saja melakukan beberapa perubahan detail cerita untuk adaptasi ini, entah untuk alasan kebutuhan visual atau agar ceritanya bisa lebih padat.

Dengan adanya sang kreator yang mengawasi proses pembuatan alur cerita, rasanya perubahan detail cerita yang akan dihadirkan mungkin tidak akan terlalu melenceng jauh. Kita nantikan saja ya Geeks perkembangan kabar selanjutnya dari seri live-action One Piece ini.